bimbel masuk ui karantina ui terbaik
UI

Biaya SIMAK UI dan Ilustrasi Pemilihan Daftar Program Studi

Universitas Indonesia membuka pendaftaran dengan seleksi masuk yang sangat populer untuk calon mahasiswa di Indonesia. Adapun seleksi tersebut juga disebut sebagai jalur mandiri, dengan biaya tes masuk UI tersebut cukup beragam. Tidak membuat para pendaftar gentar dengan biaya kuliahnya yang akan sangat besar, kenyataannya jalur satu ini juga sangat diincar banyak siswa.

SIMAK yang merupakan singkatan dari Seleksi Masuk merupakan ujian terpadu dari kampus kuning kebanggan Indonesia untuk para calon mahasiswa. Seleksi ini sendiri dibuka bagi program vokasi (D3 dan D4), kelas Sarjana Paralel dan Reguler, Sarjana Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Spesialis, sampai Magister dan Doktor. Sementara untuk ujian kelas Internasional dengan jadwal berbeda.

Baca juga : Jurusan Favorit SIMAK UI 2022, Apakah Pilihanmu Salah Satunya?

Besaran Biaya SIMAK UI Bagi Masing-Masing Program Pendidikan

UI

Sumber gambar : Freepik

Bagi calon mahasiswa yang telah berhasil lolos dalam jalur seleksi ini akan membayar biaya pendidikan sesuai dengan aturan rektor. Tetapi, sebelum jauh sampai kesana, pelamar harus melewati tahap atau proses pendaftaran dan ujian. Khususnya bagi pelamar yang mendaftar SIMAK UI program S1, S2, dan S3 akan diuraikan lebih jelas.

1.      Besaran Biaya SIMAK UI S1

Bagi pelamar S1 Reguler, Paralel, dan Vokasi harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000. Biaya ini digunakan untuk 2 pilihan pertama bagi kelompok ujian IPA saja atau IPS saja. Tidak ada perbedaan biaya jika pelamar hanya ingin memilih 1 prodi saja. Sedangkan, untuk pelamar yang memilih 3 pilihan pertama kelompok IPA dan IPS sekaligus atau disebut juga program IPC akan dikenakan biaya sebesar Rp600.000.

Tetapi biaya untuk 2 pilihan prodi saja tetap membayar sebesar Rp500.000. Jadi bisa dibilang bahwa setiap penambahan jurusan atau program studi akan dikenakan tambahan sebesar Rp100.000. Adapun untuk aturan atau ketentuan khusus pelamar prodi dari S1 adalah sebagai berikut.

  • S1 Reguler dapat memilih maksimal 3 pilihan prodi
  • S1 Paralel dapat memilih maksimal 3 pilihan prodi.
  • Vokasi D3 dapat memilih maksimal 2 pilihan prodi.
  • Vokasi D4 dapat melakukan pilihan maksimal 2 prodi.
Baca juga :  Biaya S3 UI (Universitas Indonesia) dan Jadwal Kuliahnya

Sehingga total dari pilihan yang dimasukkan adalah enam prodi. Dapat dipastikan bahwa dalam satu formulir hanya bisa memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus oleh pelamar. Ada kebebasan untuk memilih prodi baik dari kelompok IPA secara keseluruhan, atau kelompok IPS secara keseluruhan, atau digabung keduanya yang membentuk kelompok IPC.

Untuk kelas internasional sendiri akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp1.500.000 dalam 1 pilihan saja. Bagi pelamar yang ingin mendaftarkan dua program S1 reguler, paralel, atau vokasi bersamaan dengan kelas internasional diharuskan untuk membuat 2 pendaftaran dengan 2 nomor berbeda. Biaya pendaftaran juga akan dibayarkan ke masing-masing nomor yang diberikan. Sementara, untuk kelas S1 ekstensi biayanya adalah Rp750.000 dan hanya 1 pilihan prodi.

Lihat juga Bimbel Kedokteran

2.      Besaran Biaya SIMAK UI S2

Tidak cukup puas dengan penjelasan biaya pendaftaran bagi jenjang pendidikan S1 di UI, maka bagi pelamar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 alias profesi diharuskan membayar sebesar Rp1.200.000. Biaya ini untuk 1 pilihan program studi dan tidak diizinkan untuk memilih prodi lainnya.

