privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
cara masuk UI

Bagaimana Cara Masuk UI? Ini Jenis Jalur Masuk UI!

Perguruan Tinggi Negeri yang sering disingkat dengan PTN memiliki arti sendiri di hati para siswa-siswi di Indonesia. Tentu saja beragam kampus bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan tujuannya. Faktanya, UI atau Universitas Indonesia hampir semua orang menjadikannya pilihan. Tetapi, bagaimana cara masuk UI dan ada jalur apa saja di kampus ini?

Universitas Indonesia (UI) jadi salah satu PTN terfavorit di Indonesia dengan pelamar setiap tahunnya sangat banyak dan tidak pernah sepi peminat. Kampus ini cukup dikenal dan selalu jadi idaman para calon mahasiswa. Ada beragam jalur masuk yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa dimanapun berada, namun juga ada ketentuan atau syarat berlakunya.

Cara Masuk UI: Tahap Pendaftaran

Cara masuk UI

Sumber gambar : Freepik – College Admission

Sebelum masuk pada beragam jalur yang ditawarkan oleh kampus ini, cara mendaftar juga menjadi bagian tidak kalah penting. Program pendidikan dan jurusannya yang sangat beragam membuat banyak orang tidak pantang menyerah mengerahkan segala usaha demi menjadi mahasiswa UI. Yuk, simak tahap pendaftaran yang harus dilakukan oleh seorang calon mahasiswa UI.

Baca juga : Syarat Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Tahap Pendaftaran Universitas Indonesia

  1. Pembuatan akun di situs resmi penerimaan calon mahasiswa UI. Semua jalur tentu akan menempuh tahap ini terlebih dahulu sebelum jauh melangkah. Untuk membuat akun, klik link pada teks Buat Account di bagian kanan atas situs. Lalu isilah seluruh kolom formulir yang muncul dengan benar.
  2. Mengunggah foto dengan ketentuan ukuran 4×6 cm dan berwarna. Ini dilakukan sebagai tahap menyesuaikan data pendaftar dan dilakukan sebelum pendaftaran.
  3. Melakukan pendaftaran dengan login setelah pembuatan akun. Pastikan untuk menggunakan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih menu Buat Pendaftaran untuk melanjutkan tahapnya.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran untuk memastikan pengecekan seluruh isian data formulir. Disini juga akan dilihat pilihan dari program studi calon mahasiswa apakah sudah terisi dengan benar atau belum. Perhatikan bahwa, Anda bisa melihat biaya pendidikan dengan program studi terkait pilihan pada tahap cara masuk UI satu ini.
  5. Meng-upload seluruh berkas persyaratan pendaftaran yang sudah diumumkan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka. Khusus pendaftar program D3 biasanya tidak harus menyertakan berkas pendaftaran. S2, S3, Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi, dan S1 kelas internasional yang harus menyertakannya dalam tahap pendaftaran.
  6. Membayar biaya pendaftaran akan disesuaikan dengan masing-masing jalur masuknya. Dalam tahap ini, seluruh data yang sudah diisi tidak lagi bisa diubah jika sudah membayar biaya pendaftarannya. Jadi, pastikan sudah benar semuanya.
  7. Mengunduh kartu ujian masuk setelah melakukan pembayaran dan bawalah saat akan dilangsungkannya ujian seleksi masuk.
  8. Mengikuti seluruh rangkaian ujian seleksi masuk dengan waktu yang sudah ditentukan. Pastikan hadir tepat waktu dan membawa seluruh alat kepentingan bertempur alias ujian. Jangan gugup dan lakukan dengan baik. Inilah seluruh rangkaian cara masuk UI yang harus dilakukan.
Baca juga :  Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Kimia), Soal & Pembahasannya

Beragam Jalur Masuk UI (Universitas Indonesia)

cara masuk UI

Sumber gambar : Freepik – College Exam

Seluruh tahapan pendaftaran harus berjalan dengan lancar dan baik agar tidak ada kesalahan yang bisa saja terjadi. Selanjutnya, akan dijelaskan jalur masuk UI apa saja yang ditawarkan untuk semua calon mahasiswa di Indonesia.

1.      Jalur SNMPTN

Jalur pertama sebagai cara masuk UI tentu sudah tidak asing lagi di telinga siswa-siswi di bangku SMA, MA, SMK, dan setaranya. Ini karena jalur satu ini berkaitan dengan prestasi mereka di bangku sekolah menengah. SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan dibuka serentak oleh seluruh PTN. Apa saja persyaratannya? Tentu saja nilai rapor, rekomendasi dari pihak sekolah, serta portofolio pendukung sudah bisa mendaftar.

