privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
Jurusan di UI

Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPA Paling Populer

Indonesia memiliki banyak sekali universitas dan sekolah tinggi untuk meluluskan para mahasiswa siap kerja. Tetapi dari sekian banyak kampus, ada beberapa yang jadi favorit siswa-siswi di Indonesia. Apalagi kalau bukan Universitas Indonesia sebagai salah satunya? Punya keinginan bisa masuk salah satu jurusan di UI untuk anak IPA, yuk kenalan dulu ada jurusan apa saja!

Universitas Indonesia atau lebih sering dikenal dengan sebutan UI merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Lokasinya ada di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Jurusannya sangat lengkap dan harus dikenali terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan. Anak IPA mempunya kebebasan untuk memilih jurusan apa saja melalui berbagai jalur, tapi jurusan khusus IPA akan dibahas disini.

Jurusan di UI Bidang Komputer dan Teknologi

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik-Programmer

Siapa yang di zaman seperti sekarang ini tidak kenal dengan komputer dan teknologi? Bidang satu ini kini diincar oleh banyak orang, karena disebut memiliki masa depan yang cerah. Oleh karena itu, yuk lihat daftar jurusan untuk anak IPA yang ada di Universitas Indonesia.

Baca juga : 10 Jurusan UI yang Paling Banyak Diminati

1.      Jurusan Ilmu Komputer

Kemajuan teknologi yang sangat pesat mengubah banyak hal beberapa tahun ke belakang. Karena itu, kini jurusan di bidang ilmu komputer dan teknologi semakin banyak diminati. Tidak heran bila anak IPA harus menjadikan Ilmu Komputer sebagai salah satu jurusan di UI. Agar lebih pasti jadi mahasiswa Ilmu Komputer, lebih baik untuk mempelajari mata kuliahnya terlebih dahulu. Misalnya tahu seputar Dasar Pemrograman, Keamanan Informasi, sampai Kecerdasan Buatan.

2.      Jurusan Sistem Informasi

Masih seputar bidang komputer dan teknologi, ada jurusan Sistem Informasi yang akan membahas materi seperti Basis Data, Sistem Informasi, dan Jaringan Komputer. Pastinya disini akan ada mata kuliah pilihan yang ditawarkan. Sehingga ilmu seputar sistem informasi dan pemrograman web akan dijelaskan. Cocok untuk para siswa siswi yang ingin mengembangkan web di masa mendatang.

Baca juga :  Pengertian Majas Simile Lengkap Beserta Contohnya

Jurusan di UI Bidang Teknik

Jurusan di UI

Sumber gambar : freepik.com/vectors/engineer-helmet

Jika sudah melihat beragam jurusan di bidang komputer dan teknologi, sekarang berpindah ke bidang teknik. Jurusan yang sering disebut sebagai gudangnya laki-laki, tapi tetap bisa jadi pilihan untuk para perempuan juga. Ada jurusan apa sajakah di bidang Teknik UI?

1.      Teknik Metalurgi dan Material

Salah satu jurusan di UI yang tidak dimiliki banyak kampus lainnya adalah Teknik Metalurgi dan Material. Bidang ilmu keteknikan ini akan mendalami proses dari pengolahan mineral, penguatan logam, dan lain sebagainya. Jurusan untuk anak IPA satu ini boleh dipertimbangkan ketika membuat pilihan jurusan saat seleksi.

Baca juga : 10 Jurusan dengan Minat Terbanyak di SBMPTN

2.      Teknik Sipil

Berkaitan erat dengan proses pembangunan infrastruktur dan rancangan pembangunan. Disini para mahasiswa diharuskan untuk bisa menggambar dalam banyak mata kuliah, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD. Rancangan bangunan gedung, jalan raya, sampai jembatan akan dipelajari setiap perhitungannya.

3.      Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri akan mempelajari banyak hal dari mesin manufaktur dan sistem manajemen di sebuah industri, Paling banyak diincar saat diadakan seleksi dari Universitas Indonesia. Terlihat jelas bahwa prospek kerja bagi lulusan Teknik Industri sangat luas. Bisa bekerja di divisi spesialis Teknik Industri dan lain sebagainya. Adapun persentase keketatan untuk jurusan satu ini adalah 4,91%.

