bimbel masuk ui karantina ui terbaik

Ilmu Sejarah: Soshum Simak UI

Ilmu sejarah merupakan cabang pengetahuan yang meneliti perkembangan masyarakat serta manusia dan kejadian-kejadian yang ada. Tujuannya untuk dijadikan pedoman ilmu dan penelitian keadaan sekarang serta arah proses pengetahuan di masa depan.

Pengertian Ilmu Sejarah

Terdapat beberapa pendapat mengenai pengertian cabang ilmu tersebut.

a. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu ini memiliki tiga makna. Mereka adalah silsilah, kejadian yang terjadi di masa lampau, dan uraian peristiwa yang terjadi di masa lampau.

b. J. Bank

Ilmu Sejarah

Beliau berpendapat dalam bukunya yang berjudul, Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif (1985) ilmu ini merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lalu, yang bertujuan untuk memahami perilaku masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

c. Robin Winks

Sejarah merupakan pembelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.

d. Sartono Kartodirjo

Ilmu ini memberikan gambaran masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Sejarah di dalamnya meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu.

e. Sir Charles Firth

Pada hakikatnya, ilmu ini merekam kehidupan manusia, perubahan yang terus berlangsung, merekam ide-ide, dan merekam kondisi-kondisi material yang membantu atau merintangi perkembangannya.

Lalu mengapa kalian perlu mempelajarinya?

Manfaat Mempelajari Ilmu Sejarah

Mempelajari sesuatu tentu memiliki manfaat, termasuk mempelajari sejarah. Apa saja manfaatnya?

1. Memahami masyarakat dan dunia

Sejarah memberikan gambaran yang jelas mengenai berbagai aspek yang ada di dunia.

Mulai dari perkembangan teknologi, sistem pemerintahan, hingga perilaku sosial dan budaya yang ada di masyarakat. Dengan melihat kembali peristiwa masa lampau, kalian akan mendapatkan banyak gambaran data, baik tentang hukum atau teori berbagai aspek yang ada di masyarakat saat ini.

Baca juga :  7 Jurusan UI yang Sepi Peminat

2. Mengetahui identitas bangsa

Ilmu ini berkembang dari waktu ke waktu hingga membentuk identitas sebagai suatu gambaran umum yang dapat dilihat.

Tidak heran jika slogan Jas Merah memang kaya akan makna. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Apa yang kalian lakukan akan selalu berkaitan dengan apa yang terjadi di masa lalu.

3. Membantu Memahami Masalah

Berbagai macam peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dapat menjadi refleksi untuk melihat masalah yang saat ini terjadi.

Misalnya bagaimana perang di Eropa menjadi hal penting dan memberikan dampak bagi seluruh dunia. Bagaimana Hitler mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan hingga berdampak pada pembentukan sistem politik global saat ini, dan lainnya.

4. Membentuk Warga Terinformasi

Sejarah dapat membantu masyarakat menjadi warga negara yang lebih terinformasi dengan kemudahan akses yang bisa didapatkan saat ini.

5. Membentuk Warga Yang Lebih Baik

Manfaat belajar sejarah berikutnya yaitu dapat membangun kewarganegaraan yang lebih baik. Sebab itulah kalian diminta mempelajari sejarah saat masih duduk di bangku sekolah.

Masih banyak manfaat lainnya dari mempelajari ilmu ini. Bahkan para sejarawan tidak hentinya terus merekonstruksi rangkaian peristiwa masa lalu yang memberi dampak hingga manfaat kepada generasi saat ini.

Nah, itu dia ilmu Sejarah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. supercampalumniui.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.