jurusan di ui yang peminatnya sedikit

Ini Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit, Patut Dicoba!

Membuat rencana untuk masuk ke kampus terkeren di Indonesia? Siapa takut? Semua orang berhak atas mimpi terbaik yang disiapkannya! Salah satunya bisa menjalani pendidikan lanjut alias kuliah di kampus sekeren UI. Tetapi tidak sedikit pelamar lupa melihat berbagai peluang lain, seperti mencoba jurusan di UI yang peminatnya sedikit.

Berlomba-lomba masuk ke jurusan mentereng, tetapi lupa bahwa saingannya ada banyak. Belum lagi persiapannya masih kurang untuk mengalahkan pesaing lainnya. Eits, ini bukan untuk menjatuhkan mimpi, karena ada cara lain untuk bisa berkuliah di UI loh. Beberapa jurusan bisa menjadi pilihan yang memberikan peluang lebih besar untuk Anda.

Baca juga : Total Passing Grade di Kampus Universitas Indonesia

Fakultas dan Jurusan di Kampus Universitas Indonesia

Jurusan di UI

sumber gambar : pahamify.com/blog/pahami-fun/trivia/fakta-penting-jalur-mandiri-simak-ui-2021/

UI merupakan singkatan dari Universitas Indonesia dan salah satu bagian dari PTN alias Perguruan Tinggi Negeri. Tentu saja PTN menjadi tujuan utama bagi para siswa lulusan SMA untuk melanjutkan studinya. Dari berbagai seleksi yang ditempuh seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing kampus, UI masih menjadi favorit.

Masing-masing siswa memiliki strategi dan tipsnya masing-masing untuk bisa lolos menjadi salah satu mahasiswa dan mahasiswi di kampus UI. Mengasah kemampuan adalah salah satu jalannya. Terlebih lagi, seorang siswa juga harus melihat peluang dari setiap jurusan di kampus UI. Ada hal yang harus disesuaikan dan dilaraskan, misalnya memilih jurusan di UI paling sedikit peminatnya.

Ini bisa menjadi alternatif yang tepat dan peluang lolosnya juga semakin besar. Sebagai kampus terfavorit, UI juga menyediakan banyak sekali jurusan di masing-masing fakultas. Disini Anda bisa melihat seberapa besar peminat dari sebuah jurusan yang akan dipilih saat mendaftar. Fakultas yang ada di UI yaitu sebagai berikut.

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
  4. Fakultas Farmasi
  5. Fakultas Ilmu Komputer
  6. Fakultas Ilmu Keperawatan
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Kedokteran Gigi
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  11. Fakultas Psikologi
  12. Fakultas Teknik
  13. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
  14. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  15. Fakultas Pendidikan Vokasi

Dari ke-15 fakultas yang ada di UI, maka jurusan dari fakultas terfavorit untuk Saintek dan Soshum adalah Aktuaria dan Ilmu Komunikasi. Anda bisa pertimbangkan seberapa besar peluang masuk pada jurusan satu ini. Oleh karena itu, lebih baik untuk mengenal jurusan dengan peminat yang lebih sedikit di UI.

Baca juga : 10 Jurusan UI yang Paling Banyak Diminati

Daftar Urutan Jurusan di UI Jarang Diminati Orang

Jurusan di UI

sumber gambar : pahamify.com/blog/pahami-fun/trivia/daya-tampung-vokasi-simak-ui-2021/

Di kampus ternama juga orang-orang tidak boleh lupa ada beberapa jurusan yang kurang diminati. Agar tetap bisa menjadi salah satu mahasiswa di kampus sekeren UI, maka jurusan dibawah ini boleh dikulik-kulik untuk pilihan jurusan kuliah Anda.

1.      Geografi UI

Jarang dikenal sebagai salah satu jurusan yang paling diincar oleh siswa-siswi SMA, ternyata Geografi juga tidak kalah keren loh. Di Universitas Indonesia sendiri, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal tentang oseanografi sampai geografi penduduk. Hal-hal yang jarang sekali orang lain ketahui saat ini ternyata bisa menjadi ilmu kuliah.

Bagi siswa siswi yang akan memilih jurusan di UI ini harus tahu daya tampungnya pada setiap jalur masuk. Untuk pelamar dengan jalur SNMPTN, maka daya tampungnya ada 20 dengan persentase keketatan di tahun sebelumnya yaitu 15.50%. Sementara jalur SBMPTN setidaknya ada 198 pendaftar untuk 30 yang dipilih, artinya ada sekitar 15,66% keketatan. Terakhir dari jalur SIMAK UI, daya tampungnya 50 dengan jumlah pelamar mencapai 1347. Ini artinya persentase keketatannya 3,71%.

