4 Hal Penting Dalam Persiapan Masuk PTN

Persiapan masuk PTN umumnya di lakukan oleh siswa tingkat akhir yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Padahal untuk terdaftar di PTN harus di rencanakan dari kelas 10, karena pada saat itulah waktu yang tepat untuk merancang masa depan kamu.

Kebanyakan kesalahan terjadi pada saat merancang cara masuk PTN di kelas 12, bukannya tidak bisa, tetapi mungkin Anda sudah melewatkan waktu yang harusnya bisa kalian maksimalkan meski segala sesuatu tentunya bisa di perjuangkan.

Persiapan masuk PTN tentunya di butuhkan mentor yang mungkin ada di sekitar kalian, mulai dari keluarga, teman, atau guru les kalian.

Meski demikian, hal yang perlu di ingat saat kalian. Masuk ke Sekolah menengah atas kalian terlebih dahulu mengetahui jurusan apa yang kalian bidik untuk kuliah nanti, sehingga kalian bisa dengan teratur mempunyai strategi agar kalian bisa di Terima di kampus impian anda.

Saat ini kita akan membahas tentang persiapan apa saja sih yang di lakukan sebelum masuk PTN.

 

Persiapan masuk PTN
Persiapan masuk PTN

 

1. Persiapan Masuk PTN di Lakukan Pada Saat Kelas 10-11

Persiapan masuk PTN adalah memang harus di persiapkan sejak kelas 10, apalagi persaingan masuk PTN sangatlah ketat, tapi kalian tentunya harus fokus terhadap target sasaran kalian untuk mencapai target PTN yang kalian Inginkan.

Baca juga : Kuota SNMPTN

Kelas 10-11 memang adalah waktu yang kalian harus persiapkan untuk mengumpulkan nilai yang yang terbaik supaya kalian sukses pada saat mengikuti seleksi nantinya.

2. Meningkatkan prestasi

Nilai rapor adalah salah satu acuan yang bisa kalian perjuangkan sejak kalian kalian menginjakan kaki di SMA, nilai rapot harus kalian jaga agar stabil dan terus meningkat di setiap semesternya.

Salah satu jalur seleksi yang menerapkan sistem nilai rapot adalah SNMPTN yang bisa kalian ikuti dan ikut bersaing memperoleh kursi di PTN pilihan kalian.

3. Temukan Minat Bakat

Minat bakat merupakan adalah hal yang cukup penting untuk persiapan kalian masuk PTN, seperti yang sudah kita singgung di awal, bahwa menemukan minat bakat seperti kita mempunyai target, agar kalian bisa fokus kepada tujuan kalian kedepanya.

Baca juga : Syarat Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN

4. Diskusi dengan Orang Tua

Pendidikan kamu tentunya menjadi bagian dari tanggung jawab orang tuamu. Mereka pasti menginginkan hal terbaik untuk masa depan anaknya. Maka dari itu, cobalah berdiskusi dengan mereka mengenai rencana kuliah yang kamu buat, termasuk jurusan kuliah yang ingin kamu ambil atau universitas mana yang ingin kamu tuju. Sampaikan juga tentang hal yang kamu sukai, bakat, dan kelebihanmu.

Nah, itu dia 4 Hal Penting Dalam Persiapan Masuk PTN  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 082126002509 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. https://simakui.id/ melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top