7 hal wajib tahu soal UI

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu Soal UI

UI (Universitas Indonesia) merupakan salah satu Universitas yang paling tua di indonesia. UI (Universitas Indonesia) juga merupakan universitas yang sangat populer di Indonesia. 

Setiap tahun sangat banyak calon mahasiswa yang ingin masuk ke UI (Universitas Indonesia) sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan kami di UI, maka kami akan menyajikan beberapa fakta menarik tentang UI. Yuk simak 7 hal wajib tahu soal UI berikut ini

1. Acara Ospek Akan Berlangsung Sangat Lama

Jika kamu sudah diterima di Universitas Indonesia maka anda harus sudah siap-siap untuk  rajin ke kampus dan mengikuti serangkaian acara  ospek universitas yang sangat panjang termasuk latihan paduan suara dengan konduktor khas yaitu Pak Dibyo. 

Beliau adalah orang yang akan melatih para mahasiswa baru untuk melakukan paduan suara yang nanti nya akan tampil untuk acara wisuda. Selain acara paduan suara terdapat juga aktivitas ospek yang lainnya seperti, pengenalan lain-lain tentang universitas. 

Jika anda ketahuan bolos dan bolong-bolong mengikuti acara  ospek tersebut, maka hal ini dapat menyebabkan jaket almamater anda  ditahan oleh pihak UI sementara, dan cara ini dapat berlangsung selama 1 bulan. 

2. Jaket Kuning yang Sangat Dibanggakan 

Almamater sakti yang berwarna kuning  ini juga punya keunikan yang membedakan kamu  dengan mahasiswa fakultas lain, pembeda ini disebut Makara. Setiap fakultas mempunyai warna dan artinya sendiri sendiri. 

Makara yang berbeda dan diletakan di dada kiri. Contohnya Fakultas Hukum mempunyai Makara berwarna merah, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya mempunyai Makara berwarna putih, sedangkan Fakultas Teknik mempunyai Makara berwarna biru dongker dan masih banyak warna-warna lainnya.

3. Bikun atau Bus Kuning

Bis yang biasa disebut bikun ini adalah shuttle bus yang siap mengantarkan mahasiswa ke setiap fakultas-fakultas yang ada di UI. Pasti kamu bertanya-tanya mengapa pihak universitas menyediakan fasilitas  bis ini? 

Hal ini dikarenakan jarak antar fakultas di UI yang dapat dibilang sangat  jauh, karena mengingat lahan UI berukuran 320 hektar. Akan sangat efisien jika  ada kendaraan atau angkutan umum  yang bisa digunakan, Bis ini juga ada rute masing-masing. 

Kemudian ada beberapa hal unik lagi yang harus kamu ketahui, rute ini bergantung dari warna karton yang ditempel di dashboard bisnya. Ada warna biru dan warna merah untuk menandakan lewat rute fakultas manakah bus ini akan mengitar universitasnya.

4. Dapat Meminjam Sepeda yang Berwarna Kuning Lagi 

Universitas ini juga memfasilitasi mahasiswa nya agar dapat bergerak lebih leluasa di sekitar kampus dengan sepeda kuning. Terdapat banyak  halte yang tersebar di seluruh lingkungan universitas.Sehingga anda tidak perlu repot repot untuk berjalan kaki.

UI juga sudah membuat trek khusus sepeda yang terhubung ke seluruh lingkungan UI, jadi jika kamu ingin naik sepeda gak bisa asal main lewat jalan raya. Kalau mau pinjam juga, harus menggunakan KTM.

5. Memiliki Taman yang Sangat Multifungsi 

Tepat di depan perpustakaan pusat UI ini ada taman yang biasa dijadikan tempat mahasiswa untuk nongkrong, merokok, atau bahkan belajar. Ada yang menyebutnya tamling, ada pula yang taling. 

Bentuk taman ini melingkar layaknya tribun stadion dengan pohon yang sangat rindang tepat ditengah. Disini juga banyak orang yang akan beraktivitas sehingga jangan kaget kalo kamu bakal sering ditawari tisu oleh anak kecil yang berjualan ataupun orang-orang yang tiba-tiba meminta sumbangan.

6. Jembatan Teksas yang unik 

Jika kamu tahu jembatan ini maka kamu pasti tahu tentang mitos yang berkeliaran di sekitar daerah jembatan ini. Ini jembatan merah yang menghubungkan antara Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dengan Fakultas Teknik. Konon katanya jembatan ini ada penghuninya.. Saat malam hari memang sangat seram karena kurang penerangan dan dikelilingi pohon-pohon.

7. Lapangan Rotunda 

Lapangan ini bisa dibilang sebagai lapangannya UI dan terletak tepat di tengah-tengah UI depan rektorat. Biasa dapat  digunakan untuk ospek serta upacara 17 Agustus. Terkadang lapangan ini juga dipakai untuk tempat landing helicopter. 

Itulah 7 hal wajib tahu soal UI, bagi kamu yang berminat ingin menjadi mahasiswa UI (Universitas Indonesia) maka kamu bisa mengandalkan bimbel SIMAK UI dari Latis Education yang siap membantumu menjadi mahasiswa UI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top