PTN

Bingung Kuliah Dimana? Ini Perbedaan PTN dan PTS di Indonesia!

Mengenyam bangku pendidikan setinggi-tingginya sudah menjadi sebuah kewajiban yang diberikan orang tua kepada anaknya. Harus kuliah di jurusan dan tempat terbaik menjadi tantangan yang sangat besar dengan persaingan ketat saat ini. Akhirnya membuat calon mahasiswa menjadi bingung memilih PTN atau PTS. Tentu saja ada perbedaan diantara keduanya yang menjadi kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Akan sangat sulit dijawab oleh para siswa yang saat ini duduk di kelas 3 SMA untuk pertanyaan memilih kedua perguruan tinggi tersebut. Ini disebabkan karena kurangnya wawasan dan pemahaman mengenai perbedaan keduanya dan akhirnya memilih PTN alias Perguruan Tinggi Negeri dianggap lebih membanggakan. Setidaknya ada 5 perbedaan antara Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ini.

Baca juga : Mengenal SNMPTN, Jalur Mudah untuk Masuk ke Perguruan Tinggi

Perbedaan PTN dan PTS: Pengelolaan dan Koordinasi

ptn

Sumber gambar : Freepik – College

Hal pertama yang seharusnya banyak di highlight atau menjadi fokus oleh para calon mahasiswa adalah pengelolaan dan koordinasi diantara keduanya. Ada banyak sekali universitas dan kampus negeri milik negara dan umumnya dibiayai menggunakan kas negara. Akhirnya pengelolaan dan koordinasi menjadi lebih baik.

Pihak yang menanggung jawabi hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jauh berbeda dengan Perguruan Tinggi Swasta alias PTS yang dikelola secara mandiri oleh pihak swasta. Para pengelola kampus swasta biasanya oleh lembaga atau organisasi besar yang tergabung dalam Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta). Setiap daerah akan memiliki Kopertisnya masing-masing yang memiliki kampus dibawah naungannya.

Perbedaan PTN dan PTS: Jalur Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (Seleksi Masuk)

ptn

Sumber gambar : Freepik – College Test

Tidak sedikit calon mahasiswa yang hanya mengenal beberapa jalur penerimaan atau seleksi masuk saja. Dimana ini menjadi perbedaan yang jelas-jelas signifikan terhadap keduanya. Wajar saja jika masih banyak calon mahasiswa yang kebingungan memilih ingin kuliah dimana. Khususnya untuk PTN, akan memiliki tiga cara atau seleksi masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Jika ada kebijakan-kebijakan seleksi masuk lainnya juga sudah diawasi oleh badan-badan resmi. Dimana setiap jalur tersebut memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi dan berbeda-beda jadwalnya. Sementara itu, bagi kampus swasta hanya memiliki tes yang dilaksanakan dan ditetapkan oleh lembaga pendidikan masing-masing.

Baca juga : Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

Biasanya bisa juga disebut sebagai jalur Mandiri seperti yang dilakukan oleh kampus-kampus negeri. Hanya saja, ini akan dilakukan melalui beberapa gelombang untuk menyaring calon-calon yang terbaik dari seluruh penjuru.

Perbedaan PTN dan PTS: Biaya Pendidikan

ptn

Sumber gambar : Freepik – College Cost

Siapa yang tidak pernah mendengar bahwa kebanyakan kampus swasta alias PTS memiliki biaya pendidikan lebih mahal dibandingkan negeri. Jelas bahwa ini dilatarbelakangi oleh pihak yang bertanggung jawab didalamnya. Artinya kampus swasta yang tidak ditanggung jawabi oleh pemerintah tidak diberikan biaya subsidi.

Biaya pendidikan yang ditetapkan akan sangat bergantung dengan setiap universitas dan jurusan pilihannya. Berbeda dengan PTN yang umumnya lebih murah meskipun masuk melalui jalur mandiri secara khusus ada perbedaan lebih besar. Adanya aturan yang ditetapkan untuk biaya pendidikan kampus negeri melalui pedoman dari para pemerintah Kemendikbud.

Meski jalur mandiri secara khusus lebih mahal dibandingkan jalur lainnya di kampus negeri, tetapi banyaknya beasiswa membuat biaya pendidikan lebih ringan untuk dibayarkan. Beasiswa ini yang sedikit sekali diketahui oleh calon mahasiswa hingga akhirnya semakin bingung menetapkan pilihannya, padahal target waktu sudah didepan mata.

