privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
Cara masuk UI

Cara Masuk UI? Cek Alasan Masuk UI Ini Dulu!

Siapa yang tidak kenal dengan sang kampus kuning bergengsi yaitu Universitas Indonesia? Kampus yang memiliki segudang prestasi dari nasional sampai internasional. Pasti ada banyak sekali calon mahasiswa yang ingin mendapatkan cara masuk UI dengan sukses. Eits, tapi dari sekian banyak kampus, mengapa harus UI? Bagi yang belum tahu, cek alasan masuk UI ini terlebih dahulu.

Tidak hanya prestasinya yang membanggakan, letak kampus keren ini juga dekat dengan ibu kota Indonesia. Sehingga akan banyak calon mahasiswa yang bersaing keras dan mati-matian untuk mendapatkan satu kursi saja. Setiap orang pasti memiliki alasannya pribadi kenapa harus lebih berjuang masuk ke UI.

Mengenal Kampus dan Cara Masuk UI

Cara Masuk UI

Sumber Gambar : Freepik – College

Ada puluhan bahkan ratusan kampus dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang tersedia di Indonesia. Uniknya, Universitas Indonesia alias UI masih terus menjadi incaran terbanyak bahkan masuk dalam posisi 5 besar kampus favorit. Kampus ini berlokasi di perbatasan Jakarta Selatan dengan Depok, tetapi sudah masuk pada wilayah Depok.

Baca juga : Syarat Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Hampir seluruh calon mahasiswa hanya mengetahui satu lokasi kampusnya saja, ternyata ada kampus lain yang terletak di Salemba, Jakarta Pusat. Sampai saat ini, UI masih menjaga nama baiknya dengan meluluskan mahasiswa yang berprestasi. Tahukah bahwa kampus ini sudah lama berdiri dan secara resmi sudah memiliki nama Universitas Indonesia sejak tahun 1955?

Tepatnya pada tahun 1849, kampus yang sangat identik dengan warna kuning ini masih berada di bawah tangan Belanda. Wajarnya saja jika banyak calon mahasiswa yang terus berkeinginan untuk mengenakan jaket almamater kuning dari UI. Ada rasa kebanggan yang akan timbul saat memamerkannya di sosial media, lalu apa saja alasan masuk UI lainnya?

Baca juga :  3 Proses Perpindahan Kalor

Alasan Masuk UI untuk Calon Mahasiswa

cara masuk UI

Sumber gambar : Freepik – College

Masuk dan menjadi salah satu mahasiswa UI tidak bisa dianggap sepeler. Ribuan pendaftar yang menginginkan satu kursi adalah pesaing Anda. Sebelum mempersiapkan tips atau cara masuk UI terbaik agar bisa mengalahkan banyak pesaing, maka dibawah ini alasan banyak calon mahasiswa masuk kampus kuning.

1.      Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

Berdiri sejak tahun 1849 hingga hari ini, Universitas Indonesia mengajarkan mahasiswa untuk berprestasi baik di Indonesia maupun secara internasional. Tidak sedikit mahasiswa yang mampu membanggakan Indonesia untuk kejuaraan-kejuaraan secara akademik maupun non-akademik. Luarbiasanya, ini masih terus berjalan sampai hari ini. Sehingga pantas saja disebut menjadi Universitas terbaik di Indonesia.

Baca juga : Cara Daftar Simak UI (Universitas Indonesia)

2.      Kualitas Pengajar yang Kredibel

Untuk menciptakan mahasiswa terbaik dan nama besarnya, dosen atau tim pengajar adalah komponen paling penting. Ada banyak sekali kebanggaan yang dimiliki oleh mahasiswa UI yaitu pernah menerima ilmu dari para ekonom terbaik di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Bapak Dorodjatun Kuntjoro-Jakti dan Swaray Goeltom. Mendengar nama ini rasanya makin menantang untuk menemukan cara masuk UI yang terbaik bukan?

Tidak bisa dipungkiri, bahwa pengajar ini sangat kredibel dan tidak banyak orang bisa menerimanya selain mahasiswa UI. Pengalaman diajarkan oleh dosen-dosen terbaik bahkan sudah didapatkan sejak semester satu. Ini membuat para mahasiswa semakin giat belajar dan lulus sebaik mungkin untuk bisa menjadi seperti para dosen-dosen hebat dari dalam dan luar kampus.

