privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
soal matematika dasar

Prediksi Soal Matematika Dasar (SIMAK UI) Dalam Tes Kemampuan Dasar

Keluhan masuk universitas tinggi favorit di Indonesia bermunculan dari banyak siswa yang mengikuti berbagai tahap seleksinya. Proses ini dilakukan untuk menjaring puluhan bahkan ribuat siswa yang telah mendaftar dan akan menduduki bangku mahasiswa. Tes ini akan terdiri dari beberapa tahap dan pencarian prediksi soal matematika dasar (SIMAK UI) menjadi pencarian terbanyak.

Pernyataan bahwa soal tes dari Universitas Indonesia khususnya mata pelajaran Matematika Dasar adalah sulit bukan lagi sesuatu yang aneh. Tes ini ada dalam salah satu tahap yaitu Tes Kemampuan Dasar. Dimana semua peserta seleksi akan menjawab beberapa soal yang diberikan oleh panitia. Kecepatan dan ketepatan akan menjadi kunci utama dari seleksi satu ini.

Mengenal Soal Matematika Dasar (SIMAK UI)

Matematika Dasar (SIMAK UI)

sumber : pahamify.com/blog/pahami-kampus/jurusan-dan-kampus/tips-lolos-simak-ui-melalui-strategi-pengerjaan-soal/

Setiap tahun Universitas Indonesia mengadakan seleksi masuk ujia bersama bagi para calon mahasiswa. Ada ribuan pendaftar yang ingin menjadi bagian dari kampus kuning ini. SIMAK UI sendiri merupakan salah satu jalur seleksi terpadi yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Tes ini dilakukan secara mandiri bagi calon mahasiswa.

Tentu saja ketika telah dinyatakan lolos, maka akan melakukan pembayaran biaya pendidikan. Semuanya sudah disesuaikan dengan program pendidikan yang berlandaskan SK Rektor. Melihat antusias ribuan pendaftar, maka bisa dipastikan UI memiliki posisi sendiri di hati banyak orang meskipun terdapat soal yang dianggap sulit untuk dilewati sekelas soal matematika dasar (SIMAK UI).

Adapun program pendidikan untuk seleksi satu ini yaitu Vokasi D3 dan D4, Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Pararel, Sarjana Ekstensi/Pararel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister, dan terakhir Doktor. Cukup banyak program yang dibuka dan menambah semangat bagi para pelamar. Bahkan ada juga ujian khusus untuk Sarjana Kelas Internasional.

Waktu yang dilaksanakan akan berbeda dari  berbagai program paling populer di kalangan para siswa. Karena hanya digelar satu kali dalam satu tahun dan diselenggarakan seleksi, seorang siswa harus memiliki persiapan yang sangat matang. Persiapan terbaiknya adalah memahami dan mengenali soal-soal matematika dasar (SIMAK UI) agar bisa dijawab lebih mudah dan cepat.

Baca juga :  Ilmu Sejarah: Soshum Simak UI

Materi atau Pelajaran yang Diujiankan dalam SIMAK UI

Matematika Dasar (SIMAK UI)

sumber : pahamify.com/blog/pahami-fun/trivia/fakta-penting-jalur-mandiri-simak-ui-2021/

Dalam satu kali pelamaran yang dibuka, UI memiliki total bangku atau posisi untuk menjadi mahasiswanya. Ingin menguasai tes dan berhasil lolos? Masing-masing peserta harus tau terlebih dahulu mater apa saja yang akan diujiankan.

  • Kemampuan IPA : bagi pelamar (siswa) dari jurusan IPA terdapat tes matematika IPA, kimia, fisika, dan biologi.
  • Kemampuan IPS : bagi pelamar (siswa) dari jurusan IPS terdapat tes sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi. Untuk peserta IPC akan mengikuti tes kemampuan IPA dan IPS.
  • Kemampuan dasar : tapi untuk kedua pelamar dari jurusan IPA dan IPS tetap akan menerima tes kemampuan dasar yang terdiri dari Matematika dasar (SIMAK UI), Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Tidak ada cara untuk menghindari salah satu materi yang paling tidak disukai banyak siswa yaitu Matematika. Dimana, semua pelamar akan menghadapi hitungan-hitungan yang tampaknya menjlimet dan membuat pusing kebanyakan siswa. Jangan pantang menyerah, tentu saja Anda bisa mempersiapkan diri dengan melatih diri membahas soal-soal Matematika Dasar tersebut.

Bahas Lengkap Prediksi Soal Matematika Dasar (SIMAK UI)

Matematika Dasar )SIMAK UI

sumber foto : pahamify.com/blog/pahami-materi/latihan-soal/contoh-soal-simak-ui-matematika-dasar-dan-pembahasannya/

Karena tidak dapat dihindari, maka Anda harus mempersiapkannya secara matang. Menjawab soal akan mempengaruhi skor, karena itu jawablah dengan benar. Terdapat 15 soal Matematika yang muncul dalam tes Kemampuan Dasar SIMAK UI. Bagaimana prediksi soalnya? Yuk coba bahas bareng-bareng beberapa contohnya!

