7 Tips Memilih Tutor di Tempat Bimbel

Ketika Anda menemukan tempat bimbel secara online yang tepat, belajar menjadi jauh lebih mudah. Rasanya tidak seperti tugas lagi. Sebaliknya, Anda justru merasa bersemangat untuk terus belajar!

Guru privat terbaik adalah guru yang membuat siswanya tetap termotivasi dan berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan mereka. Ini semua tentang mendorong mereka, menyesuaikan gaya mengajar mereka dengan kebutuhan siswa, dan membangun persahabatan.

Jadi bagaimana Anda bisa menemukan tutor yang tepat untuk Anda ketika ada begitu banyak pilihan? Anda beruntung hari ini! 7 tips ini akan membuat pencarian tutor jadi lebih mudah…

Tutor bimbel

 

1. Putuskan apa yang ingin Anda pelajari

 

Ini adalah tip yang jelas, tetapi yang tidak semua orang ikuti! Apa yang ingin Anda pelajari secara online? Jika Anda ingin bantuan pekerjaan rumah dalam matematika, Anda harus mencari tutor matematika. Tetapi jika Anda mencoba untuk fasih berbahasa Spanyol, maka guru yang berbicara bahasa Spanyol adalah pilihan yang tepat.

Sebagian besar situs web les online memisahkan tutor per mata pelajaran yang mereka ajarkan. Tetapi pencarian Anda tidak berakhir di sini …

 

2. Tetapkan harapan Anda

 

Memilih tutor dalam mata pelajaran Anda saja tidak cukup. Anda harus memastikan mereka dapat memenuhi harapan Anda untuk perjalanan belajar Anda. Ini berarti melihat pengalaman mereka dan latar belakang pendidikan mereka.

Misalnya, jika Anda memerlukan bantuan dengan pekerjaan rumah matematika universitas Anda, seorang guru matematika sekolah dasar mungkin tidak akan dapat membantu Anda. Anda membutuhkan bantuan dari seorang guru yang memiliki pengalaman mengajar siswa sekolah menengah.

Ini juga berlaku untuk belajar bahasa asing. Jika Anda ingin fasih berbahasa Inggris, apakah Anda harus memilih guru yang fasih atau yang tingkat bahasa Inggrisnya hanya oke? Ini semua tentang mengetahui apa yang diharapkan dan memilih tutor yang sesuai.

 

3. Miliki tujuan tertentu dalam pikiran

 

Saat ini ada begitu banyak tutor online. Memilih hanya satu bisa menjadi tugas yang menakutkan. Inilah sebabnya mengapa memiliki tujuan tertentu dalam pikiran sangat penting. Mengapa Anda memilih untuk mencari tutor online? Apa yang Anda ingin mereka ajarkan kepada Anda? Kapan Anda membutuhkan jasa bimbingan belajar mereka? Kapan Anda ingin melihat hasilnya?

Untuk orang tua, tujuan utama dalam pikiran adalah menemukan tutor yang tahu bagaimana menangani anak-anak. Mereka harus tahu bahwa anak-anak tidak belajar dengan cara yang sama seperti orang dewasa dan bahwa mereka harus menyesuaikan gaya mengajar mereka. Mereka juga harus tahu bagaimana menarik perhatian anak selama kelas.

Sekarang setelah Anda memiliki tujuan ini, Anda tahu bahwa Anda harus menemukan tutor yang sesuai dengan profil ini. Dan Anda telah mempersempit kumpulan guru!

4. Ajukan pertanyaan

Keingintahuan membunuh kucing – tapi kami bukan kucing! Kita harus selalu ingin tahu dan menanyakan semua pertanyaan yang dapat kita pikirkan. Kami yakin Anda akan menemukan tempat bimbel terbaik dengan tip ini!

Apa yang Anda tanyakan sepenuhnya bergantung pada apa yang Anda harapkan dari pelajaran online Anda, apa yang Anda inginkan darinya, dan apa tujuan Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk bertanya kepada mereka:

Berapa banyak pengalaman yang Anda miliki dalam mengajar?

Berapa usia rata-rata siswa Anda?

Apa hal favorit Anda tentang mengajar?

Apa metode pengajaran Anda?

Bagaimana reaksi Anda jika ada siswa yang tidak memperhatikan?

5. Pilih tempat bimbel yang Anda rasa terhubung dengannya

Tempat bimbel melayani secara online, Anda tidak harus menjadi teman Anda. Tetapi mereka setidaknya harus menjadi seseorang yang dapat Anda hubungi. Tujuannya adalah untuk menemukan tempat bimbel yang memberi Anda motivasi untuk terus belajar. Bagaimanapun, ikatan siswa-guru inilah yang membuat pelajaran menjadi menarik!

Misalnya, jika Anda tertarik pada orang yang memiliki selera humor, tutor Anda idealnya memiliki selera humor. Dengan cara ini, Anda bisa tertawa bersama dan membuat pelajaran menjadi menyenangkan bagi Anda berdua.

6. Buat jadwal belajar dan cari tempat bimbel yang tersedia saat itu

Berapa jam per minggu Anda akan membutuhkan bimbingan belajar? Dan pada jam berapa Anda bebas melakukan sesi les Anda? Setelah Anda memiliki jawaban untuk dua pertanyaan ini, mulailah mencari tempat bimbel yang tersedia pada saat itu.

Bayangkan Anda ingin mengikuti pelajaran Sejarah Dunia tiga kali seminggu di pagi hari. Tentunya, Anda tidak dapat memilih tutor yang sedang tidur pada saat itu karena mereka tinggal di belahan dunia lain dan ini adalah waktu malam bagi mereka. Anda juga tidak dapat memilih tutor yang hanya dapat mengajar Anda selama satu jam seminggu jika Anda membutuhkan dua jam les!

Untungnya, dengan Anda dapat dengan mudah melihat ketersediaan semua tutor. Dengan begitu, Anda tahu saat itu juga mana yang harus dihubungi dan mana yang harus diabaikan!

7. Tetapkan anggaran dan ikuti

Tentu saja, uang itu penting. Tidak ada gunanya menghubungi tutor yang mengenakan biaya lebih dari yang Anda mampu bayar. Tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menemukan tutor hebat yang sesuai dengan anggaran Anda!

Hanya mencari tutor yang tarif per jamnya Anda mampu. Ada platform online yang menawarkan layanan bimbingan belajar untuk semua anggaran. Dan, untungnya kami sudah merangkum tempat bimbel berdasarkan fokus tujuan Anda di bawah ini.

Latiseducation.com (website utama) // website les privat

Bimbel-cpns.id // Website untuk masuk cpns

Supercampalumniui.com // website untuk program karantina 30 hari di hotel untuk persiapan UTBK masuk PTN

Lesprivatsbmptn.id // website untuk program karantina 30 hari di hotel untuk persiapan UTBK masuk PTN

Bimbel-kedokteran.com // bimbel untuk masuk PTN kedokteran

Simakui.id // les privat & bimbel untuk masuk UI

tutorindonesia.co.id // Les Privat Intensif

Web lain sejenis :
latisprivat.com // Les Privat
gurulesprivate.co.id // Bembel & Les Privat

Semenjak 2019 SBMPTN ganti nama jadi UTBK

Nah, itu dia   7 Tips Memilih Tutor di Tempat Bimbel Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 082126002509 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. https://simakui.id/ melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top