penting diperhatikan dalam simak ui

3 Hal Penting Diperhatikan Dalam SIMAK UI

Pandemi Covid-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemi penyakit coronavirus 2019 (Covid-19) yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Penyakit ini dapat dibilang sangat cepat menyebar namun ada yang gejala nya paling ringan sampai berat bahkan terdapat banyak kasus kematian yang menghantui. 

Kasus positif Covid-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020, ketika dua orang terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. Pada tanggal 9 April, pandemi sudah menyebar ke 34 provinsi dengan DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah sebagai provinsi paling terpapar SARS-CoV-2 di Indonesia.

Karena hal ini maka semua aktivitas sempat tertunda dan bahkan terhambat. Salah satu aspek yang terpengaruhi oleh pandemi ini adalah pendidikan. Banyaknya kasus di Indonesia maka pemerintah menganjurkan para siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau online learning. 

Hal ini tidak hanya berlaku untuk siswa namun juga berlaku untuk mahasiswa. Oleh karena itu maka ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan ketika kita ingin melakukan tes atau ujian. 

Sama seperti SIMAK UI, SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu masuk Universitas Indonesia (UI) yang diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UI. Ujian ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan seperti D3,D4,S1,S2,S3 Berikut  adalah hal penting diperhatikan dalam SIMAK UI

1. Koneksi Internet

Hal penting diperhatikan dalam SIMAK UI yang pertama adalah koneksi internet. Karena ini adalah salah satu penunjang ujian yang sangat penting. Selama ujian, peserta akan membutuhkan koneksi internet yang stabil. Pastikan kamu  memiliki koneksi internet sangat baik, ya. 

SIMAK UI tidak bertanggung jawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta. Walaupun sulit menentukan koneksi karena diluar kendali kita, namun kamu tetap perlu memperhatikan ini.

2. Spesifikasi Perangkat

Hal yang tidak kalah penting lain yaitu perangkat. Peserta ujian dapat menggunakan salah satu perangkat sebagai berikut seperti laptop dengan kamera, komputer desktop dengan webcam, tablet, atau HP (landscape/ horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720.

Browser yang  kalian gunakan juga harus memenuhi standar seperti aplikasi Firefox atau Chrome versi stable terbaru. Versi terbaru yang bisa digunakan peserta adalah Firefox 78 atau Chrome 83. Browser selain Firefox dan Chrome atau versi yang lebih rendah tidak mendukung pelaksanaan ujian. 

Nonaktifkan aplikasi/add ons yang terpasang di browser. Hal ini harus dipastikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

3. Posisi Kamera

Saat memasuki ruang ujian online, kamera sudah harus dipersiapkan dalam kondisi on. Untuk itu, pastikan kamu menempatkan posisi dengan benar dan terlihat jelas oleh kamera, mulai dari kepala sampai pakaian yang digunakan juga harus rapi. 

Ruang ujian hanya terlihat oleh kamera hanya boleh diisi peserta yang ujian bersangkutan saja. Artinya, tidak boleh ada orang lain di ruang ujian. Selain itu, peserta juga tidak boleh digantikan oleh orang lain. 

Untuk diketahui, peserta SIMAK UI hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung. Tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya dan waktu ujian tertera di kartu ujian.

Itulah 3 hal penting diperhatikan dalam SIMAK UI yang akan membantu kamu lulus ujian SIMAK UI dan menjadi mahasiswa UI. Selain memperhatikan tiga hal tersebut, kamu juga bisa mengandalkan bimbel SIMAK UI dari Latis Education yang siap membantumu menjadi mahasiswa UI dan meraih cita-cita sesuai dengan apa yang kamu inginkan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.
Scroll to Top