2.      Fisika UI

Pasti sering kesal sama pelajaran satu ini ketika di sekolah? Eits, bagi para pecinta ilmu Fisika, yuk coba pilih jurusan yang peminatnya hanya sedikit ini. Fisika di UI akan masuk pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alias FMIPA seperti Geografi tadi. Sementara untuk tingkat keketatan dan daya tampung jurusan di UI satu ini pada setiap jalur adalah sebagai berikut.

  • SNMPTN 17.24% : daya tampung 20, jumlah pendaftar 116
  • SBMPTN 12,61% : daya tampung 30, jumlah pendaftar 238
  • SIMAK UI 4,44% : daya tamping 50, jumlah pendaftar 1125

3.      Kimia UI

Masih dengan jurusan dari fakultas MIPA, yuk coba cek jurusan di UI satu ini yang juga sedikit peminatnya. Pasti ada dari kalian yang ternyata sangat jatuh cinta dengan pelajaran Kimia. Mumpung sepi peminat, jangan takut untuk mencobanya. Mata kuliah yang akan dipelajari dari jurusan ini seperti kimia kuantum, kimia organik fisik, dan mineral alumina silika. Tentu masih ada banyak pelajaran lainnya yang tidak kalah seru untuk dipelajari. Adapun daya tampung dan keketatannya yaitu.

baca juga : 7 Jurusan UI yang Sepi Peminat

  • SNMPTN 12,99% : daya tampung 20, jumlah pendaftar 154
  • SBMPTN 11,19% : daya tampung 30, jumlah pendaftar 268
  • SIMAK UI 2,65% : daya tampung 50, jumlah pendaftar 1888

4.      Geofisika UI

Beda Geografi, beda pula Geofisika. Lalu, apa jurusan satu ini gabungan dari kedua jurusan tersebut? Secara dasar mungkin bisa dikategorikan sebagai ilmu gabungan dua jurusan, karena akan mempelajari ilmu dasar seperti Fisika, Geologi, Kimia, Matematika, Komputasi, dan Statistika. Ya, masih berhubungan dengan Matematika dan Ilmu Pengetahuan seperti ketiga jurusan diatas.

Jadi bedanya apa dong? Kebutuhan seorang ahli geofisika adalah pada perusahaan yang bergerak di bidang energi dan pertambangan. Bisa dipastikan bahwa sebenarnya jurusan ini masa depannya sangat dibutuhkan loh. Bisa juga diartikan sebagai seorang peneliti dalam pemahaman proses yang terjadi di bumi. Wah, keren dan patut dicoba nih, jurusan di UI ini memiliki daya tampung yaitu.

  • SNMPTN 15,38% : daya tampung 12, jumlah pendaftar 78
  • SBMPTN 13,74% : daya tampung 18, jumlah pendaftar 131
  • SIMAK UI 6,22% : daya tampung 30, jumlah pendaftar 482

5.      Biologi UI

Di peringkat kelima dan terakhir yang akan dibahas ada jurusan Biologi UI dan masih dari FMIPA. Ada banyak sekali materi menarik yang akan dipelajari saat menjadi mahasiswa Biologi UI loh. Biasanya para pecinta ilmu IPA akan tergiur dengan ilmu seperti struktur dan fungsi hewan, keanekaragaman mikroorganisme, dan materi atau pelajaran lainnya. Mau tahu daya tampungnya?

  • SNMPTN 13,42% : daya tampung 20, jumlah pendaftar 149
  • SBMPTN 10,58% : daya tampung 30, jumlah pendaftar 293
  • SIMAK UI 2,50% : daya tampung 50, jumlah pendaftar 2083

Gimana? Pasti sudah tidak sabar untuk menjadi mahasiswa UI dengan pilihan jurusan di UI yang sedikit peminatnya kan? Anda bisa mempersiapkan semuanya dari sekarang dengan memilih program bimbingan di www.simakui.id loh. Disini semua program akan disesuaikan dengan kebutuhan dari para siswa yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Indonesia. Jika ingin respon lebih cepat, hubungi nomor 087781609961 untuk seluruh informasi yang dibutuhkan.

Lihat juga 5 Tanda Anda Cocok Jurusan Kedokteran

Referensi :

www.gramedia.com/pendidikan/universitas/universitas-indonesia-ui/

www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/jurusan-paling-tidak-dilirik-alias-sepi-peminat-di-sbmptn-ui-15671/

banner simak ui

1 thought on “Ini Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit, Patut Dicoba!”

  1. Pingback: Soal CPNS TWK untuk Tes SKD 2021 - Bimbel CPNS Terbaik Di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.