Rekomendasi dari pihak sekolah menjadi sangat penting, karena beberapa tahun belakangan tidak semua siswa siswi diperbolehkan mengikuti tahap ini. Ada ketentuan sendiri yang sudah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan sekolah terkait. Peluang kelas yang bisa dipilih hanya reguler jenjang S1 saja loh. Belajar dengan sangat rajin sejak semester 1 sekolah menengah adalah kunci terbaiknya.

Baca juga : Persyaratan Simak UI, Cara Daftar, dan Jadwalnya

2.      Jalur SBMPTN

Selanjutnya jalur SBMPTN yang dilakukan dengan mengikuti tes tertulis. SBMPTN memiliki kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Umumnya, pesaing dari jalur ini lebih luas dan banyak, karena juga diikuti oleh siswa-siswi yang sudah lulus sekolah di tahun sebelumnya. Ini bisa menjadi sebuah jalur istimewa bagi yang belum berhasil di tahun sebelumnya.

3.      Jalur PPKB – Talent Scouting

Hampir sama dengan jalur SNMPTN, PPKB atau talent scouting juga merupakan cara masuk UI melalui undangan atau tanpa tes. PPKB adalah singkatan dari Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar untuk program vokasi alias D3 dan juga kelas pararel jenjang S1. Untuk perbedaan kelas reguler dan pararel dijelaskan secara terpisah, tetapi tidak berbeda jauh.

Baca juga :  Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial: Soshum SIMAK UI

Sayangnya, tidak semua jurusan terbuka untuk dipilih dalam jalur yang satu ini. Di UI sendiri hanya jurusan seperti Ilmu Komputer, Psikologi, Teknik Elektro, dan jurusan khusus lainnya. Uniknya lagi tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan menggunakan jalur ini. Sekolah yang dipilih tergantung dengan undangan dari UI.

4.      Jalur SIMAK UI

Jalur terakhir yang juga tidak kalah populer adalah SIMAK UI yang diselenggarakan secara mandiri oleh pihak UI. Biasanya beberapa universitas lain akan memiliki nama sendiri untuk bagian Ujian Mandiri (UM) ini. Semua calon mahasiswa yang mengikuti jalur ini terbuka untuk semua jenjang dan kelas. Kesempatan terakhir yang harus dipersiapkan dengan sangat matang oleh seluruh lulusan SMA/SMK/MA/ sederajat.

Baca juga : Cara Daftar Simak UI (Universitas Indonesia)

Ada yang unik dari jalur atau cara masuk UI satu ini, yaitu khusus kelas internasional akan mendapatkan materi ujian menggunakan Bahasa Inggris. Ini akan jadi tantangan yang lebih berat untuk membuat semua pendaftar lebih mempersiapkan diri sebaik mungkin lagi. Tidak mungkin untuk terus bersantai jika ingin masuk ke seluruh program kelas UI.

Karena ada banyak sekali pesaing dari berbagai daerah dan sekolah. Jangan tunggu besok, kini saatnya buka pikiran untuk lebih giat belajar. Anda penasaran bagaimana cara mempersiapkan semuanya sebaik mungkin? Bergabung dengan program bimbingan belajar adalah solusi tepat yang harus dijalani seorang petarung bangku kuliah Universitas Indonesia.

Lihat juga Intip Rincian Biaya Kedokteran UI di Sini!

Kini saatnya ikuti program terbaik dari SIMAK UI di www.simakui.id yang berikan seluruh testimoni dari para murid. Masuk UI tidak lagi mustahil dengan belajar bersama kami yang sudah menyesuaikan kebutuhan tes masuk dari seluruh jalur dan cara masuk UI. Hubungi nomor 087781609961 jika masih ada pertanyaan yang dengan cepat ingin dijawab.

Baca juga :  Pemahaman Sosiologi Sebagai Ilmu, Beserta Contoh Soal & Pembahasan | SOSIOLOGI SIMAK UI SOSHUM

Referensi :

penerimaan.ui.ac.id/page/registration

blog.cicil.co.id/jurusan-universitas-indonesia-dan-cara-masuknya

banner simak ui

1 thought on “Bagaimana Cara Masuk UI? Ini Jenis Jalur Masuk UI!”

  1. Pingback: Passing Grade Tertinggi SIMAK UI 2022, Mulai Siapkan Dirimu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.