bimbel masuk ui karantina ui terbaik
simauk ui

Jurusan Favorit SIMAK UI 2022, Apakah Pilihanmu Salah Satunya?

Salah satu jalur tes untuk masuk ke Universitas Indonesia yang paling populer adalah SIMAK. Dalam jalur ini banyak peserta yang telah lulus tahun lalu juga ikut bergabung. Peserta tersebut telah menyiapkan diri selama setahun untuk bisa lolos. Tentu ada jurusan favorit SIMAK UI 2022 yang paling diincar. Apakah pilihan jurusanmu termasuk salah satunya?

Jika benar termasuk kategori jurusan favorit, itu artinya seorang peserta harus lebih besar lagi berusaha dan berjuang mempersiapkannya. Terbukti bahwa di tahun 2022 ada 5.299 peserta yang dinyatakan lolos menjadi mahasiswa baru di Universitas Indonesia melalui seleksi ini. Berhasil dengan strategi dan jurusannya masing-masing.

Baca juga : Passing Grade Tertinggi SIMAK UI 2022, Mulai Siapkan Dirimu!

Jurusan Favorit SIMAK UI 2022 untuk IPA

ui

Sumber gambar : Freepik

Rincian dari seluruh peserta yang berhasil lolos di S1 Reguler sebanyak 3.207 camaba, kelas S1 Paralel sebanyak 969 camaba, S1 kelas Internasional sebanyak 437 camaba, D3 sebanyak 399 camaba, dan D4 Vokasi sebanyak 251 camaba. Dari keseluruhan data tersebut bisa ditarik kesimpulan jurusan terfavorit pada SIMAK UI tahun 2022 adalah sebagai berikut.

1.      Pendidikan Dokter

Sering dijuluki sebagai jurusan termahal, jurusan ini masih menduduki peringkat pertama di hari para calon mahasiswa. Tidak termakan omongan yang menyebutkan jurusan ini memiliki biaya pendidikan mahal, di tahun 2022 pun masih terus diincar. Dari seleksi di tahun 2021 terdapat 8106 pendaftar yang ingin masuk menjadi mahasiswa jurusan ini.

2.      Pendidikan Dokter Gigi

Selanjutnya juga masih seputaran kedokteran yaitu pendidikan dokter gigi. Faktornya adalah prospek kerja yang masih tinggi meski juga terbilang mahal. Tidak segan-segan, pendaftar di tahun 2021 ada sebanyak 3947 orang dengan daya tampung hanya 55 orang.

Baca juga :  Informasi Cara Pendaftaran SIMAK UI

3.      Sistem Informasi

Berkecimpung pada dunia sistem informasi membuat lulusannya akan memiliki prospek kerja yang cukup tinggi. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana kecerdasan artifisial dilakukan untuk membentuk sebuah pola dari mesin. Beberapa tahun belakangan, jurusan ini semakin diincar melihat kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat dibutuhkan.

Lihat juga Bimbel Masuk Kedokteran UGM

4.      Kesehatan Masyarakat

Di posisi selanjutnya adalah Kesehatan Masyarakat dengan mempelajari ilmu-ilmu pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Saat masa pandemi Covid-19, jurusan ini sangat dibutuhkan untuk membantu para masyarakat bisa menjaga dan peduli terhadap kesehatannya lebih tinggi lagi. Karena akan terus dibutuhkan, maka sekitar 4000an peserta berusaha untuk lolos SIMAK UI.

5.      Ilmu Komputer

Sedikit berbeda dengan Sistem Informasi, jurusan satu ini sangat identik dengan sistem komputasi, perangkat komputer, sampai pemrograman. Bagi yang ingin terlihat jago otak-atik aplikasi dan perangkat komputer sangat cocok untuk memilih jurusan ini. Oleh karena itu, pada tahun 2021 ada 3588 orang yang mendaftar ikut seleksi mandiri di Universitas Indonesia ini.

Jurusan Favorit SIMAK UI 2022 untuk IPS

ui

Sumber gambar : Freepik

Jika sudah melihat jurusan-jurusan tervaforit untuk siswa-siswi IPA alias saintek, kali ini kita akan berpindah pada jurusan IPS alias soshum. Bisa jadi ini juga akan menjadi pilihan dari anak-anak IPA yang ingin lari dan beralih dari bidang sebelumnya.

