Pengertian Molekul

Pengertian Molekul (Lengkap)

Sahabat Latis, pengertian molekul erat kaitannya dengan atom. Ini karena atom yang bergabung akan membentuk molekul. Molekul-molekul tersebut tersebar secara bebas di sekitar kita.

Lalu, apa saja yang harus kita ketahui tentang molekul? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Bimbel Masuk Kedokteran

Pengertian Molekul
Source: https://www.freepik.com/

Pengertian Molekul Lengkap beserta Fakta Menariknya

Mungkin kita semua pernah mendengar kata-kata yang berhubungan dengan pelajaran kimia seperti karbon dioksida, oksigen, dan air. Ya, semuanya adalah contoh molekul yang paling nyata bagi kita.

Tanpa kita sadari, kita sudah bersentuhan secara langsung dengan molekul. Namun, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan molekul itu sebenarnya?

Yuk kita bahas satu persatu yang dimulai dari pengertian molekul, formula molekul, obligasi, fakta, dan hal-hal yang mesti diperhatikan tentang molekul.

Pengertian Molekul

Molekul merupakan dua atau sekelompok atom yang saling terikat dan tarik menarik secara kimiawi. Molekul tersebut memiliki rumus kimia yang menyertakan simbol atom penyusunnya.

Atom yang bersatu dan membentuk molekul dipengaruhi oleh gaya yang disebut sebagai ikatan kovalen. Keadaan atom yang bebas membuat keadaannya stabil.

Molekul diklasifikasikan dalam dua kelompok yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.

Apa perbedaan keduanya?

  • Molekul unsur memiliki dua atau lebih atom yang terikat secara kimiawi dengan unsur yang sama. Misalnya klorin, nitrogen, oksigen, dan lainnya.
  • Molekul senyawa memiliki dua atau lebih atom yang terikat secara kimiawi dengan unsur yang berbeda. Misalnya karbon dioksida, hydrogen klorida, metana, ammonia, dan lainnya.

Formula Molekul

Setelah mengetahui tentang pengertian molekul, yuk kita pelajari tentang formula atau rumus molekul.

Terdapat lebih dari sejuta jenis atom di dunia ini yang membentuk molekul. Akan tetapi, berbagai jenis atom yang membentuk molekul itu juga datang dari rasio yang berbeda. Misalnya molekul air yang mempunyai satu atom oksigen dan dua atom hydrogen. Rumus kimianya adalah .

Baca juga :  Total Passing Grade di Kampus Universitas Indonesia

Contoh lain yang bisa kita ambil adalah atom penyusun glukosa atau gula yaitu karbon dioksida (CO2), amonia (NH3), dan glukosa (C6H12O6). Beberapa formula bisa menjadi lebih rumit dan sangat panjang.

Berikut adalah molekul gula:

C6 – 6 atom karbon

H12 – 12 atom hidrogen

O6 – 6 atom oksigen

Untuk membentuk molekul gula, dibutuhkan jumlah dan jenis atom yang spesifik.

Apa Itu Obligasi?

Molekul dan senyawa disatukan dalam ikatan kimia yang kuat. Ikatan tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu ikatan ionik dan ikatan kovalen. Kedua jenis ikatan utama melibatkan elektron.

Elektron-elektron mengorbit atom dalam kulit. Cangkang tersebut nantinya akan “dipenuhi” oleh elektron. Apabila elektron tidak penuh, mereka akan mencoba untuk memiliki ikatan dengan atom lain demi mendapatkan jumlah elektron yang tepat kulit terisi penuh.

Ikatan Ion

Ikatan ion terbentuk apabila satu elektron disumbangkan ke yang lain. Ini terjadi jika satu atom melepaskan elektron ke yang lain demi membentuk keseimbangan. Oleh karena itu, muncullah sebuah molekul atau senyawa.

Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen terjadi di mana atom-atom saling berbagi elektron. Atom tersebut bekerja demi membagi elektron agar kulit luar terisi.