1. Soal Persamaan Kuadrat

  1. Diketahui f(x)= 2x-1. Jika (f(x))2 – 3f(x) + 2 = 0 memiliki akar-akar x1 dan x2 dengan x1 < x2, persamaan kuadrat yang akar-akarnya x1 + 2 dan x2 – 2 adalah …

a. 2x2 – 3x + 5

b. 2x2 – 3x – 5

Baca juga :  Informasi Cara Pendaftaran SIMAK UI

c. 2x2 – 3x – 3

d. 2x2 – 3x + 3

e. 2x2 + 3x – 3

Pembahasan soal.

Misal, y = f(x) = 2x-1

y2 – 3y + 2 = 0

(y-1) (y-2) = 0

Y = 1 atau y =2

2x-1 = 1 atau 2x-1 = 2

2x = 2    atau 2x = 3

x = 1      atau   x = 3/2

karena x1 < x2, maka, x1 = 1 atau x2 = 3/2

x1’= x1 + 2

= 1 + 2 = 3

X2’= x2 – 2

= 3/2 – 2 = -1/2

Maka persamaan kuadrat dari soal matematika dasar (SIMAK UI)

(x-3) (X –(-1/2) = 0

(x – 3) (x + ½) = 0

Jawabannya adalah C. 2x2 – 5x – 3

2. Soal Aritmatika

  1. 1 -3 + 5 + 7 – 9 + 11 + 13 – 15 + 17 … + 193 – 195 + 197 = …

a. 3399

b. 3366

c. 3333

d. 3267

e. 3266

Soal tambah dan kurang diatas terlihat mudah dan sepele, tetapi perlu diketahui ini cukup banyak jika dilakukan penjumlahan dan pengurangan satu per satu. Waktu akan habis hanya untuk menjawab satu soal. Disinilah pentingnya diketahui trik cepat menjawab soal.

Pembahasan soal.

Kelompokkan barisan aritmatika menjadi sebagian penjumlahan.

= (1 – 3 + 5) + (7 – 9 + 11) + (13 – 15 + 17) + … + (193 – 195 + 197)

= 3 + 9 + 15 + … + 195

Setelah dilakukan pengelompokkan jelas terlihat adanya barisan dengan suku pertama a = 3, dan beda b = 6. Maka dari itu,

Un = a + (n -1)b

195 = 3 + (n – 1)6

192 = (n – 1)6

N = 33

Oleh karena itu, terdapat jumlah barisan aritmatika yaitu Sn = n/2 (a + Un) = 33/2 (3 + 195) = 3267.

Sehingga jawaban yang benar adalah D. 3267

3. Soal Sifat Akar dan Diskriminan

  1. Terdapat persamaan kuadrat dengan f(x) = ax2 + bx + c. Untuk nila a, b, c adalah bilangan bulat dan tidak nol. Adapun pernyataan di bawah ini yang tidak akan mungkin terjadi adalah …
Baca juga :  Struktur Sosial, Differensiasi, Stratifikasi: Soshum SIMAK UI

a. F(x) memiliki dua akar rasional

b. F(x) memiliki hanya satu akar irrasional

c. F(x) memiliki hanya satu akar rasional

d. F(x) memiliki hanya satu akar negatif

e. F(x) tidak memiliki akar bilangan real

Pembahasan soal.

Terdapat sifat akar dan diskriminan, yaitu

  • Dimana D = K2, maka untuk 2 akar rasional (k dinyatakan dengan bilangan bulat)
  • Dimana D = 0, maka aka nada 1 akar rasional
  • Dimana D < 0, maka tidak akan memiliki akar bilangan riil atau imajinernya
  • Dimana D = 0, b > 0, a < 0, maka akan ada 1 akar negatif
  • Dimana D tidak sama dengan K2, maka aka nada 2 akar irasional.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa jawaban soal matematika dasar (SIMAK UI) yang benar adalah B. F(x) memiliki hanya satu akar irrasional.

Untuk mendapatkan prediksi soal Matematika dasar lebih lanjut, membahas dan mendapatkan trik-trik cepat serta jitu bisa dengan mengikuti bimbingan. Yuk asah terus kemampuan menjawab cepat dan mudah setiap soal agar persiapan semakin matang lagi dengan mengikuti program bimbel SIMAK UI by Latis Education. Dijamin deh pengajarnya sudah sangat profesional dan berpengalaman untuk semua soalnya.

Pasti impian besar masuk Universitas Indonesia bisa diwujudkan, karena kini soal sesulit Matematika sekalipun bisa di tuntaskan. Ada banyak program yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan Anda. Kunjungi segera website resmi www.simakui.id untuk dapatkan berbagai informasi dan pembahasan mudah dari matematika dasar (SIMAK UI) serta materi lainnya dan testimoni dari banyak siswa yang telah berhasil lolos atau dengan nomor 087781609961.

sumber referensi :

https://pahamify.com/blog/pahami-materi/latihan-soal/contoh-soal-simak-ui-matematika-dasar-dan-pembahasannya/

https://simak.ui.ac.id/tentang-simak.html

Lihat juga Perbandingan Kecepatan, Jarak, Waktu, Bunga : Tes Potensi Skolastik

banner simak ui

2 thoughts on “Prediksi Soal Matematika Dasar (SIMAK UI) Dalam Tes Kemampuan Dasar”

  1. Pingback: Operasi Dasar Matriks, Soal & Pembahasan | Matematika Kelas 11 SMA

  2. Pingback: Turunan Fungsi Aljabar, Soal & Pembahasan | Matematika Kelas 11 SMA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.