privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
syarat masuk universitas indonesia

Syarat Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Universitas Indonesia adalah salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terkemuka di Indonesia. PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terletak di Depok, Jawa Barat ini menjadi pilihan dan incaran banyak orang untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya ke Universitas Indonesia, kalian bisa mempunyai berbagai pilihan jalur masuk Universitas Indonesia. Jalur masuk tersebut bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin agar bisa diterima di Universitas Indonesia.

Jalur penerimaan untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia tersebut adalah jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan jalur Simak UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia)

Apa saja syarat masuk Universitas Indonesia melalui jalur-jalur tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur masuk Universitas Indonesia yang pertama adalah melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur ini memiliki daya tampung sebesar 20%. 

Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur yang melihat nilai akademik kamu selama semester 1 sampai dengan semester 5, selain itu kamu juga memberikan rangkaian prestasi yang pernah kamu dapat selama ini sebagai nilai tambah.

Setelah mengetahui tentang jalur masuk ini, berikut ini adalah syarat masuk Universitas Indonesia melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

  1. Memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Bagi kamu yang belum memiliki akun, kamu bisa mendaftarkan diri dengan cara berikut ini.
    1. Kamu bisa mendaftarkan diri melalui https://portal.ltmpt.ac.id/
    2. Melengkapi data diri orang tua pada halaman “profil”
    3. Memilih prodi (Program Studi) dan universitas pada halaman “pilihan”
    4. Mengisi halaman prestasi. Untuk halaman bersifat tidak wajib
    5. Mengisi halaman portofolio. Untuk halaman bersifat tidak wajib, halaman ini diisi hanya jika prodi (Program Studi) mewajibkan adanya portofolio
    6. Jika semua data sudah diisi, tahap selanjutnya adalah finalisasi. Pastikan kembali semua data yang sudah diisi sudah sesuai.
    7. Mencetak kartu registrasi
    8. Untuk ilustrasi dan panduan lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi halaman https://drive.google.com/file/d/1RfTf4KIg9yCP8JxZsAklu_ijn70OEmxe/view?usp=sharing 
  2. Seluruh dokumen yang diunggah harus dalam format PDF
  3. Siswa yang dapat mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) adalah siwa yang sudah dinyatakan sebagai siswa eligible oleh sekolah
Baca juga :  7 Tips Memilih Tutor di Tempat Bimbel

2. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur masuk berikutnya adalah melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Berbeda dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur ini mewajibkan kamu untuk mengikut UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) yang nantinya akan menjadi penentu apakah kamu bisa menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. 

Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini memiliki daya tampung lebih besar, yaitu sebesar 30%. Lebih besar dari jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Syarat masuk Universitas Indonesia melalui jalur ini adalah dengan mendaftarkan diri dan mempunyai akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), kemudian kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) yang telah ditentukan.

Dan berikut ini adalah cara mendaftarkan diri untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

  1. Buat akun dan login ke website LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id/) pada tanggal 7 Februari – 12 Maret 2021
  2. Melengkapi biodata diri
  3. Memilih program studi
  4. Mengunggah portofolio bila diperlukan
  5. Memilih pusat UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer)
  6. Melihat nomor pendaftaran
  7. Membayar biaya UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer)
  8. Konfirmasi kartu peserta
  9. Unduh kartu peserta

Itulah beberapa cara dan syarat masuk Universitas Indonesia melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang semoga bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri lebih baik agar bisa menjadi mahasiswa Universitas Indonesia

5 thoughts on “Syarat Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN”

  1. Pingback: 4 Hal Penting Dalam Persiapan Masuk PTN | Bimbel Simak UI : Karantina UI & Les Privat Simak UI

  2. Pingback: Bagaimana Cara Masuk UI? Ini Jenis Jalur Masuk UI!

  3. Pingback: Cara Masuk UI? Cek Alasan Masuk UI Ini Terlebih Dulu!

  4. Pingback: Persyaratan Simak UI, Cara Daftar, dan Jadwalnya | Bimbel Simak UI : Karantina UI & Les Privat Simak UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.