biaya s2 psikologi ui

Pengertian dan Biaya S2 Psikologi UI (Universitas Indonesia)

Jurusan Psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia. Manusia yang dimaksud di sini tak sebatas pada perilakunya saja, melainkan mempelajari jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut. Misalnya pada konteks sosial, seperti mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya, atau dalam konteks industri mempelajari bagaimana seseorang berperilaku terkait dengan posisinya di sebuah perusahaan.

Jadi, mahasiswa akan diajak untuk meneliti alur pemikiran seseorang dan mencari tahu alasan yang ada di balik perilakunya. Artinya, mahasiswa akan belajar tentang “manusia” sebagai individu, dengan memperhatikan setiap latar belakang yang mengikutinya. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk yang unik, bahkan ketika diberi stimulus yang sama pun responnya bisa berbeda tergantung pada pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan, dan banyak faktor penentu lainnya.

Terdapat beberapa peminatan yang bisa ditemukan, seperti Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, serta Psikologi Perkembangan. Mata kuliah yang akan dipelajari akan tergantung dengan peminatan yang kamu ambil.

Selama 4 tahun atau 8 semester kamu akan belajar segala hal yang berkaitan dengan perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah, hingga layak mendapatkan gelar Sarjana Psikologi. Kamu akan terbiasa melihat manusia dari sudut pandang yang berbeda, serta diminta menerima semua pribadi apa adanya. Selama menjadi mahasiswa psikologi, kamu diharapkan dapat mengasah kepekaan dan intuisi karena akan sangat berguna saat kamu melakukan asesmen nantinya. Selain itu, kamu juga harus punya rasa toleransi yang tinggi dan kemauan untuk menghargai sesama manusia bagaimanapun kondisi mereka. Kemampuan ini penting saat berhubungan dengan subjek atau klien.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Psikologi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Psikologi.

  1. Instansi pemerintah, BUMN, maupun perusahaan swasta membutuhkan lulusan Psikologi pada bagian personalia untuk membantu mengelola SDM, melakukan penerimaan pegawai baru, serta menyelenggarakan program pendidikan dan berbagai pelatihan.
  2. Lulusan Psikologi memiliki fungsi asesmen yang kuat sehingga mampu memetakan personil berdasarkan potensi dan karakternya.
  3. Kamu bisa bergabung dengan consulting firm atau mendirikan perusahaan jasa konsultan psikologi, dengan begitu kamu akan menjadi HR consultant. Kamu bisa menawarkan jasa konsultasi pada perusahaan – perusahaan yang memiliki masalah dengan SDM-nya.
  4. Lulusan Psikologi yang berkecimpung sebagai HR consultant biasanya dicari untuk mengisi berbagai pelatihan persiapan karier, pelatihan pengembangan kepribadian, maupun pelatihan pengembangan keterampilan karyawan di perusahaan.
  5. Kalau kamu ingin jadi abdi negara bisa juga bergabung dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan banyak lembaga lainnya.
Baca juga :  Informasi Penting S2 UI Kelas Karyawan yang Perlu Kamu Ketahui

Prospek Kerja

Jurusan Psikologi kerjanya apa? Secara umum, calon mahasiswa psikologi mendambakan karier di bidang konseling. Tapi, faktanya prospek kerja lulusan psikologi itu nggak hanya di bidang konseling. Ada banyak sekali peluang kerja yang menanti lulusan psikologi, karena psikologi merupakan salah satu prodi yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Karena objek penelitiannya adalah manusia, tentu setiap bidang pekerjaan akan membutuhkan peran lulusan Psikologi bukan? Beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah kuliah di jurusan ini adalah pekerjaan di bidang human resorces atau HRD, bidang pelatihan (learning & development), rekruiter, serta assesor. Lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai tenaga pendidik atau konsultan karier.

Jenis dan jenjang kariernya pun cukup bervariasi. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Psikologi berada pada kisaran Rp4.000.000, tergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jenis pekerjaan, dan pengalaman yang dimiliki. Kalau kamu ingin terjun ke dunia klinis, lulus sarjana aja nggak cukup. Seorang sarjana psikologi biasanya hanya bisa menjadi asisten psikolog. Jadi, kalau kamu ingin menjadi psikolog ada baiknya melanjutkan studi Magister Psikologi Profesi. Setelah lulus profesi, baru deh kamu bisa praktek di ruang konseling. Berikut beberapa daftar karier yang bisa kamu jadikan pilihan untuk ditekuni selepas dari bangku kuliah:

Bagian Personalia (HRD)

Konsultan Pendidikan

Konsultan Karier

Dosen

Perawat Kesehatan Mental

Psikolog

Jika anda tertarik untuk masuk di jurusan psikologi jenjang magister maka Universitas akan menjadi pilihan yang terbaik untuk and berikut adalah rincian harga dari prodi psikologi S2 di Universitas di Indonesia. 

Program Magister Psikologi di Universitas Indonesia memiliki 5 peminatan, antara lain:

  • Psikologi Profesi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Klinis Dewasa
  • Psikologi Klinis Anak
  • Psikologi Industri dan Organisasi
Baca juga :  Biaya S2 UI untuk Kelas Karyawan

Jalur masuk Magister Psikologi Profesi ditempuh melalui SIMAK.

Biaya Pendidikan

Untuk biaya S2 psikologi UI, mulai dari BOP (Biaya Operasional Pendidikan) Magister Psikologi Profesi dibayarkan sejumlah Rp13.000.000,00 untuk kelas reguler dan Rp15.000.000,00 untuk kelas khusus. DP (Dana Pengembangan) yang hanya dibayarkan saat awal masuk kuliah sebesar Rp11.000.000,00 untuk kelas reguler dan Rp21.000.000,00 untuk kelas khusus.

  • Arsitek
  • Apoteker
  • Akuntansi
  • Keperawatan
  • Program Profesi Dokter
  • Program Profesi Dokter Gigi

Itulah pengertian dan biaya S2 Psikologi UI yang perlu kamu ketahui. Jika kamu yang ingin menjadi mahasiswa UI, bimbel SIMAK UI dari Latis Education siap membantu kamu menjadi mahasiswa UI dan membantu meraih cita-cita yang kamu inginkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top