Pengertian Molekul
Source: https://www.freepik.com/

Fakta Menarik tentang Molekul

Seperti yang sudah kita bahas di atas, pengertian molekul adalah gabungan dari beberapa atom. Dan kita pun pasti sangat familiar dengan contoh-contoh molekul. Namun, ada hal yang lebih menarik untuk dikatahui di balik molekul.

Berikut adalah sederet faktanya.

  • Gas oksigen biasanya adalah molekul , tetapi bisa juga yang kita sebut ozon.
  • 66% dari massa tubuh manusia terdiri atas atom oksigen.
  • Molekul bisa mempunyai bentuk yang berbeda. Beberapa di antaranya berbentuk spiral panjang. Sebagian yang lain ada yang berbentuk piramida.
  • Senyawa organik adalah senyawa yang mengandung karbon.
  • Berlian sempurna merupakan molekul tunggal yang terbuat dari atom karbon.
  • DNA merupakan bentuk molekul super panjang yang memiliki informasi unik yang mendeskripsikan setiap manusia.
Baca juga :  Bentuk dan Gambar Molekul Unsur

Tanya Jawab Seputar Molekul

Tidak hanya sebatas pengertian molekul, rumus, obligasi, dan fakta menariknya, ada hal-hal yang paling sering dipertanyakan tentang molekul.

Apa saja itu? Ini adalah serentetan pertanyaannya.

Q: Bagaimana cara mengklasifikasikan molekul?

A: Molekul diklasifikasikan sebagai molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur merupakan sekumpulan atom yang sama terikat dalam ikatan kimia. Sedangkan molekul senyawa terbentuk dari ikatan atom yang berbeda.

Q: Apa perbedaan atom dan molekul?

A: Atom merupakan bagian terkecil dari unsur. Sebuah atom terdiri dari elektron, proton, dan neutron. Beberapa contoh atom di antaranya adalah argon, emas, neon, argon, besi, kalsium, dan lainnya. sedangkan molekul adalah sekumpulan atom yang terikat ooleh ikatan kimia yang dapat berdiri secara mandiri. Misalnya karbon dioksida, kalsium oksida, oksigen, dan lainnya.

Q: Bagaimana cara mengklasifikasikan molekul unsur?

A: Molekul unsur dapat diklasifikasikan menjadi molekul unsur monoatomik (terdiri dari satu atom), diatomik (dua atom), triatomik (tiga atom), dan poliatomik (empat atom atau lebih).

Catatan Penting

Agar Sahabat Latis lebih memahami tentang pengertian molekul dan semua hal terkait dengannya, cobalah catat beberapa hal penting berikut ini.

  • Molekul terdiri dari satu atau lebih atom yang terikat dalam ikatan kimia.
  • Molekul merupakan hal terkecil yang bisa dipecah oleh suatu zat tanpa mengorbankan sifat fisik, kimia, dan sifat apa pun dari zat tersebut.
  • Dua atau lebih atom yang termasuk dalam unsur yang sama terikat secara kimiawi disebut sebagai molekul unsur.
  • Atomicity mengacu pada jumlah atom yang terikat bersama dalam molekul suatu unsur. Molekul unsur memiliki atomisitas.
  • Molekul unsur diklasifikasikan menjadi monoatomic (satu atom), diatomic (dua atom), triatomik (tiga atom), dan poliatomik (empat atom atau lebih). Klasifikasi ini didasarkan pada jumlah atom yang ada di molekul.
Baca juga :  Contoh Soal Molekul Unsur dan Pembahasannya

Baca juga: Bimbel Karantina Kedokteran

Itulah ulasan tentang pengertian molekul lengkap beserta contohnya. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi tim Simak UI by Latis Education.

Yuk ikutan bimbingan belajar Simak UI. Di sini, kalian bisa mengetahui apa saja persiapan untuk masuk UI. Ikut Supercamp, bimbingan intensif dengan tutor berpengalaman, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan program lainnya? Yuk klik www.simakui.id atau kalian juga bisa menghubungi tim kami di 087781609961 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jangan sampai ketinggalan yaaaah!

Source:

https://collegedunia.com/exams/molecule-definition-types-classification-molecule-of-elements-science-articleid-3004

https://www.embibe.com/exams/molecule/

Simak UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.