bimbel masuk ui karantina ui terbaik

Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang kerap disingkat SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri di tanah air.

Jalur seleksi yang satu ini menjadi kesempatan terbesar dan paling diminati calon mahasiswa untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

SBMPTN merupakan jalur seleksi perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan secara terbuka dan menggunakan seleksi berbasis ujian tulis. Calon mahasiswa perlu mempersiapkan segala sesuatunya secara matang untuk mengikuti seleksi SBMPTN.

Jalur seleksi tersebut memiliki hasil yang terstandar dan kredibel dengan nilai individu bagi setiap peserta. Kelebihan dari jalur SBMPTN ialah memiliki kemampuan menampung peserta lulusan SMA dari dua sampai tiga tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan SBMPTN dilakukan serempak secara nasional dengan menggunakan pola ujian tertulis untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Tetapi sejak 2019 ujian tertulis pada jalur SBMPTN dilaksanakan dengan basis komputer.

jalur seleksi SBMPTN sejak tahun 2019 menggunakan hasil UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan kriteria yang telah ditetapkan bersama perguruan tinggi negeri. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri perlu mengikuti UTBK sebagai syarat utama.

Pola ujian yang diselenggarakan memiliki kenggulan serta keuntungan bagi lembaga PTN dan calon mahasiswa. Keuntungan pola ujian yang diselenggarakan memiliki kepentingan secara nasional.

kelompok ujian pada UTBK terbagi menjadi 3, yakni kelompok ujian Saintek, kelompok ujian Soshum, dan kelompok ujian campuran. Soal seputar potensi akademik, penguasaan di bidang studi dasar, soshum, dan saintek menjadi penentu keberhasilkan kemampuan menalar calon mahasiswa pada jalur SBMPTN.

Kelompok ujian Saintek akan mengerjakan materi ujian TPS dan TKA Saintek, meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Materi ujian TPS dan TKA Soshum, meliputi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi akan dikerjalan oleh kelompok ujian Soshum.

Baca juga :  13 Bidang Studi UI yang Masuk Peringkat Dunia

Sedangkan kelompok ujian campuran akan mengerjakan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Kemudian calon mahasiswa yang berminat mendaftar di Program Studi Ilmu Seni dan Keolahragaan akan mengikuti dua ujian, yakni ujian tertulis di atas dan ujian keterampilan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.