4.      Teknik Lingkungan

Ingin belajar untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bebas penyakit? Salah satu jurusan di UI ini akan membantu mewujudkan keinginan tersebut, yaitu Teknik Lingkungan. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di banyak tempat, seperti fokus bagian petrokimia, pertambangan, minyak, dan sebagainya. Menarik sekali bukan melihat prospek kerja dari Teknik Lingkungan ini? Setidaknya ada 8,05% nilai keketatan di tahun sebelumnya pada seleksi SNMPTN.

Baca juga :  Sejarah Berdirinya Universitas Indonesia

5.      Teknik Perkapalan

Pelajaran yang mendalami ilmu perkapalan dan dunia maritim secara garis besar bisa didapatkan dari jurusan Teknik Perkapalan. Jurusan di UI bagian teknik ini juga tidak kalah populer bagi para pelamar melalui berbagai jalur. Mata kuliahnya akan bersinggungan dengan mengambar dan komputasi teknik. Keseruan belajar di jurusan ini juga ada di mata kuliah keahliannya seperti Mekanika Fluida Dasar Kapal.

Jurusan di UI Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jurusan di UI

Sumber gambar : Freepik-Scientist

Jika merasa dari tadi jurusan yang dipilih kebanyakan jurusan sulit dan banyak hitungannya, sekarang ada jurusan untuk bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam. Di Universitas Indonesia sendiri ada dua jurusan terpopuler yang bisa jadi pilihan kuliah.

1.      Jurusan Biologi

Jurusan yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, karena saat SMA sudah dipelajari. Tentu saja ini menjadi jurusan yang lebih lanjut ilmu pendidikannya. Ada banyak materi yang akan dibahas, baik mengenai manusia, hewan, sampai alam sekitar. Persentase keketatan jurusan di UI ini yaitu 13,42% pada tahun 2021. Sehingga terbilang cukup ketat di bidang MIPA.

2.      Jurusan Matematika

Jurusan kedua dengan persentase keketatan mencapai 6,42% agar para pendaftar bisa menjadi salah satu mahasiswa ini. Matematika disini akan membahas campuran antara Matematika murni dan aplikasi. Ada juga materi kuliah yang menarik seperti Algoritma dan Pemrograman, serta membuktikan rumus-rumus waktu pelajaran di sekolah.

Baca juga : Daftar Biaya Mahasiswa UI 2021 S1 Reguler

Jurusan di UI Bidang Kesehatan

Jurusan di UI

Sumber Gambar : Freepik-Doctor

Nah, ini dia jurusan yang paling digemari para perempuan dan dijuluki jurusan mahal di UI. Yap! Jurusan bagian kesehatan dengan dua yang menjadi favoritnya. Tentu selain kedua jurusan ini ada pilihan lainnya yang bisa dipilih oleh anak IPA.

Baca juga :  Tata Cara Melakukan Pendaftaran untuk SIMAK UI

1.      Jurusan Pendidikan Dokter

Banyak sekali siswa siswi di Indonesia yang memiliki impian untuk menjadi seorang dokter. Karena jasa dokter sangat besar untuk menyembuhkan orang sakit. Dengan biaya yang terbilang sangat mahal, Pendidikan Dokter menjadi jurusan di UI terpopuler di bidang kesehatan bahkan dari seluruh jurusan bagi anak IPA. Adapun persentase keketatannya mencapai 3,06%, pelamar 1177, serta daya tampungnya hanya 36 orang untuk jalur SNMPTN.

2.      Jurusan Pendidikan Dokter Gigi

Masih seputar kuliah kedokteran, kali ini Pendidikan Dokter Gigi menduduki peringkat kedua terfavorit di UI. Kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian terpenting dari tubuh manusia juga loh. Karena itu, jurusan kedokteran gigi akan mempelajari Oral Biologi, Konservasi Gigi, dan banyak lainnya.

Lihat juga Intip Rincian Biaya Kedokteran UI di Sini!

Yuk persiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa menjadi bagian dari salah satu jurusan di UI bagi anak IPA terpopuler ini. Persiapan mental dan ilmu adalah sebuah keharusan bagi seluruh pelamar. Tidak cukup dengan belajar mandiri di rumah, kini bimbingan belajar SIMAK UI bantu mempersiapkan diri setiap pelamar. Pilih bimbingan yang dibutuhkan dan tersedia di www.simakui.id atau menghubungi nomor 087781609961. Yuk segera daftarkan diri sekarang juga!

Referensi:

budosen.id

simak.ui.ac.id/reguler.html

banner simak ui

1 thought on “Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPA Paling Populer”

  1. Pingback: Ini Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPS Terfavorit, Pilih Mana?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.