bimbel masuk ui karantina ui terbaik
UI

Jadwal SIMAK UI Tahun Ajaran 2022-2023 untuk Semua Kelas

SIMAK UI memiliki kepanjangan yaitu Seleksi Masuk Universitas Indonesia yang merupakan salah satu ujian seleksi terpadu bagi calon mahasiswa. Untuk menyaring mahasiswa yang bisa belajar di kampus kuning ini harus melewati beberapa tahap tes terlebih dahulu. Tentu saja tujuannya mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas.

Daftar Jadwal Seleksi Mandiri UI Tahun 2022-2023

ui

Sumber gambar : Freepik

Kampus ini menyelenggarakan seleksi setiap tahunnya meski dengan jadwal yang tidak selalu sama tetapi tidak terlampau jauh rentang waktu perbedaannya. Dari jadwal seleksi di tahun 2022, calon mahasiswa kedepannya bisa mempersiapkan diri lebih besar sebelum pendaftaran dibuka. Adapun untuk masing-masing jadwal disesuaikan dengan kelas yang ada di kampus populer di Indonesia ini.

Baca juga : Jurusan Favorit SIMAK UI 2022, Apakah Pilihanmu Salah Satunya?

Jadwal SIMAK UI – Vokasi D3 & D4

Kelas pertama yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa dari jenjang SMA adalah Vokasi D3 dan D4. Dalam program ini terdapat beberapa rumpun yang bisa dipilih seperti Ilmu Kesehatan, Ilmu Administrasi, serta Ilmu Sosial dan Humaniora. Sehingga untuk jadwal kegiatan SIMAK UI untuk tahun ajaran 2022-2023 adalah 24 Mei – 27 Juni 2022.

Adapun metode ujian yang akan dilaksanakan adalah daring di tanggal 2-4 Juli 2022 dan pengumuman bisa didapatkan pada tanggal 14 Juli 2022. Kegiatan dilakukan dengan batas waktu yang lebih cepat, sehingga calon mahasiswa bisa mempersiapkan ujian ini dengan baik.

Jadwal SIMAK UI – S1 Reguler

Jenjang yang satu ini merupakan program untuk menerima lulusan dari SMA/SMK/MA sederajat dengan adanya batasan usia ijazah maksimal 3 tahun. Ada berbagai pilihan fakutlas dan jurusan pada program ini yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Pada seleksi SIMAK UI dengan jadwal umumnya sama seperti kelas Vokasi D3 dan D4 yaitu 24 Mei – 27 Juni 2022 pendaftaran, 2 – 4 Juli 2022 ujian dengan metode daring, serta 14 Juli 2022 pengumuman. Peserta harus mengikuti UTBK 2022.

Baca juga :  Bingung Kuliah Dimana? Ini Perbedaan PTN dan PTS di Indonesia!

Jadwal SIMAK UI – S1 Paralel & S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3

Sementara untuk kelas S1 Reguler hanya dibuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat, S1 Paralel terbuka untuk dua jenis kelas. Bagi para lulusan D3 juga bisa mengikuti ujian ini yang ingin lanjut ke S1 dengan kelas Ekstensi/Paralel lulusan D3. Seleksi untuk S1 Paralel sama seperti Reguler dan Vokasi D3 dan D4. Tetapi untuk Ekstensi jadwal pendaftarannya yaitu 12 Mei – 13 Juni 2022, ujian di tanggal 19 Juni 2022 masih dengan metode daring, dan pengumuman 15 Juli 2022.

Lihat juga Bimbel Masuk FKUI

Khusus untuk program ekstensi, calon mahasiswa akan mendapatkan materi ujian Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Serta hanya beberapa fakultas dan program studi saja yang membuka kelas ini yaitu, Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan dengan prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Akuntansi dan Manajemen, serta Fakultas Hukum dengan prodi Ilmu Hukum.

Jadwal SIMAK UI – S1 Kelas Internasional

Umumnya kelas ini sama seperti S1 reguler, tetapi terdapat kerjasama khusus antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri. Dimana adanya reputasi internasional yang telah memperoleh akreditasi di negaranya. Adapun program ini diberikan kepada lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang memiliki batasan usia ijazah paling lama 5 tahun kelulusan saat mendaftar.

