Contoh Soal Molekul Unsur

Contoh Soal Molekul Unsur dan Pembahasannya

Sahabat Latis, sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu molekul unsur. Mulai dari pengertian, perbedaan molekul dan senyawa, asal mula molekul unsur, klasifikasi molekul unsur, dan struktur molekul unsur. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara tuntas tentang contoh soal molekul unsur.

Kepoin yuk!

Baca juga: Bimbel Masuk Kedokteran

Contoh soal molekul unsur
Source: https://www.freepik.com/

Contoh Soal Molekul Unsur

Sebelum kita memasuki pembahasan contoh soal, mari kita bahas tentang pertanyaan yang sering diajukan terkait molekul unsur.

Seperti halnya apa itu molekul unsur, contoh-contoh molekul unsur, rumus-rumus molekul unsur, pembagian molekul unsur, hingga jenis-jenis molekul unsur yang dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari.

1. Apa Itu Molekul Unsur?

Molekul unsur terbentuk oleh unsur-unsur sejenis dalam ikatan kimiawi. Misalnya belerang (S8) yang memiliki delapan ikatan molekul S. Sedangkan belerang curah tersusun atas triliyunan molekul S.

2. Apa Saja Contoh-contoh Molekul Unsur?

Gas mulia bersifat monoatomik yang terdiri atas atom tunggal. Seperti halnya Helium yang mengisi sebuah balon. Contoh molekul unsur lainnya adalah Nitrogen, Grafit, Selenium, dan Germanium.

3. Apa Saja Atribut Molekul Unsur?

Contoh soal molekul unsur berikutnya terkait dengan atribut molekul unsur itu sendiri.

Unsur diberi label dengan jumlah ikatan atom dan rumus molekul. Misalnya Hidrogen dirumuskan dengan H2. H adalah lambang Hidrogen dan angka dua merupakan jumlah unsur yang ada dalam molekul.

4. Apakah Atom Sama dengan Unsur?

Tentu saja berbeda. Atom adalah partikel terkecil seperti isotop, proton, neutron, dan elektron. Sedangkan unsur adalah zat tunggal yang tidak bisa dipecahkan dengan reaksi kimia standar. Misalnya tembaga (Cu), emas (Au), perak (Ag), dan lainnya.

5. Manakah Contoh Molekul Unsur?

Soal 1:

Di antara beberapa pilihan berikut, manakah yang termasuk dalam kategori molekul unsur?

  • Fe
  • LiBr
  • P4
Baca juga :  Bentuk dan Gambar Molekul Unsur

Jawab; Fe atau besi merupakan unsur atom, LiBr (litium dan brom) merupakan senyawa ionik, dan P4 atau Fosfor merupakan molekul unsur poliatomik. Jadi, jawabnnya adalah P4 (Fosfor) karena terdiri dari beberapa unsur.

Soal 2:

Di antara beberapa pilihan berikut, manakah yang termasuk dalam kategori molekul unsur?

  • H2O
  • I2
  • CuCl

Jawab; jika dilihat dari stukturnya, H2O merupakan molekul senyawa. I2 adalah molekul unsur. Sedangkan CuCl merupakan senyawa ionik. Jadi, jawabannya adalah I2.

Contoh Soal Molekul Unsur
Source: https://www.freepik.com/

6. Kenapa Hidrogen Disebut Sebagai Molekul Unsur?

Hidrogen merupakan zat murni yang diwakili oleh simbol kimia H. Hidrogen dikategorikan sebagai molekul unsur yang terbuat dari hanya satu jenis atom.

7. Seperti Apa Rumus Kimia Untuk Molekul Unsur?

Contoh soal molekul unsur berikutnya adalah rumus kimia untuk molekul unsur.

Rumus molekul merupakan representasi molekul dengan simbol kimia untuk menunjukkan jenis atom. Penulisan tersebut diikuti oleh subskrip yang bertujuan untuk menunjukkan jumlah atom pada setiap molekul. Subskrip itu hanya dituliskan jika terdapat minimal dua atom dari jenis tertentu. Rumus molekul juga digunakan sebagai singkatan untuk nama-nama senyawa.

Salah satu contoh rumus kimia molekul unsur adalah unsur diatomik. Seperti halnya Fluorin (F2), klorin (Cl2), bromin (Br2), dan yodium (I2).

8. Apakah Molekul Unsur Diatomik?

Apabila kamu mempelajari komposisi bumi, kamu akan melihat berbagai komponen utama sebagai penyusun atmosfer bumi yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan gas lainnya.

Nitrogen membentuk 78% dan oksigen membentuk 21% atmosfer. Keduanya merupakan contoh unsur diatomik.