3.      Jaringan Tersebar dan Mengakar

Latar belakang kampus yang sudah berdiri sejak lama membuat ada banyak alumni di berbagai industri. Tidak akan sulit untuk menemukan alumni-alumni UI dalam berbagai perusahaan dan ini menjadi keuntungan terbaik yang ditawarkan. Dari sini, calon mahasiswa juga bisa berdiskusi dan bertanya mengenai cara masuk UI yang dilakukan para alumni. Bisa sekaligus jadi bekal dalam mempersiapkan diri juga loh.

Baca juga :  Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

4.      Aktivitas Nasional dan Internasional (Berkesempatan untuk Exchange)

Melihat ada banyak sekali para alumni UI yang tersebar luas dan mengakar, maka bukan hal mustahil bahwa ada jaringan internasional secara luas. Bergerak dari lulusan ini, jangan heran jika menjadi mahasiswa UI akan membuka pintu untuk melakukan kegiatan bernama exchange alias pertukaran pelajar.

Menemukan banyak sekali kegiatan pertukaran pelajar dari gratisan sampai berbayar. Sudah ada ruang besar yang disediakan dan hanya perlu rajin mengikuti info dari international.ui.ac.id, maka bisa dijamin ikut kegiatan ini setidaknya sekali selama masa kuliah. Kegiatan ini akan sangat menggiurkan bagi calon mahasiswa ambis dan ingin berprestasi, sehingga mempersiapkan diri menjadi cara masuk UI yang tidak bisa disepelekan.

Baca juga : Persyaratan Simak UI, Cara Daftar, dan Jadwalnya

5.      Fasilitas dan Lingkungan Belajar yang Nyaman Serta Kompetitif

Dari tadi sepertinya hanya bahasan ilmu pengetahuan dan kegiatan terbaik dari kampus kuning yang tidak bisa dipungkiri memang sangat banyak. Tapi lupa untuk membahas fasilitas dan ruang kampus yang sangat lengkap dan nyaman. Seluruh fasilitias diberikan yang terbaik alias kelas 1. Ada ruang praktikum, ruang belajar, fasilitas ibadah dan olahraga, bahkan perpustakaannya yang juga menjadi kebanggan para mahasiswa UI.

Universitas Indonesia juga menyediakan fasilitas untuk tempat tinggal seperti asrama untuk digunakan oleh para mahasiswa tingkat satu. Jadi tidak perlu cemas jika Anda dari luar daerah saat mencari tempat tinggal. Karena kenyamanan dan fasilitas yang lengkap ini membuat para mahasiswa akhirnya lebih nyaman untuk belajar dan menjadi lebih kompetitif untuk para calon mahasiswa mencari cara masuk UI.

6.      Penerapan Budaya Belajar Terbaik

Benar jika semua Universitas akan menerapkan budaya belajar terbaiknya masing-masing. Tetapi ada yang unik dari Universitas Indonesia yaitu budaya anti menconteknya. Meski tidak semua fakultas menerapkan ini, tetapi FEB adalah salah satu bukti fakultas yang menerapkan kebijakan budaya terbaiknya. Sanksi terberat bagi mahasiswa yang ketahuan mencontek akan mendapat nilai E di semua mata kuliahnya di semester tersebut.

Baca juga :  Kerajaan Hindu Budha : Soshum SIMAK UI

Sudah kebayangkan bagaimana jika kebijakan seperti ini diterapkan dan bagi mahasiswa baru yang ketahuan menyontek di dua semester pertama bisa langsung terkena drop out. Ini karena mahasiswa tersebut tidak bisa memenuhi sks minimal untuk lulus yang sudah menjadi persyaratan di UI. Jika budaya ini terus dijalankan maka akan membuat seorang mahasiswa terbiasa jujur dan menjadi modal sangat berharga untuk menjalani kehidupan setelah lulus menjadi seorang alumni.

Lihat juga Intip Rincian Biaya Kedokteran UI di Sini!

Sampai sini pasti sudah terbayang dong mendapatkan berbagai fasilitas terbaik dan ilmu terbaik di kampus UI? Cara masuk UI yang terbaik dan paling penting untuk dijalankan setiap calon mahasiswa adalah persiapan diri sendiri. Jangan lupa bahwa ada banyak sekali pesaing yang juga ingin masuk ke kampus sekeren UI. Karena itu, yuk belajar bersama bimbingan SIMAK UI yang bisa dilihat seluruh informasinya di www.simakui.id atau menghubungi nomor 087781609961.

Referensi :

www.renesia.com

sukseskuliah.com/10-alasan-kenapa-kalian-harus-kuliah-di-ui

banner simak ui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.