bidang studi ui yang masuk peringkat dunia

13 Bidang Studi UI yang Masuk Peringkat Dunia

UI (Universitas Indonesia) adalah salah satu Universitas yang sudah terkenal di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya bidang studi UI yang masuk peringkat dunia. Apa saja bidang studi tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut

1. Bidang Studi Accounting and Finance

Bidang studi UI yang masuk peringkat dunia yang pertama adalah accounting and finance yang berada pada peringkat 201 – 250 dunia.

Accounting adalah ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, pengklasifikasian, pengukuran, penyajian dan pengolahan data. Accounting sendiri dalam sebuah perusahaan biasa digunakan untuk mengambil keputusan keuangan.

2. Bidang Studi Economic and Econometrics

Bidang studi berikutnya adalah economics and econometrics  yang berada pada peringkat 351-400 dunia

ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, dan juga permasalahan seputar ekonomi yang terjadi di dunia. 

Salah satu hal dibahas dalam ekonomi adalah bahwa manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sementara ketersediaan sumber daya alam itu terbatas, dan hal ini akan berdampak pada terjadinya kelangkaan.

3. Bidang Studi Law and Legal

Bidang studi law and Legal menempati peringkat 151-200 di dunia. Ilmu Hukum adalah bidang studi yang mempelajari berbagai sistem hukum dengan kaitannya terhadap masyarakat dan juga bisnis. 

Selama 4 tahun studi kamu menghadapi pembelajaran mengenai undang-undang hingga hukum internasional. Segala jenis hukum bakal kamu kupas mendalam saat perkuliahan nanti! Dari yang dasar sampai yang sangat esensial. Kamu akan sering bertemu dengan kajian terhadap berbagai kasus hukum, baik secara yuridis maupun normatif.

4. Bidang Studi Ilmu Politik

Ilmu Politik adalah bidang ilmu yang banyak mengkaji gejala dan fenomena sosial politik sehingga nantinya mampu menerapkan teori-teori ilmu politik untuk menawarkan solusi dari permasalahan sosial politik. 

Wawasan kamu akan semakin luas jika kuliah di Jurusan Ilmu Politik yang menempati peringkat 151-200 dunia ini.

5. Bidang Studi Sosiologi

Sosiologi adalah yang menyelidiki tentang manusia, cara berpikir manusia, cara bertindak manusia, cara merasakan sesuatu, proses kehidupan sosial, fakta-fakta sosial dan masih banyak hal lainnya. Bidang studi ini menempati peringkat 251-300 dunia.

6. Bidang Studi Computer Science & Information Systems

Bidang studi ilmu komputer adalah bidang studi yang mempelajari berbagai hal seperti bahasa pemrograman sampai dengan algoritma. Jika kamu menjadi mahasiswa ilmu komputer yang menempati peringkat 251-300 dunia ini, maka kamu akan banyak bermain dengan matematika, logika dan juga komputasi

7. Bidang Studi Electrical & Electronic Engineering

Elektronika menempati peringkat 251-300 dunia, bidang studi ini adalah ilmu yang mempelajari seputar listrik, seperti arus lemah, cara mengoperasikan dan mengontrol aliran elektron atau partikel dengan muatan listrik pada suatu alat seperti peralatan elektronik, semikonduktor, dan lain sebagainya.

8. Bidang Studi Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah suatu disiplin ilmu teknik yang menggabungkan fisika teknik dan prinsip-prinsip matematika dengan ilmu material (bahan) untuk mendesain, menganalisa, dan membuat serta mempertahankan sistem mekanis. Bidang studi ini menempati peringkat 351-400 dunia

9. Bidang Studi Teknik Kimia

Teknik kimia menempati peringkat 351-400 dunia, bidang studi ini adalah cabang ilmu yang mempelajari pemrosesan bahan mentah diproduksi menjadi benda/barang yang semakin berguna, mampu berupa benda/barang jadi maupun benda/barang setengah jadi.

10. Bidang Studi Ilmu Bahasa

Bidang studi ilmu bahasa menempati peringkat 101-150 dunia. Ilmu bahasa adalah ilmu yang mempelajari beberapa hal seperti sudut pandang dan pendekatan seorang peneliti, linguistik sering kali digolongkan ke dalam ilmu kognitif, psikologi, dan juga antropologi.

11. Bidang Studi Farmasi

Bidang studi farmasi menempati peringkat 251-300 dunia. Farmasi merupakan profesi kesehatan yang nantinya kamu akan berkecimpung pada kegiatan di bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, informasi obat dan distribusi obat.

12. Bidang Studi Geografi

Bidang studi geografi menempati peringkat 151-200 dunia. Ilmu geografi adalah ilmu yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu.

13. Bidang Studi Astronomi

Bidang studi UI yang masuk peringkat dunia terakhir adalah bidang studi Astronomi. Astronomi menempati peringkat 551-600 dunia. Astronomi, kadang disebut sebagai ilmu bintang adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik). 

Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Itulah 13 bidang studi UI yang masuk peringkat dunia. Setelah mengetahui hal ini, tentunya kamu akan semakin ingin menjadi mahasiswa UI bukan? Menjadi mahasiswa UI bukan lagi hanya impian saja, kamu bisa mengandalkan bimbel SIMAK UI dari Latis Education yang siap membantumu menjadi mahasiswa UI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top