tahapan setelah lulus simak ui

Tahapan Setelah Lulus SIMAK UI dan Informasi Penting Lainnya

Untuk kamu yang sudah berhasil lulus melalui jalur SIMAK UI (Universitas Indonesia), maka kamu perlu mengetahui apa itu SIMAK UI (Universitas Indonesia) dan juga tahapan setelah lulus SIMAK UI (Universitas Indonesia) berikut ini.

Apa itu SIMAK UI (Universitas Indonesia)

Simak UI (Universitas Indonesia) adalah salah satu jalur masuk yang tersedia bagi siswa lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang ingin menjadi mahasiswa UI (Universitas Indonesia)

Program pendidikan yang tersedia pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. 

Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda. Singkat nya ini merupakan jalur masuk yang diadakan sendiri oleh pihak penyelenggara UI. 

Materi SIMAK UI (Universitas Indonesia)

Salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti SIMAK UI (Universitas Indonesia) adalah mengetahui materi SIMAK UI. Apa saja materi SIMAK UI (Universitas Indonesia) yang perlu kamu ketahui? Berikut ini adalah informasinya.

  1. Tes Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  2. Materi untuk Kelas IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  3. Untuk materi kelas IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi
  4. Menulis Esai

Masing-masing materi tersebut disesuaikan dengan pemilihan Program Studi yang siswa pilih, berikut ini adalah informasi untuk program studi IPA dan program studi IPS

  1. Pemilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA
  2. Pemilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup : KD dan KS
  3. Pilih Prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC) maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA dan KS

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Setelah mengetahui apa itu SIMAK UI, materi yang perlu kamu persiapkan, kamu juga perlu mengetahui mengetahui dokumen apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk masing-masing kelas yang tersedia, dan berikut ini adalah dokumen yang perlu kamu persiapkan.

Untuk jalur SIMAK UI Profesi, Spesialis, S2, S3, S1 Ekstensi lulusan D3, dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah

  • Salinan/copy ijazah yang telah dilegalisasi
  • Salinan/copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi
    • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Dikti
    • Untuk peserta yang mencantumkan nilai TPA / TOEFL, wajib memiliki sertifikat TPA / TOEFL

Bagi peserta jalur SIMAK UI kelas paralel/vokasi maka tidak ada yang perlu kamu persiapkan

Jika kamu adalah peserta jalur SIMAK UI S1 untuk kelas internasional, maka kamu perlu mempersiapkan sertifikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5. Beberapa prodi terkadang meminta skor lebih tinggi

Tahapan Setelah Lulus SIMAK UI (Universitas Indonesia)

Setelah hasil SIMAK UI (Universitas Indonesia) mengatakan kamu lulus seleksi, maka berikut ini adalah tahapan setelah lulus SIMAK UI (Universitas Indonesia) yang perlu kamu ketahui.

Tahap 1

Konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran Konfirmasi tersebut wajib kamu lakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id tanggal 18 Agustus 2020 sampai dengan 19 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB. 

Tahap 2

Pengisian data dan pra-registrasi Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Calon mahasiswa baru yang telah memperoleh NPM (nomor pokok mahasiswa) dapat melanjutkan ke tahap pra-registrasi pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB sampai dengan 25 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB. 

Tahap 3

Pembayaran biaya pendidikan. Pembayaran biaya pendidikan kamu mulai sejak tanggal 20 sampai dengan 28 Agustus 2020. 

Tahap 4

Registrasi akademik Pada tanggal 29 Agustus 2020, calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan tahap I sampai dengan tahap III (konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran, pra-registrasi, dan melakukan pembayaran) akan teregistrasi sebagai mahasiswa baru. UI akan menganggap mahasiswa baru  mengundurkan diri apabila pada tanggal 28 Agustus 2020 belum menyelesaikan tahap I sampai dengan tahap III.

Itulah beberapa informasi penting seputar SIMAK UI (Universitas Indonesia) yang perlu kamu ketahui seperti apa itu SIMAK UI (Universitas Indonesia), materi dan dokumen yang perlu kamu persiapkan, dan juga tahapan setelah lulus SIMAK UI (Universitas Indonesia)

Bagi kamu yang berminat ingin menjadi mahasiswa UI (Universitas Indonesia) maka kamu bisa mengandalkan bimbel SIMAK UI dari Latis Education yang siap membantumu menjadi mahasiswa UI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top