bimbel masuk ui karantina ui terbaik
interaksi sosial

Interaksi Sosial: Soshum Simak UI

Interaksi sosial merupakan sebuah bentuk hubungan yang jelas melibatkan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia sangat perlu berinteraksi dengan sesamanya guna memenuhi kebutuhan hidup mereka. Apa saja bentuk-bentuknya?

Pengertian dan Jenis Interaksi Sosial

interaksi sosial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antara perseorangan dan perseorangan, antara perseorangan dan kelompok, serta antara kelompok dan kelompok.

Secara singkat bisa disebut sebagai bentuk hubungan yang dilakukan seseorang atau kelompok dengan orang yang ada di sekitarnya. Adapun pembagiannya antara lain:

a. Asosiatif

Proses ini penting untuk membaurnya masyarakat dan kemajuan masyarakat. Merupakan bentuk interaksi sosial yang mengarah pada kerja sama yang harmonis.

Contoh-contohnya antara lain:

1. Kerja Sama

Adalah usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama biasanya berawal dari kesamaan pandangan dan dilakukan secara spontan, langsung, kontrak, dan tradisional.

2. Akomodasi

Adalah proses penyesuaian diri orang perorang atau kelompok-kelompok manusia yang semula saling bertentangan. Dilakukan sebagai upaya mengatasi ketegangan antara pihak yang bertentangan. Tujuan dari akomodasi ini adalah agar tercipta keseimbangan interaksi sosial terkait norma dan nilai dalam masyarakat.

Terdiri atas delapan bentuk yaitu coercion (pemaksaan), kompromi, arbitrasi, mediasi, konsiliasi, toleransi, stalemate (kekuatan seimbang), dan ajudikasi.

3. Asimilasi

Merupakan proses sosial yang ditandai usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan antara orang-perorangan atau kelompok manusia. Meliputi usaha untuk meningkatkan kesatuan tindakan, sikap, dan proses mental, dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.

Faktor yang mempermudah asimilasi antara lain toleransi, kesempatan seimbang, saling menghargai, sikap terbuka dari golongan yang berkuasa, hingga persamaan unsur budaya. Namun ada juga faktor yang menghambat asimilasi. Misalnya hidup suatu golongan yang terisolasi, kurang pengetahuan tentang budaya,takut terhadap budaya yang dihadapi, perbedaan ciri tubuh, dan kelompok minoritas mengalami gangguan dari yang berkuasa.

Baca juga :  Pemikiran Barat, Revolusi Amerika, Prancis, dan Inggris: Soshum SIMAK UI

b. Disosiatif

Adalah keadaan sosial yang tidak harmonis, akibat adanya pertentangan antar anggota masyarakat. Pertentangan itu bisa ditimbulkan oleh ketidaktertiban sosial yang terjadi dalam masyarakat. Meskipun proses ini menghambat perkembangan masyarakat, tapi kalau tidak ada interaksi sosial disosiatif juga bisa menyebabkan masyarakat tidak maju.

Yang termasuk interaksi sosial disasosiatif adalah:

1. Persaingan

Merupakan proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Persaingan terjadi bila beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya terbatas, atau sesuatu yang menjadi pusat perhatian umum.

2. Kontravensi

Adalah proses sosial yang ditandai ketidakpastian, keraguan, penolakan, dan penyangkalan, yang tidak diugkapkan secara terbuka. Penyebabnya karena ada perbedaan pendirian antara kalangan tertentu dengan kalangan lain dalam masyarakat, atau dengan pendirian masyarakat.

Kontravensi dibagi menjadi kontravensi umum, sederhana, intensif, rahasia, dan taktis.

3. Pertikaian

Pertikaian ini adalan bentuk lanjut konntravensi. Dalam pertikaian, perselisihan sudah bersifat terbuka. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan antara kalangan tertentu dalam masyarakat semakin tajam.

4. Konflik

Konflik secara umum sering terjadi dalam masyarakat. Merupakan proses sosial di mana orang-perorangan atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuan dengan jalan menentang pihak lawan, yang disertai ancaman atau kekerasan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai interaksi sosial. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  Mengenal Jalur Masuk UI Melalui PPKB

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.