bimbel masuk ui karantina ui terbaik
globalisasi

Globalisasi, Perubahan, Permasalahan dan Ketimpangan Sosial, serta Pemberdayaan Komunitas: Soshum SIMAK UI

Globalisasi hingga masalah lainnya yang berkaitan dengan masyarakat cukup rumit untuk kita bahas. Inilah penjelasannya satu per satu karena setiap masalah tentu memiliki solusi yang berbeda.

Globalisasi: Pengertian

Menurut sosiolog Indonesia, Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama.

Hal ini akan membuat dunia semakin sempit.  Apa penyebab terjadinya hal tersebut?

  • Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa pengiriman barang keluar negeri.
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan menjamin kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.

Perubahan, Permasalahan, dan Ketimpangan Sosial

Adanya pembagian sumber informasi yang membuat dunia menyempit ini akan menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satunya di kalangan sosial. Adapun dampak positifnya adalah:

  • Komunikasi yang semakin cepat dan mudah
  • Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat
  • Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
  • Tingkat pembangun yang semakin tinggi
  • Meningkatnya turisme dan pariwisata
  • Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien

Sedangkan untuk dampak negatifnya antara lain:

  • Informasi yang tak terkendali
  • Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan
  • Munculnya sikap individualisme
  • Berkurang sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian dan kesetiakawanan
  • Perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar ketimbang perusahaan yang ada dalam negeri membuat perusahaan dalam negeri sulit berkembang
  • Berkurangnya tenaga kerja pertanian akibat dari sektor industri yang menyerap seluruh petani.
  • Budaya bangsa akan terkikis

Ketimpangan sosial yang muncul akibat mengglobalnya berbagai informasi adalah:

a. menyebabkan perekonomian hanya tumbuh di beberapa wilayah, dengan sumber daya yang dikuasai oleh golongan tertentu. Salah satu contohnya, perubahan teknologi mengakibatkan hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan atau keterampilan tertentu yang dapat terlibat dalam proses produksi. Di sisi lain, proses produksi yang dilakukan di negara lain demi alasan keamanan atau efisiensi, ada kemungkinan pemilik usaha akan memindahkan proses produksinya ke beberapa negara tertentu saja. Terakhir, perubahan kebijakan pemerintah, misalnya dihilangkannya subsidi juga dapat mengancam ekonomi kelompok-kelompok tertentu.

Baca juga :  Ilmu Sosiologi dan Penelitian Sosial: Soshum Simak UI

b. Adanya dominasi ekonomi negara maju terhadap negara lainnya berdampak pada dominasi di bidang politik. Misalnya Amerika Serikat yang didulang menjadi negara superpower memberikan pengaruh pada negara-negara lain dari segi kebijakan.

c. Menimbulkan dampak westernisasi yang berakibat terkikisnya budaya lokal, contohnya pada permasalahan bahasa.

Pemberdayaan Komunitas

Istilah komunitas berkaitan dengan banyak fenomena, pola penafsiran, dan juga asosiasi.terjadi banyak kerancuan makna tentang istilah komunitas yang telah melampaui batas pengertian pertamanya yang lazim digunakan oleh para sosiolog. Komunitas biasanya merujuk pada suatu kelompok lingkungan yang para anggotanya menghuni ruang fisik atau wilayah geografik yang sama di lingkungan tetangga, desa, atau, kota. Komunitas juga diartikan sebagai suatu kelompok yang anggotanya memiliki ciri-ciri serupa, yang biasanya di himpun oleh suatu rasa memiliki atau bias pula oleh ikatan dan interaksi social tertentu yang menjadikan kelompok itu sebagai suatu entitas social tersendiri. Contohnya suatu suku bangsa atau kelompok etnik, kaum beragama tertentu, kalangan akademik, atau komunitas professional.

Perubahan sosial dan globalisasi mendorong munculnya frasa pengembangan komunitas yang biasanya digunakan untuk menyebut proyek-proyek pengembangan suatu daerah yang menyertakan keterlibatan aktif pada penduduknya. Proyek-proyek itu bias dalam bidang pendidikan, kesejahteraan social, kesehatan, pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, sumur umum, jaringan irigasi, perbaikan sarana pertanian, peningkatan fasilitas manufaktur, atau pembinaan kegiatan komersial.

Pengembangan komunitas dalam era globalisasi tidak lagi dibatasi pada wilayah-wilayah territorial yang bersifat local. Misalnya dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan material atau kehidupan ekonomi, akan memunculkan keadaan dimana segenap aspek ekonomi, pasokan dan permintaan bahan mentah, informasi dan transformasi tenaga kerja, distribusi hasil produksi atau kegiatan pemasaran menyatu atau terintegrasi dan kian terjalin dalam hubungan saling ketergantungan yang berskala luas (dunia).

Baca juga :  Nasionalisme Asia Afrika, Peristiwa Mutakhir, Kerja Sama Internasional: Soshum SIMAK UI

Nah, itu dia penjelasan mengenai Globalisasi, penyimpangan sosial, dan komunitas. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.