Halo Sahabat SIMAKUI!
Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang menjadi impian banyak calon mahasiswa. Salah satu jalur seleksi yang harus dilewati untuk masuk ke UI adalah SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), sebuah ujian yang menuntut persiapan matang dan strategi belajar yang efektif.
Artikel ini disusun sebagai panduan bagi calon peserta SIMAK UI untuk memahami pentingnya latihan soal sebagai bagian dari strategi belajar. Dengan berlatih soal secara rutin, siswa dapat lebih familiar dengan pola dan tingkat kesulitan soal yang diujikan. Selain itu, latihan yang terstruktur juga membantu meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab pertanyaan saat ujian berlangsung.
baca juga : bimbel cpns online terbaik
Kami berharap artikel ini dapat memberikan wawasan dan bimbingan bagi calon mahasiswa yang ingin sukses dalam SIMAK UI. Dengan dedikasi, strategi yang tepat, dan latihan yang cukup, impian untuk menjadi bagian dari Universitas Indonesia bukanlah hal yang mustahil.
Selamat belajar dan latihan soal berikut ini
Sumber : Freepik
Contoh soal Kemampuan Verbal – Wacana Basic:
Teks ini digunakan untuk menjawab soal 1-3 berikut.
(1) Selain keindahan alam, Lombok punya banyak tradisi yang menarik untuk diketahui. (2) Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Peresean. (3) Pada zaman Kerajaan Mataram dulu, pemuda Suku Sasak yang ingin bergabung menjadi prajurit harus mengikuti Peresean. (4) Acara itu terdiri dari pepadu yang dilengkapi dengan tongkat rotan (penjalin) dan perisai dari kulit kerbau yang tebal dan keras (ende). (5) Peresesan dilakukan untuk melatih ketangkasan, ketangguhan dan keberanian para pemuda. (6) Peresean juga diyakini oleh masyarakat setempat sebagai ritual meminta hujan saat musim kemarau panjang tiba. (7) Kini, Peresean menjadi tradisi budaya yang diminati oleh wisatawan. (8) Dalam Peresean, pepadu akan diawasi oleh pakembar atau wasit. (9) Dalam satu “pertandingan”, ada dua pakembar yang mengawasi, satu untuk di luar area dan lainnya di tengah area. (10) Pepadu tidak dipersiapkan sebelumnya dan peserta dipilih secara acak dari kerumunan masyarakat yang menyaksikan acara ini. (11) Penonton juga boleh mengajukan diri sebagai pepadu. (12) Pepadu akan berhadapan sambil mengayunkan penjalin ke arah lawan, seperti sedang mencambuk. (13) Bagian tubuh yang boleh menjadi sasaran cambuk adalah kepala, pundak dan punggung, tapi bagian bawah kaki (paha) tidak diperbolehkan. (14) Pepadu lainnya boleh menangkis serangan menggunakan ende dan membalas serangan dengan cara yang sama. (15) Aksi saling cambuk itu membuat suasana menjadi tegang bercampur seru. (16) Ditambah lagi Peresean diiringi dengan musik pengiring yang terdiri dari gong, kendang, rincik, simbal, suling, dan kanjar sehingga suasana menjadi meriah. (17) Pakembar akan menghentikan pertandingan ketika ada salah satu pepadu yang terluka atau berdarah.
(18) Jika selama pertandingan belum ada yang terluka, maka Peresean akan terus dilanjutkan hingga ronde kelima, tergantung kesepakatan awal. (19) Kemudian, pakembar akan melihat siapa yang memiliki luka paling sedikit, maka dialah pemenangnya. (20) Meski telah melakukan pertarungan sengit, para pepadu harus saling memeluk dan memaafkan. (21) Inilah nilai yang ingin ditunjukkan dalam Peresean, yaitu kesabaran dan kerendahan hati serta rasa saling menghormati satu sama lain.