3.      Besaran Biaya SIMAK UI S3

Untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi adalah S3 atau lebih populer dikenal sebagai spesialis. Biaya pendaftarannya adalah Rp1.500.000 dengan hanya 1 pilihan program studi saja. Besaran biaya ini sudah dihitung berdasarkan kepentingan dari masing-masing program pendidikan.

Ilustrasi Pemilihan Program Studi untuk S1 Jalur SIMAK UI

UI

Sumber gambar : Freepik

Setiap pelamar memiliki pemikiran dan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan. Untuk melihat bagaimana ilustrasi dari pemilihan program studi di kampus kuning ini akan dijabarkan sebagai berikut.

1.      Memilih 6 Program Berbeda

Bagi calon mahasiswa dengan enam pilihan dari program pendidikan yang berbeda, misalnya:

Baca juga :  Mengenal SNMPTN, Jalur Mudah untuk Masuk ke Perguruan Tinggi

Pilihan 1 : S1 Reguler – Akuntansi (biaya pendaftaran : Rp500.000 untuk dua jurusan)

Pilihan 2 : S1 Paralel – Administrasi Fiskal

Pilihan 3 : S1 Paralel – Bahasa dan Kebudayaan Korea (+ Rp100.000)

Pilihan 4 : Vokasi – Akuntansi (+ Rp100.000)

Pilihan 5 : Vokasi – Administrasi Keuangan dan Perbankan (+ Rp100.000)

Pilihan 6 : Vokasi – Administrasi Keuangan dan Perbankan (+ Rp100.000)

Sehingga untuk total seluruh pilihan jurusan IPS yang dilakukan dalam ilustrasi ini adalah Rp900.000.

2.      Memilih Prodi IPA dan IPS Sekaligus (IPC)

Bagi calon mahasiswa dengan tiga pilihan dari kelompok IPA dan IPS sekaligus atau disebut juga IPC akan diilustrasikan seperti:

Pilihan 1 : S1 Reguler – Akuntansi (IPS)

Pilihan 2 : S1 Paralel – Akuntansi (IPS)

Pilihan 3 : S1 Paralel – Sistem Informasi (IPA)

Total biaya SIMAK UI untuk ketiga pilihan ini adalah sebesar Rp600.000.

Baca juga : Passing Grade Tertinggi SIMAK UI 2022, Mulai Siapkan Dirimu!

3.      Memilih 1 Prodi Saja

Tidak sedikit pelamar yang berfokus pada satu prodi saja untuk meyakinkan diri dengan pilihan tersebut. Maka ilustrasinya adalah:

Pilihan 1 : S1 Paralel – Akuntansi (IPS) dengan total biaya pendaftarannya adalah Rp500.000

4.      Pendaftaran S1 Paralel/Vokasi (D3) dan Kelas Internasional

Sementara untuk calon yang secara khusus mendaftar bersamaan dengan kelas internasional dapat diilustrasikan sebagai berikut.

Pilihan 1 : S1 Paralel – Akuntansi ( IPS)

Pilihan 2 : Vokasi – Akuntansi (IPS)

Untuk kedua jurusan ini terlebih dahulu harus ditotalkan dan dibayarkan dengan 1 nomor pendaftaran. Adapun biaya pendaftarannya adalah Rp500.000. Selanjutnya adalah ilustrasi untuk pendaftaran kelas internasional yang juga tidak kalah banyak peminatnya di Indonesia.

Pilihan 1 : S1 Kelas Internasional – Akuntansi (IPS) dengan biaya pendaftaran Rp1.500.000. Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang pelamar dengan ilustrasi seperti ini adalah Rp. 2.000.000. Tetapi tetap dengan dua nomor pendaftaran yang berbeda dan harus dibayarkan satu per satu. Nantinya pelamar akan mendapatkan dua nomor berbeda untuk ujian dari jalur mandiri UI ini.

Baca juga :  Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

Lihat juga Bimbel Masuk FKUI

Dengan biaya yang tidak kecil ini bisa dipastikan seorang pelamar harus lebih matang persiapannya. Banyak membahas soal-soal yang akan keluar adalah cara terbaik. Anda bisa mendaftar untuk ikut bimbingan belajar dari tentor berpengalaman yang sudah lebih dulu masuk ke UI di SIMAK UI. Adapun website resminya yaitu www.simakui.id dan nomor 087781609961 jika ada yang ingin ditanyakan.

Referensi :

simak.ui.ac.id/tentang-simak.html

medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ZkeLw8qb-diterima-simak-ui-2022-ini-besaran-biaya-kuliah-di-universitas-indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.