bimbel masuk ui karantina ui terbaik

Kerajaan Islam: Soshum SIMAK UI

Kerajaan Islam di Indonesia tidak ubahnya dengan kerajaan Hindu Budha yang memberi banyak pengaruh pada budaya Indonesia. Ada baiknya kalian mengetahui sejarah dari kerajaan tersebut.

Daftar Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Pada abad ke 12 hingga ke 13, Islam berkembang cukup pesat di Indonesia akibat perdagangan lintas laut yang padat. Saudagar muslim masuk melalui perairan Sumatera. Lambat laun akibat perkawinan dengan pribumi, terbentuklah kerajaan-kerajaan yang memberi pengaruh. Apa saja?

1. Kerajaan Perlak (840-1292 M)

Berlokasi di Peureulak, Aceh Timur, Kerajaan Perlak atau Kesultanan Peureulak disebut sebagai kesultanan Islam pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

2. Kerajaan Ternate (1257-1950 M)

Nama lain dari kerajaan ini adalah Kerajaan Gapi. Pendirinya yaitu Baab Mashur Malamo di Maluku Utara. Kerajaan ini mempunyai pengaruh besar di antara kerajaan muslim Maluku lainnya karena perdagangan rempah-rempah dan pasukan militer yang kuat.

3. Kerajaan Samudra Pasai (1267-1521 M)

Sebagai kerajaan Islam yang paling dikenal, ternyata kerajaan Samudra Pasai kerajaan atau kesultanan Islam tertua di Lhokseumawe, Aceh Utara.

Sultan pertama sekaligus pendiri kerajaan ini adalah Sultan Malik al-Saleh di tahun 1267.

4. Kerajaan Gowa (1300-1945 M)

Berpusat di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di jazirah selatan, kerajaan Gowa mayoritasnya didiami oleh suku Makassar. 

5. Kerajaan Pagaruyung (1347-1825 M)

Kerajaan ini tergabung dalam Kerajaan Malayapura yang dipimpin oleh Adityawarman. Dari sinilah kemudian terjadi banyak pengaruh pada kehidupan Kerajaan Pagaruyung dan masyarakat Minangkabau.

6. Kesultanan Malaka (1405-1511 M)

Kerajaan muslim tidak hanya membangkitkan peradaban muslim seakan berbaur dengan Timur Tengah. Namun ternyata kerajaan ini memberi pengaruh Melayu di tanah Malaka.

Kesultanan ini didirikan oleh pangeran bernama Paramisora menurut sejarah Melayu dan Majapahit.

Baca juga :  Kerajaan Hindu Budha : Soshum SIMAK UI

Setelah berbagai macam kerajaan muslim tertua kalian ketahui, kini saatnya mengetahui kerajaan tertua yang ada di pulau Jawa.

Kerajaan Islam Tertua di Pulau Jawa

Tidak sedikit yang justru lebih mengenal kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa. Apa saja kerajaan atau kasultanan Islam tersebut?

a. Kerajaan Cirebon (1430-1677 M)

Kesultanan Cirebon didirikan oleh Nurullah atau Sunan Gunung Jati. Beliau adalah seorang Wali Songo yang berperan penting dalam menyebarkan Islam di Jawa Barat.  Lokasi Kerajaan Cirebon tepatnya di pantai utara Pulau Jawa. Sesuai dengan lokasinya yang strategis, kerajaan ini menjadi jalur perdagangan dan pelayaran penting di masa tersebut.

b. Kerajaan Demak

Berdiri pada 1478, kerajaan yang dipimpin Raden Patah menjadi pelopor penyebaran Islam di nusantara berkat dukungan para Wali Songo.

Raja- raja terkenal yang pernah memimpin di kerajaan ini yaitu Raden Fatah, Sultan Trenggono, Pati Unus, Sunan Prawata, dan Arya Penangsang.

c. Kerajaan Banten

Adapun pemimpin kerajaan ini adalah Sultan Maulana Hasanudin, anak Sunan Gunung Jati. Selain itu kerajaan ini juga pernah dipimpin Sultan Agung Tirtayasa. Berdasarkan nama-nama tersebut seolah menunjukkan jika Islam menjadi pilar untuk Kesultanan Banten. Selain itu, kerajaan ini juga menjadikan ulama memiliki peranan penting.

d. Kerajaan Pajang

Setelah kerajaan Demak runtuh, kerajaan yang berpusat di Jawa Tengah ini mengambil alih perannya. Pendirinya adalah Sultan Hadiwijaya atau yang dikenal juga dengan nama Jaka Tingkir. Nama Sultan Hadiwijaya merupakan gelar yang diberikan kepada Raja Tingkir.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Kerajaan Islam. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. supercampalumniui.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  Cara Daftar Simak UI (Universitas Indonesia)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.