Untuk soal yang akan diujiankan juga sedikit berbeda dengan materi yaitu Social Sciences dan juga Natural Sciences disesuaikan dengan kelompok program studi pilihannya. Untuk jadwal juga masih sama dengan seleksi kelas SIMAK UI lainnya yaitu 24 Mei -27 Juni jadwal pendaftaran, 30 Juni 2022 ujian dengan metode daring, serta 14 Juli 2022 untuk pengumumannya.

Baca juga :  Perlawanan Daerah dan Pergerakan Nasional: Soshum SIMAK UI

Jadwal SIMAK UI – Profesi

Tidak hanya menyediakan seleksi untuk calon mahasiswa lulusan SMA, kampus kuning ini juga membuka jalur bagi profesi. Dimana ini dijalankan setelah program dari pendidikan sarjana selesai dan mempersiapkan ilmu untuk mendapatkan pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Tidak semua jurusan wajib mengikuti kelas ini. Jadwal seleksi yang diselenggarakan juga terbagi atas tiga gelombang yaitu,

Baca juga : Biaya SIMAK UI dan Ilustrasi Pemilihan Daftar Program Studi

  • Gelombang 1 : Pendaftaran 4 Februari – 4 Maret 2022, Ujian 13 Maret 2022 dengan metode daring, dan Pengumuman 19 April 2022.
  • Gelombang 2 : Pendaftaran di tanggal 12 Mei – 13 Juni 2022, Ujian 19 Juni 2022 dengan metode daring, dan Pengumuman 15 Juli 2022.
  • Gelombang 3 : Pendaftaran di tanggal 27 September – 28 Oktober, Ujian 6 November 2022 dengan metode daring, dan Pengumuman 9 Desember 2022.

Jadwal SIMAK UI – Magister

Magister merupakan nama lain dari pendidikan S2 yang diperuntukkan bagi lulusan dari program sarjana atau sederajat. Hal ini ditujukan untuk mampu mengamalkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dari teknologi, seni, dan budaya. Bagi yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ini jadwal pendaftarannya terbagi atas 2 gelombang gasal dan 1 gelombang genap.

  • Gelombang Gasal 1 : 4 Februari – 4 Maret 2022 (Pendaftaran), 13 Maret 2022 (Ujian metode daring), dan 19 April 2022 (Pengumuman).
  • Gelombang Gasal 2 : 12 Mei – 13 Juni 2022 (Pendaftaran), 19 Juni 2022 (Ujian metode daring), 15 Juli 2022 (Pengumuman).
  • Gelombang Genap : 27 September – 28 Oktober 2022 (Pendaftaran), 6 November 2022 (Ujian metode daring), 9 Desember 2022 (Pengumuman).

Jadwal SIMAK UI – Doktor

S3 alias Doktor menjadi program untuk lulusan dari program magister atau sederajat dengan tujuan menemukan, menciptakan, serta memberikan kontribusi dengan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang didapatkan melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Jadwal SIMAK UI juga sama seperti program Magister.

Baca juga :  Daftar Jurusan di UI Untuk Anak IPS Terfavorit

Jadwal SIMAK UI – Spesialis

Terakhir merupakan program untuk pendidikan keahlian lanjutan yang biasanya dilakukan oleh fakultas kedokteran. Tidak ada perbedaan pada jadwal pendaftaran, ujian, dan pengumuman dari program ini dengan Magister dan Doktor. Terdapat program spesialis 1 dan 2 untuk lanjutannya.

Lihat juga Bimbel Masuk Kedokteran

Setiap program yang ada di Universitas Indonesia ini memberikan kesempatan dan peluang bagi siapapun calon mahasiswa. Artinya, setiap orang harus membuat persiapan yang matang dan tidak main-main untuk bisa lolos dalam SIMAK UI. Saat ini SIMAK UI sebagai bimbingan belajar akan membantu semua calon mahasiswa dalam mengikuti seleksi kampus terpopuler di Indonesia ini. Temukan programnya di www.simakui.id atau bisa bertanya melalui nomor telepon 087781609961.

Referensi :

simak.ui.ac.id/program-pendidikan.html

simak.ui.ac.id/info/jadwal-seleksi-2022.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.