privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
Jurusan di UI

Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPS Terfavorit

Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus tujuan bagi banyak siswa siswi di Indonesia. Ada banyak kelebihan yang dimiliki kampus kuning ini, sehingga sangat menjadi incaran. Jika sebelumnya telah dibahas apa saja jurusan terfavorit di UI untuk anak IPA. Kali ini anak IPS yang akan melihat jurusan di UI yang terfavorit dan sangat bisa dipilih.

Setiap jurusan memiliki perbedaan masing-masing dari segi materi kuliah sampai keketatannya di setiap seleksi. Tetapi, jurusan yang kali ini akan dibahas merupakan terfavorit dari dua program yaitu S1 reguler dan pararel. Sudah penasaran dengan pilihan jurusannya kan? Yuk, langsung aja simak setiap jurusan di fakultas terfavorit untuk Soshum di bawah ini.

Jurusan di UI Fakultas Hukum

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik – Lawyer

Fakultas pertama yaitu Hukum UI dengan segala ketenarannya yang sudah jelas di mata para siswa siswi di Indonesia. Siapa disini yang ingin masuk menjadi mahasiswa dari fakultas ini? Fakultas Hukum UI hanya memiliki satu jurusan yaitu Ilmu Hukum. Tetapi setidaknya ada 16 peminatan program sarjana yang disediakan, agar para mahasiswa menjadi lebih banyak ilmu hukum.

Hebatnya, untuk rumpun sosial alias Soshum anak IPS, Ilmu Hukum UI selalu menjadi yang terfavorit dari dua program reguler dan pararel. Untuk itu, memahami persentase keketatannya adalah bagian proses penting. Di program reguler, Ilmu Hukum UI menerima pendaftar sebanyak 7070 dengan daya tampung 150 dan keketatannya yaitu 2,15%. Sementara jumlah pendaftar di program Pararel ada 3179, dengan daya tampung 40 mahasiswa dan keketatan 2,45%.

Baca juga : Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPA Paling Populer

Jurusan di UI Fakultas Psikologi

Jurusan di UI

Sumber gambar : Freepik – Psikolog

Baca juga :  Dapatkan Benefit Belajar di Les SIMAK UI Sekarang Juga!

Menjadi Fakultas Psikologi pertama kali berdiri di Indonesia, jurusan satu ini di UI juga terfavorit bagi para siswa siswi Indonesia. Saat ini jurusan di UI dari fakultas ini memiliki 6 bidang studi yaitu, Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Umum dan Eksperimental. Dari enam bidang studi yang ditawarkan, mahasiswa diperbolehkan untuk wajib mendalami dua bidang studi.

Jurusan Psikologi dari fakultas ini juga menjadi yang terfavorit dari dua program reguler dan pararel. Jumlah pendaftar di program reguler yaitu sebanyak 6462 dengan daya tampungnya 95 dan keketatan 1,39%. Sementara itu, seleksi masuk untuk program pararel didapatkan data pendaftar sebanyak 2778 dengan daya tampung 40 dan keketatan 1,62%.

Baca juga : 13 Bidang Studi UI yang Masuk Peringkat Dunia

Jurusan di UI Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik – Accounting

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebelumnya dinamakan Fakultas Ekonomi dan menjadi lembaga tertua untuk pendidikan tinggi Ekonomi di Indonesia. Banyaknya prospek kerja dari lulusan jurusan di ui dari FEB ini membuatnya lebih diminati banyak siswa siswi. Ada 6 program studi yang ditawarkan untuk tingkat Sarjana. Tetapi hanya dua yang paling populer, yaitu.

1.      Manajemen

Program studi ini akan mempelajari pada konsentrasi seperti manajemen keuangan dan sumber daya manusia, serta manajemen pemasaran. Pada umumnya lulusan dari jurusan manajemen akan bekerja di bagian konsultasi marketing dan lembaga pemerintahan atau swasta. Ini sangat menjanjikan dan bisa dijadikan pertimbangan pilihan.

Jurusan manajemen menjadi favorit di program reguler saja, tetapi dengan persaingan yang sangat ketat yaitu persentase keketatannya 1,44%. Jumlah pendaftar sebanyak 6336 dengan daya tampung hanya 90 mahasiswa saja. Meski sangat ketat, banyak siswa siswi tidak ingin menyerah bersaing bersama ribuan lainnya.