Unsur diatomik merupakan unsur murni yang terbagi atas tujuh molekul unik dan tersusun dari dua atom. Semua elemen ini adalah gas dengan rumus yang selalu diikuti subskrip 2.

Baca juga :  Tahapan Setelah Lulus SIMAK UI dan Informasi Penting Lainnya

9. Apa Saja Formasi Unsur Diatomik?

Pada suhu kamar, terdapat lima unsur diatomik. Seluruh unsur tersebut berwujud gas seperti hidrogen, oksigen, nitrogen, klorin, dan fluor.

Jika suhu dinaikkan, akan ada dua unsur tambahan yaitu yodium dan brom. Pada suhu kamar, keduanya berwujud cair. Namun, dengan suhu yang lebih tinggi, yodium dan brom berubah menjadi gas.

Unsur diatomik merupakan unsur istimewa karena terbentuk dari dua unsur yang saling terikat. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena membutuhkan elektron yang cukup untuk berdiri.

10. Adakah Molekul Unsur Triatomik Selain Ozon (O3)?

Ozon merupakan salah satu contoh dari molekul unsur triatomik. Triatomik sendiri merupakan molekul yang terbentuk dari tiga atom dalam ikatan kimia.

Ozon dibentuk oleh tiga atom oksigen yang saling terikat. Selain Ozon, contoh triatomik lainnya adalah H3 dan S3.

11. Apakah Berlian Termasuk Contoh Molekul Unsur?

Jika kita pelajari secara mendalam, terdapat banyak contoh molekul unsur dalam kehidupan kita. Baik itu molekul unsur yang terbentuk dari satu unsur (monoatomik), dua unsur (diatomik), tiga unsur (triatomik), dan banyak unsur (poliatomik).

Kita sudah membahas tentang contoh-contoh tersebut pada contoh soal molekul unsur di atas.

Berlian bukanlah senyawa melainkan unsur karbon dan mengkristal sehingga hanya saja jika muncul pertanyaan tentang apakah bulan termasuk contoh molekul unsur atau tidak? Berlian tersusun atas sekumpulan atom karbon yang membuatnya menakjubkan.

Apakah berlian sama dengan grafit? Berlian jauh berbeda dengan grafit. Meskipun sama-sama terbentuk dari atom karbon yang mengkristal, nyatanya grafit bersifat tidak sekeras berlian karena kadar karbonnya yang lebih sedikit.

12. Apa Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa?

Contoh soal molekul unsur terakhir adalah bagaimana cara membedakan molekul unsur dan molekul senyawa. Keduanya dapat kita bedakan berdasarkan pengertian dan karakteristiknya.

Baca juga :  Biaya S3 UI (Universitas Indonesia) dan Jadwal Kuliahnya

Molekul unsur merupakan unsur-unsur sejenis yang saling berkaitan dengan ikatan kimia. Sedangkan molekul senyawa merupakan keterikatan unsur yang berbeda dalam ikatan kimia.

Molekul unsur terdiri atas lebih dari dua atom dan hanya memiliki elektron dan proton. Molekul unsur juga tidak terurai oleh reaksi kimia standar. Sedangkan molekul senyawa bisa diuraikan dengan proses kimia sederhana dan cenderung kehilangan sifat aslinya.

Baca juga: Bimbel Karantina Kedokteran

Itulah ulasan tentang contoh soal molekul unsur. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi tim Simak UI by Latis Education.

Yuk ikutan bimbingan belajar Simak UI. Di sini, kalian bisa mengetahui apa saja persiapan untuk masuk UI. Ikut Supercamp, bimbingan intensif dengan tutor berpengalaman, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan program lainnya? Yuk klik www.simakui.id atau kalian juga bisa menghubungi tim kami di 087781609961 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jangan sampai ketinggalan yaaaah!

Source:

https://chem.libretexts.org/Courses/can/CHEM_210_General_Chemistry_I_(Puenzo)/03%3A_Molecules_Compounds_and_Chemical_Equations/3.04%3A_A_Molecular_View_of_Elements_and_Compounds

https://www.quora.com/What-are-molecular-elements-What-are-examples-of-this/answer/Rene-Vernon?ch=15&oid=89777780&share=ed05ad61&target_type=answer

https://mccord.cm.utexas.edu/chembook/page.php?chnum=1&sect=14

https://quizizz.com/admin/quiz/5d01791bc33637001cb3953f/elements-compounds-and-molecules

https://study.com/academy/lesson/what-is-a-diatomic-element-definition-examples.html

https://www.quora.com/What-are-triatomic-molecules/answer/Abhishek-Rathaur-6?ch=15&oid=47595805&share=3cf792ce&srid=ukxk8a&target_type=answer

Simak UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.