bimbel masuk ui karantina ui terbaik
tips lancar sbmptn

Tips Agar Lancar Menempuh UTBK-SBMPTN

Ujian Tertulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN merupakan syarat untuk masuk ke perguruan tinggi. Banyak siswa lulusan SMA sederajat berusaha mengerjakan soal dan memberikan yang terbaik agar diterima PTN favorit.

Karena itu bila kamu mengambil kelompok ujian Saintek, ada beberapa kisi-kisi sederhana yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran UTBK-SBMPTN.

Tips di bawah ini wajib kamu baca untuk memaksimalkan proses dalam mengerjakan soal UTBK-SBMPTN dengan tepat dan lancar.

Baca juga : Bimbel SBMPTN, Les Privat SBMPTN, Bimbel Kedokteran

1. Matematika IPA

Berbeda dengan matematika dasar atau matematika IPS, matematika Saintek fokus pada subjek pelajaran yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Kunci dalam mengerjakan soal-soal ini adalah penguasaan materi yang berkaitan dengan fungsi, teknik integrasi atau diferensiasi, dan interpretasi dari setiap persamaan matematika. Penguasaan fungsi trigonometri juga menjadi faktor penting dalam menghadapi soal-soal ini.

2. Kimia

Soal-soal Kimia tidak akan terlepas dari konsep mol. Secara sederhana, mol diartikan sebagai satuan kuantitatif untuk partikel sejumlah bilangan avogadro. Beberapa poin penting dari materi ini juga terkait dengan persamaan reaksi kimia dan dinamikanya, juga konsep sifat-sifat unsur dalam sistem
periodik.

Selain itu, beberapa materi seperti Stoikiometri, Larutan, Ikatan, dan Reaksi Redoks serta Elektronika merupakan soal yang kerap kali keluar pada materi Saintek Kimia. Tetapi ingat, bagaimana pun soalnya, tetap kerjakan dari yang paling mudah terlebih dahulu, ya.

3. Fisika

Banyak yang berasumsi bahwa mata pelajaran yang paling sulit di UTBK-SBMPTN adalah fisika. Namun jangan khawatir, dua tips ini akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal UTBK Fisika, lho!

Pertama, pada materi analisa dimensi, kenali satuan apa yang diketahui dan satuan apa yang ditanyakan. Jika hal ini sudah kamu kuasai, ada baiknya kamu tahu juga faktor-faktor konstanta yang mungkin ada dalam perhitungannya.

Baca juga :  Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

Kedua, interpretasi soal dengan seksama. Artinya, kamu perlu memahami cerita yang dipermasalahkan dalam soal dan bagaimana fenomenanya secara nyata.

Hal ini penting untuk mempermudah analisa terhadap hukum-hukum apa saja yang berlaku dalam satu soal. Materi yang sering muncul di soal UTBK Fisika yaitu Getaran dan Gelombang, Kinematika, Listrik Statis dan Dinamis, serta Zat dan Kalor.

4. Biologi

Khusus untuk mata pelajaran Biologi, kamu bisa belajar dari soal-soal prediksi UTBK-SBMPTN dan soal-soal tahun lalu dengan memahami konsep tiap butir soalnya.

Perbanyak latihan soal sambil pahami juga beberapa kosakata dalam istilah biologi yang jarang digunakan di percakapan sehari-hari, seperti lilis (pecah atau hancur) dan fag (makan).

Materi yang sering muncul di soal UTBK Biologi antara lain Sel, Jaringan, dan Organ, Fungsi Alat Tubuh Manusia, Genetika & Mutasi, Metabolisme Sel, dan Ekologi.

Nah, Tips Agar Lancar Menempuh UTBK-SBMPTN. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 082126002509 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00 17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. https://simakui.id/ melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.