Baca juga :  6 Cara Memilih Prodi SNBT Tahun 2023

Baca juga : Daftar Biaya Mahasiswa UI 2021 S1 Reguler

2.      Akuntansi

Perusahaan mana yang tidak membutuhkan lulusan dari akuntansi? Ini sangat penting dan bisa dipelajari dalam kampus kuning (UI). Penasaran kerjanya dimana saja? Para lulusan akuntansi bisa bekerja di bidang perbankan dan juga perusahaan-perusahaan nasional atau swasta. Bahkan lebih hebatnya lagi karena bisa bekerja di bagian pemerintahan pusat dan daerah loh.

Berbeda dengan jurusan manajemen yang hanya banyak diminati pada program reguler, maka Akuntansi memiliki peminat terbesar di kedua program sarjana tersebut. Dalam program Reguler, jumlah pendaftar terdata sebanyak 4087 dengan daya tampung 100, sehingga persentase keketatannya yaitu 2,45%. Sementara itu program Pararel ada 716 pendaftar dengan daya tampung 5 dan persentase keketatannya 0,84%.

Jurusan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik – Communication Studies

Dari delapan program studi sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI ini, maka ada satu jurusan terfavorit di setiap tahunnya yang terdata. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melihat seluruh peluang tujuh jurusan lainnya yang tersedia. Ilmu Komunikasi menjadi jurusan di UI yang terfavorit pada dua program reguler dan pararel.

Ini menunjukkan bahwa ada peminat yang sangat besar menjadi lulusan Ilmu Komunikasi UI. Alasannya yaitu prospek kerja terbuka sangat luas, bahkan jika ingin melanjutkan pendidikan ke S2 juga lebih banyak peluangnya. Pada program reguler, jumlah pendaftar terdata 4029 dengan daya tampung 50 dan persentase keketatannya 0,87%. Sementara di program Pararel ada 1080 pendaftar, daya tampungnya 10 dan keketatan sebesar 0,37%.

Jurusan untuk IPS – Fakultas Ilmu Administrasi

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik – Business

Jurusan terakhir yang terdata memiliki banyak peminat pada tahun sebelumnya adalah Fakultas Ilmu Administrasi. Memulai karirnya dengan tergabung di FISIP, ternyata FIA UI semakin diminati banyak orang dan akhirnya berdiri sendiri pada tahun 2015. Meski usianya masih baru, salah satu jurusan atau departemennya berhasil menarik perhatian siswa siswi di Indonesia.

Baca juga :  Jurusan dengan Biaya UKT Termurah UI hingga yang Termahal

Departemen Ilmu Administrasi Negara, Departemen Ilmu Administrasi Fiskal, dan Departemen Ilmu Administrasi Niaga merupakan tiga cabang departemen yang ada di FIA UI. Ilmu Administrasi Niaga (Bisnis) menjadi satu yang paling populer dan diincar oleh banyak siswa siswi. Ada prospek kerja yang sangat besar dan membuat ketertarikan sendiri pada jurusan satu ini.

Mengapa harus Ilmu Administrasi Niaga (Bisnis) UI? Ada karakteristik yang akan membedakan para lulusan dari jurusan di UI ini dengan lainnya. Sehingga dari data pada tahun sebelumnya, ada 1221 jumlah pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa jurusan ini. Dengan daya tampung 26 dan persentase keketatannya yaitu 1,56%. Data ini diambil dari program Pararel yang membuat jurusan ini sangat favorit di tahun tersebut.

Lihat Juga Yuk Kita Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran Gigi!

Sudah siap menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Indonesia? Jika belum, harusnya mulai sekarang persiapkan diri Anda. Yuk mulai belajar dan ikut bimbingan di program SIMAK UI. Cek website www.simakui.id agar seluruh programnya bisa didapatkan dengan jelas. Persiapan sedini mungkin bisa jadi andalan masuk salah satu jurusan di UI untuk anak IPS. Ingin informasi lebih jelasnya? Bisa menghubungi ke nomor 087781609961.

Referensi :

website UI – penerimaan.ui.ac.id/ppkb/program/181

desti-apriani.my.id/jurusan-soshum-di-ui/

banner simak ui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.