1.      Ilmu Hukum

Pengacara kondang Hotman Paris mendapatkan perhatian yang sangat besar dari masyarakat, karena kemampuannya dalam persidangan klien. Bergerak dari sini, akhirnya ada banyak sekali keinginan pelajar di Indonesia yang ingin mengikuti jejak dari pengacara terkenal ini. Apalagi melihat bahwa ada kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tinggi dengan menjadi lulusan dari Ilmu Hukum yang diikuti oleh 7070 pelamar di UI saja.

Baca juga :  Cara Daftar S2 UI (Universitas Indonesia)

2.      Psikologi

Banyaknya kesehatan mental masyarakat yang mulai rusak dan bermasalah menyebabkan kemunculan para psikolog sangat dibutuhkan. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa untuk bisa mendapatkan pendidikan dan ilmu di kampus kuning dalam jurusan tervaforit nomor du aini. Bagaimana tidak, jika ada 6462 yang ingin menjadi seorang psikolog membantu masalah masyarakat.

3.      Manajemen

Sifatnya yang dapat bekerja dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar membuktikan jurusan satu ini menarik hati para pelamar. Manajemen adalah jurusan favorit SIMAK UI 2022 nomor tiga untuk bidang IPS. Apakah ini juga menjadi salah satu pilihan Anda yang akan menghadapi seleksi populer ini?

4.      Ilmu Komunikasi

Adanya data pada tahun 2021 yang menyebutkan sebanyak 4029 pendaftar dengan daya tampung hanya 50 orang menjadi bukti bahwa jurusan Ilmu Komunikasi sangat tinggi peminatnya. Ingin bekerja menjadi seorang penyiar? Atau ingin berkecimpung di dunia media digital, televisi, radio, sampai koran? Pilihan jurusan di kampus kuning ini sangat cocok untuk dicoba!

Baca juga : Cermat Menjawab Soal Bahasa Inggris (SIMAK UI) yang Sering Muncul!

5.      Akuntansi

Satu lagi yang sampai detik ini masih menjadi primadona para pelamar IPS maupun IPA yaitu Akuntansi. Setiap tahunnya jurusan ini tidak pernah keluar dari posisi lima teratas menjadi terfavorit pilihan para pelamar. Untuk bisa menjadi salah satu mahasiswanya harus melawan 4000an orang bagi 1 dari 100 kursi yang tersedia.

Jurusan Favorit untuk Vokasi SIMAK UI 2022

Kedua jurusan diatas diminati oleh kelas S1 dari SIMAK UI secara umum. Karena itu akan terasa kurang lengkap jika belum membahas jurusan favorit untuk kelas vokasi. Setidaknya dua jurusan ini memiliki peminat yang tinggi.

Baca juga :  Nilai dan Norma Sosial: Soshum Simak UI

1.      D4 Bisnis Kreatif

Sejak diluncurkan menjadi salah satu program studi baru di kampus nomor satu Indonesia ini, ternyata sudah memiliki peminat cukup banyak. Dari jurusan ini semua mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara membentuk sebuah perusahaan rintisan atau yang akrab dikenal dengan startup. Saat ini jurusan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan bahkan orang-orang yang ingin membuka bisnis dari ide kreatif.

2.      D3 Hubungan Masyarakat

Terakhir yaitu jurusan hubungan masyarakat atau juga sudah banyak dikenal dalam bahasa gaulnya yaitu PR akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah reputasi suatu organisasi. Di tahun 2022, jurusan ini berhasil menduduki posisi kedua untuk jurusan terfavorit pilihan para pelamar dan patut dipertimbangkan untuk selanjutnya dipilih.

Lihat juga Bimbel Masuk Kedokteran UI

Masing-masing pelamar tentu memiliki alasan tersendiri untuk memilih sebuah jurusan. Jika salah satu jurusan ini adalah pilihan Anda dari lama, maka sudah saatnya mempersiapkan diri lebih matang lagi dari sekarang. Belum terlambat untuk mulai belajar dan mendaftar di SIMAK UI yang terpercaya dan terjamin kualitas dari para tentornya. Ingin buktinya? Silahkan cek di www.simakui.id dan untuk mendaftar bisa melalui nomor 087781609961.

Referensi :

simak.ui.ac.id/reguler.html

detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6181454/ui-terima-5299-maba-lewat-simak-ui-2022-apa-saja-prodi-favorit

1 thought on “Jurusan Favorit SIMAK UI 2022, Apakah Pilihanmu Salah Satunya?”

  1. Pingback: Biaya SIMAK UI dan Ilustrasi Pemilihan Daftar Program Studi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.