1. Pernyataan berikut yang TIDAK sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
(A) Lombok mempunyai banyak tradisi yang menarik
(B) Peresean diyakini oleh masyarakat setempat sebagai ritual meminta hujan
(C) Acara Peresean terdiri dari pepadu yang dilengkapi dengan tongkat rotan (ende) dan perisai dari kulit kerbau yang tebal dan keras (penjalin)
(D) Peresean diiringi dengan musik pengiring yang terdiri dari gong, kendang, rincik, simbal, suling dan kanjar
(E) Peresean menunjukkan kesabaran dan kerendahan hari serta rasa saling menghormati satu sama lain .
Baca juga : intensif cpns
2. Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut adalah ….
(A) Asal Mula tradisi Peresean ada di Lombok.
(B) Lombok memiliki tradisi Peresean yang menarik.
(C) Lombok memiliki keindahan alam yang sangat menarik.
(D) Peresean dilakukan untuk melatih para pemuda di Lombok.
(E) Lombok memiliki keindahan alam dan banyak tradisi yang menarik.
3. Pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah …
(A) Lombok terkenal dengan keindahan alamnya dan tradisi yang menarik.
(B) Dalam pertandingan peresean, dua pakembar mengawasi pertandingan di bagian luar area dan lainnya di tengah area.
(C) Masyarakat Lombok yang menyaksikan peresean kemungkinan dipilih untuk menjadi pepadu.
(D) Masyarakat Lombok melatih ketangkasan, keuletan, dan keberanian para pemuda dengan tradisi peresean.
(E) Tradisi peresean membutuhkan peserta yang dipersiapkan dari sebelum acara tersebut diadakan.
baca juga : Les Privat TK
4. Teks ini digunakan untuk menjawab soal 4-6 berikut.
(1) Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berhasil membuat masing-masing rakyatnya dan dunia internasional bisa bernafas lebih lega. (2) Jumat (27/4/2018) lalu, keduanya menandatangani Deklarasi Panmunjom. (3) Deklarasi bernama lengkap Panmunjom Declaration for Peace, Prosperity and Unification of the Korean Peninsula itu menjadi tonggak sejarah baru dalam mengakhiri Perang Korea secara permanen. (4) Dari para rezim ke rezim di Korsel, baru sekarang wacana rekonsiliasi dua Korea tampak realisasinya. (5) Era dan harapan baru memancar dari wajah keduanya. “Saya sangat yakin era baru perdamaian akan tercipta di semenanjung, di mana kedua Korea meredam tensi militer dan membangun kepercayaan,” ujar Presiden Moon, dimuat Korea.net, media milik Badan Kebudayaan dan Informasi Korsel (KOCIS), Senin, 30 Maret. Upaya kedua pemimpin Korea itu menjadi jawaban penting dari harapan banyak rakyat Korea, Selatan maupun Utara. Seorang pejabat Kedutaan Besar Korsel di Jakarta yang enggan disebut namanya mengatakan dalam obrolan santai pada medio April 2016, unifikasi Korea sejak lama didambakan olehnya dan mayoritas publik negerinya. “Kami menginginkannya. Kami punya bahasa yang sama, juga budaya yang sama. Sudah seperti saudara. Kami satu negara (kerajaan) selama ribuan tahun,” ungkapnya dengan bahasa Indonesia terbata-bata kepada Historia. Harapan itu kini tinggal beberapa pijakan anak-tangga berkat tangan dingin Presiden Moon. Serangkaian langkah jitunya, dimulai dari pemberian izin para atlet Korut tampil di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchan pada Februari 2018, membuat Korut “tersentuh” dan berhasrat mengiyakan ajakan damai. Usut punya usut, Moon ternyata pemimpin Korsel yang lahir dari anak pengungsi Korut. Orangtua Moon termasuk di antara belasan ribu penduduk Korut yang melarikan diri dari Hungnam antara 15-25 November 1950. Mereka dievakuasi Amerika Serikat (AS) menggunakan kapal SS Meredith Victory ke Busan, Korsel. Dari Busan, orangtua Moon menetap di Geoje, kota tempat Moon dilahirkan pada 24 Januari 1953. Sebagaimana lazimnya keluarga pengungsi Korut, Moon hidup dalam keterbatasan. Terlebih setelah ayahnya terlilit utang akibat bisnis kaus kakinya mandek. Kendati begitu, Moon tetap jadi pelajar teladan dengan nilai-nilai tinggi di Sekolah Menengah Kyungnam, hingga menerima beasiswa studi hukum di Universitas Kyunghee.