Perbedaan PTN dan PTS: Fasilitas dan Pilihan Program Studi

ptn

Sumber gambar : Freepik – Campus Facilities

Perbedaan PTN dan PTS lainnya ada pada fasilitas dan pilihan program studi yang ditawarkan. Bagaimana tidak, jika saat ini ada begitu banyak pilihan kampus tetapi tidak mendukung fasilitas terbaik. Seringkali kampus-kampus dibuat secara sembarangan tanpa memperdulikan kenyamanan dari para mahasiswanya.

Baca juga : 10 Jurusan dengan Minat Terbanyak di SBMPTN

Baik kampus negeri maupun swasta harusnya mampu memberikan fasilitas ternyaman, lengkap, dan terbaik. Tetapi perbedaannya adalah PTS akan menyediakan fasilitas yang jauh lebih bagus. Salah satu alasannya adalah biayanya yang sudah mahal ini ditujukan untuk membangun kampus sebaik mungkin untuk menunjang pendidikan.

Sementara itu, kampus negeri lagi-lagi akan bergantung pada anggaran dari pemerintah yang umumnya tidak mampu membuat fasilitas sebaik PTS. Tidak perlu heran, karena ini sudah bukan rahasia umum lagi. Akhirnya banyak fasilitas di kampus negeri tidak sebagus dan terbatas, bahkan ada juga penyebaran fasilitas yang tidak merata pada setiap jurusan.

Tidak hanya fasilitas, ternyata ada perbedaan pada program studinya yang tidak boleh ketinggalan. Untuk kampus swasta aka nada lebih banyak, lebih beragam, dan spesifik pada jurusan kuliah atau program studinya. Misalnya, di kampus swasta ada jurusan seperti Performing Arts Communication dan Mobile Application.

Dimana jika di PTN dua jurusan ini memiliki nama yang berbeda dan kurang spesifik. Umumnya Mobile Application pada kampus negeri akan masuk dalam jurusan Teknik Informatika atau Teknik Komputer. Eits, tapi tidak perlu khawatir, meski tidak sespesifik PTS, prospek kerja lulusan kampus negeri sama luasnya, karena semua tergantung dengan nilai selama kuliah dan semangat belajar.

Perbedaan PTN dan PTS: Prospek Alumni (Lulusan)

ptn

Sumber gambar : Freepik – Graduate

Sampai saat ini pemikiran dan keyakinan bahwa para lulusan kampus negeri lebih cerah dibandingkan para kampus swasta. Akhirnya membuat peluangnya lebih sempit untuk memperoleh pekerjaan dengan alasan perbedaan ini. Keyakinan seperti ini sebenarnya tidak bisa disalahkan secara penuh, karena ada banyak faktanya.

Misalnya perusahaan besar seperti pegawai di Pertamina mayoritas dari para alumni kampus negeri yaitu Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Berbeda dengan para lulusan dari PTS yang umumnya lebih banyak masuk di perusahaan swasta besar seperti Tokopedia. Bisa saja untuk jumlah pelamar dan pekerja antara lulusan PTN dan PTS berbanding lurus, hingga akhirnya menjadi suatu pertimbangan besar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sudah ada banyak kampus swasta dan negeri yang meluluskan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya. Tetapi semakin tinggi pula para kampus negeri membuat program dan kegiatan terbaik untuk bisa bersaing bahkan sampai kancah internasional yang belakangan semakin sering didengar.

Lihat Juga Berikut Nilai Minimum untuk Masuk Fakultas Kedokteran di 7 Perguruan Tinggi Top

Jelas bahwa setiap kampus memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masin. Semua ini harus disesuaikan dengan kebutuhan oleh masing-masing calon mahasiswa. Perbedaan antara PTN dan PTS bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan. Ingin lolos pada salah satu kampus? Mulailah siapkan diri Anda sejak sekarang juga dan bergabung dengan program terbaik agar bisa lolos masuk salah satu kampus terbaik Indonesia bersama Simak UI di www.simakui.id atau hubungi ke nomor 087781609961.

Referensi :

smadwiwarna.sch.id/perbedaan-ptn-dan-pts

edukasi.kompas.com/read/2022/04/23/094324771/perbedaan-ptn-dan-pts-calon-mahasiswa-wajib-paham

banner simak ui

2 thoughts on “Bingung Kuliah Dimana? Ini Perbedaan PTN dan PTS di Indonesia!”

  1. Pingback: Urutan PTN Terbaik di Indonesia 2022, Persiapkan Dirimu!

  2. Pingback: Pilihan PTN yang Menerima SMK Ternyata Ada Banyak Loh!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.