cara daftar ulang simak ui

Empat Tahap Cara Daftar Ulang SIMAK UI

SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan oleh UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Mulai dari jenjang pendidikan D3,D4 dan juga S1,S2,S3 ( sarjana, magister dan doktor). 

Ada sebanyak empat tahap daftar ulang yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa baru UI. Jika salah satu tahap tidak diselesaikan, peserta dinyatakan mengundurkan diri. Tahapan registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021 Berikut ini rangkuman dari Instagram UI tentang tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021. 

Tahap 1

Konfirmasi pilihan kelas dan permohonan mekanisme pengajuan pembayaran Peserta pada tahap ini bisa memilih besaran biaya pendidikan. Tahap konfirmasi pemilihan kelas dan pengajuan pembayaran bisa dilakukan mulai tanggal 14-18 Juni 2021.  

Peserta wajib melaksanakan konfirmasi dengan cara login di laman http://penerimaan.ui.ac.id. 

Pilihan pembayaran biaya kuliah untuk S1 reguler dibagi menjadi dua, diantaranya: 

  1. BOP-Berkeadilan Terdapat 6 kelas pada pilihan yaitu Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dan Kelas 6. Pilihan pembayaran ini dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. 
  2. BOP-Pilihan Pilihan ini merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan seusia dengan kemauan bayar dimana merupakan kesempatan kontribusi bagi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa.  Ada 5 kelas di BOP-Pilihan diantaranya adalah Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, dan Kelas 5. 

Tahap 2

Tahap cara daftar ulang SIMAK UI selanjutnya adalah pengisian data dan pra-registrasi bagi calon mahasiswa, dan informasinya adalah sebagai berikut

  1. Calon mahasiswa baru yang telah mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dapat mengajukan Pra-Registrasi pada tanggal 14-24 Juni 22021. 
  2. Pra-registrasi dilakukan pada laman http://pra-registrasi.ui.ac.id. Peserta melakukan login menggunakan NPM yang telah diperoleh dan pilihan program studi.
  3. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai. 
  4. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat melengkapi isian pada laman pra-registrasi dinyatakan tidak menyelesaikan tahap pengisian data pra-registrasi. 

Tahap 3

Tahap selanjutnya adalah pembayaran biaya pendidikan. Pastikan kamu telah mengetahui NPM dan melakukan beberapa hal berikut ini 

  1. Bagi yang memilih BOP-PIlihan, dapat melakukan pembayaran sesuai pilihannya.
    Sedangkan pemilih BOP-Berkeadilan dan alon program KIP Kuliah dapat menyesuai dengan jadwal pengumuman dan penetapan BOP-Berkeadilan dan pengumuman KIP Kuliah pada laman penerimaan.ui.ac.id.  
  2. Pembayaran biaya pendidikan bisa dilakukan mulai tanggal 14-24 Juni 2021.
  3. Pembayaran biaya pendidikan bisa dilakukan melalui Bank mitra UI yaitu Bank BNI, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Bank Bukopin, Bank BTN, Bank mandiri, dan Bank BRI.  
  4. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun jika calon mahasiswa baru mengundurkan diri 
  5. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa program S1 reguler tidak dapat dialihkan untuk pembayaran BP mahasiswa lain dan/atau jenjang/program pendidikan/jalur masuk lain.

Tahap 4

Tahap terakhir untuk cara daftar ulang SIMAK UI adalah registrasi akademik, dan berikut ini adalah informasinya

  1. Pada tanggal 25 Juni 2021 calon mahasiswa baru sudah menyelesaikan Tahap 1 dan tahap 3 akan diregistrasi sebagai mahasiswa baru.
  2. Bagi pemilih BOP-Berkeadilan dan calon program KIP Kuliah wajib menyelesaikan tahap 3 sesuai dengan periode yang telah ditentukan. 
  3. Calon mahasiswa dinyatakan mengundurkan diri apabila pada tanggal 24 Juni 20221 belum menyelesaikan Tahap 1 dan Tahap 2.  Informasi tentang tahapan registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021 bisa dilihat pada akun masing-masing di laman http://penerimaan.ui.ac.id/

Itulah tahapan-tahapan cara daftar ulang SIMAK UI yang harus kamu ikuti jika kamu lolos menjadi mahasiswa UI melalui jalur SIMAK UI. Bagi kamu yang belum beruntung, kamu bisa mengandalkan bimbel SIMAK UI dari Latis Education yang siap membantumu menjadi mahasiswa UI pada kesempatan berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top