Ide pokok dari paragraf pertama adalah ….
(A) realisasi dari rekonsiliasi dua Korea akhirnya terjadi pada tanggal 27 April 2018
(B) Korea Selatan dan Korea Utara akhirnya berinisiatif untuk menyelesaikan Perang Korea
(C) lahirnya Panmunjom Declaration for Peace, Prosperity and Unification of the Korean Peninsula
(D) kedua pemimpin negara Korea Selatan dan Korea Utara melakukan pertemuan di Panmunjom
(E) Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menandatangani Deklarasi Panmunjom
5. Bagaimana hubungan isi antara paragraf ke-1 dan ke-2 dalam teks di atas?
(A) Paragraf ke-1 merupakan masalah utama dari paragraf ke-2.
(B) Paragraf ke-2 membahas dampak yang dibahas pada paragraf ke-1.
(C) Paragraf ke-1 memerinci penyebab yang dijelaskan pada paragraf ke 2.
(D) Paragraf ke-2 merupakan penjelas atas masalah yang dibahas pada paragraf ke-1.
(E) Paragraf ke-2 merupakan ide pokok dari masalah yang dijelaskan pada paragraf ke-1.
6. Pertanyaan yang isi jawabannya tidak terdapat pada isi bacaan di atas adalah …
(A) Apa saja isi dari Deklarasi Panmunjom?
(B) Pada tanggal berapakah Deklarasi Panmunjom ditandatangani?
(C) Apa langkah awal yang dilakukan Presiden Moon Jae-in dalam proses unifikasi Korea?
(D) Apa nama kapal AS yang mengevakuasi orang tua Presiden Moon Jae-in ketika melarikan diri dari Hungnam
(E) Apa nama deklarasi yang ditandatangani oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un?
baca juga : tutor private
7. Teks berikut digunakan untuk menjawab soal 7-8!
(1) Masyarakat yang kerap berbelanja online pasti sudah tidak asing dengan sistem pembayaran cash on delivery (COD). (2) COD atau yang biasa dikenal dengan bayar di tempat merupakan metode pembayaran yang mengharuskan pembeli membayar barang pesanan saat barang tersebut sampai di alamat tujuan. (3) Sistem ini sangat sederhana karena tidak memerlukan akses keuangan digital. (4) Menurut data Badan Pusat Statistik, metode pembayaran tunai (COD) dipilih oleh 73,04 persen pengguna e-commerce. (5) Hal tersebut menjadikan metode ini sebagai metode pembayaran favorit. (6) Melihat keadaan saat ini, sebenarnya, pelaksanaaan COD belum berjalan dengan baik. (7) Baru-baru ini, banyak terjadi perselisihan antara kurir dan pembeli. (8) Konflik tersebut terjadi karena sejumlah pembeli mengeluhkan barang pesanannya tidak sesuai. (9) Karena alasan tersebut, pembeli tidak segan memaki kurir dan tidak membayar pesanan. (10) Parahnya lagi, pembeli menodongkan senjata api kepada kurir. (11) Dalam kasus tersebut, keluhan yang disampaikan bukan hanya tidak sesuai mekanisme, tetapi juga salah alamat. (12) Jika diselisik lebih dalam, konflik antara kurir dan pembeli terjadi karena sejumlah pembeli tidak memahami dan mematuhi ketentuan dalam sistem COD. (13) Secara umum, toko daring sudah menginformasikan cara pengembalian barang, komplain, hingga ganti rugi akibat kesalahan atau ketidaksesuaian barang yang dikirim. (14) Alih-alih mematuhi prosedur, sejumlah pembeli malah memusuhi kurir. (15) Menurut Ketua Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyebutkan bahwa sederet konflik antara kurir dan pembeli menunjukkan rendahnya literasi berbelanja daring, apalagi layanan COD.
Paragraf 3 pada bacaan tersebut berfungsi untuk ….
(A) menguraikan perilaku buruk masyarakat dalam berbelanja
(B) memberikan bukti-bukti terkait buruknya pelaksanaan COD
(C) menjelaskan solusi untuk masalah dalam paragraf kedua
(D) memaparkan penyebab hal yang dijelaskan sebelumnya
(E) menegaskan kembali masalah yang sudah dijelaskan sebelumnya
8 Tujuan penulis menghasilkan teks tersebut adalah ….
(A) memberikan gambaran kondisi terkini pelaksanaan COD
(B) memberitahukan manfaat pentingnya mematuhi aturan COD
(C) meyakinkan pembaca untuk tidak menggunakan sistem COD
(D) menjelaskan kepada pembaca tentang kerugian menggunakan sistem COD
(E) menguraikan kekurangan dan kelebihan sistem COD kepada pembaca
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal 9-10!
(1) Meskipun belum ada data yang jelas di Indonesia, seseorang masih berisiko terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang walau sudah disuntik vaksin Covid-19. (2) Berdasarkan data Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), seperti dikutip dari BBC Indonesia edisi 29 Juni 2021, ada 949 tenaga kesehatan yang meninggal karena Covid-19. (3) Sementara itu, menurut laporan Stanley Widianto dan Kate Lamb dalam Reuters edisi 17 Juni 2021, lebih dari 350 dokter dan pekerja medis tertular Covid-19 walau sudah divaksinasi dengan Sinovac. (4) Puluhan tenaga kesehatan di antaranya harus dirawat di rumah sakit karena mengalami demam tinggi dan penurunan saturasi oksigen. (5) Dari jumlah itu, sebanyak 20 dokter dan 10 perawat meninggal meski sudah menerima vaksinasi. (6) Menanggapi hal ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular sekaligus juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan bahwa terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa kembali terinfeksi Covid-19 dengan gejala berat dan meninggal dunia meskipun sudah divaksin. (7) Efikasi vaksin hanya 62%—63%, bukan 100%. (8) Selain itu, Nadia mengatakan bahwa faktor penyakit penyerta bisa menjadi penyebab utama seseorang kehilangan nyawa saat terinfeksi Covid-19 walau sudah menerima vaksin.
9. Gagasan pada paragraf 1 akan menjadi lebih mudah dipahami apabila urutan kalimatnya adalah ….
(A) 1-2-4-3-5
(B) 1-2-5-3-4
(C) 1-2-5-4-3
(D) 1-4-5-2-3
(E) 1-4-2-3-5
10. Tujuan penulisan kalimat (8) pada bacaan tersebut adalah ….
(A) mengenalkan ide pokok baru paragraf 2
(B) mengusulkan alasan atas permasalahan yang dibahas
(C) memperkuat pernyataan pada paragraf 1
(D) mempertegas pernyataan pada kalimat sebelumnya
(E) menambahkan alasan atas pernyataan paragraf 2
SARAN
Menghadapi SIMAK UI bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat, peluang untuk lolos menjadi lebih besar. Salah satu kunci keberhasilan adalah dengan rutin mengerjakan latihan soal agar lebih familiar dengan tipe pertanyaan yang sering muncul, meningkatkan kecepatan dalam menjawab, serta memperdalam pemahaman terhadap materi yang diujikan.
baca juga : harga les privat
Jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan antara belajar dan istirahat agar tubuh dan pikiran tetap dalam kondisi optimal saat ujian berlangsung. Konsistensi, disiplin, dan mental yang kuat juga menjadi faktor penting dalam meraih hasil terbaik.
Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan motivasi bagi calon mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri menghadapi SIMAK UI. Tetap semangat, terus berlatih, dan percaya diri dalam mengerjakan setiap soal. Kesuksesan tidak datang secara instan, tetapi dengan usaha yang maksimal, impian untuk menjadi bagian dari Universitas Indonesia segera terwujud!
Hubungi kami sekarang di (021) 77844897 atau 0896-2852-2526 untuk informasi lebih lanjut. Kamu juga bisa mengunjungi website kami di www.simakui.id untuk mengetahui lebih banyak tentang program bimbel yang kami tawarkan.