bimbel masuk ui karantina ui terbaik
Konflik dan Integrasi

Konflik dan Integrasi: Soshum SIMAK UI

Konflik dan integrasi menjadi hal yang kerap kita temukan dalam ruang lingkup bermasyarakat. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Konflik dan Integrasi

A. Robert MZ Lawang

Konflik adalah perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka dengan tujuan tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan pesaingnya.

B. Kartono

Merupakan proses sosial yang bersifat antagonistik dan terkadang tidak bisa diserasikan karena dua belah pihak yang berkonflik memiliki tujuan, sikap, dan struktur nilai yang berbeda.

Faktor Yang Mempengaruhi Konflik

  1. Perbedaan Individu.
  2. Perbedaan Latar Belakang Kebudayaan.
  3. Perbedaan Kepentingan.
  4. Perubahan-perubahan Nilai yang Cepat.

Beberapa hal untuk menangani konflik antara lain:

– Menghindar

– Memaksakan Kehendak

– Menyesuaikan Kepada Keinginan Orang Lain

– Tawar Menawar

– Kolaborasi

Apa itu Integrasi sosial?

Adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut, meliputi ras, etnis, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan lain sebagainya.

Syarat terjadinya adalah:

  1. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan mereka
  2. Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai nilai dan norma
  3. Nilai dan norma sosial itu berlaku cukup lama dan dijalankan secara konsisten

Integrasi sosial sendiri dibedakan menjadi 3 (tiga) bentuk atau jenis, yaitu:

Integrasi Normatif

Integrasi normatif merupakan integrasi yang diakibatkan dari adanya kesepakatan bersama dalam menentukan norma-norma yang berlaku di masyarakat, misalnya membuat kesepakatan tidak akan menyerang atau berperang satu sama lain.

Contoh integrasi normatif di indonesia adalah penerapan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, untuk mempersatukan bangsa-bangsa di Indonesia sebagai suatu kesatuan.

Konflik dan Integrasi Fungsional

Sesuai dengan namanya, integrasi fungsional merupakan integrasi yang terjadi akibat adanya fungsi-fungsi tertentu didalam masyarakat, dimana setiap kelompok mempunyai fungsinya masing-masing, sehingga masyarakat berintegritas karena saling bergantung untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Baca juga :  Nasionalisme Asia Afrika, Peristiwa Mutakhir, Kerja Sama Internasional: Soshum SIMAK UI

Hal ini biasanya terjadi akibat perbedaan kondisi geografis setiap wilayah, dimana memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda.

Integrasi Koersif

Integrasi koersif merupakan integrasi yang terjadi berdasarkan kekuasaan yang dimiliki penguasa, dimana adanya pihak lain (yang berkuasa atau berwenang) yang mendorong terjadinya integrasi atau dengan paksaan.

syarat keberhasilan suatu integrasi adalah sebagai berikut:

  • Setiap anggota masyarakat merasa berhasil dan mampu saling mengisi kebutuhannya satu sama lain.
  • Anggota masyarakat menciptakan kesepakatan tentang norma dan nilai sosial yang harus diimplementasikan atau diterapkan sebagai pedoman hidup masyarakat.
  • Norma dan nilai sosial tersebut berlaku untuk waktu yang lama, sulit diubah dan akan diterapkan secara konsisten dan menyeluruh anggota masyarakat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya integrasi sosial.

  1. Adanya homogenitas, semakin tinggi tingkat homogennya, dimana memiliki norma, dan perilaku yang sama, maka semakin cepat juga terjadinya integrasi sosial.
  2. Besar atau kecilnya kelompok, dimana semakin kecil suatu kelompok atau semakin sedikit anggotanya maka semakin cepat integrasinya,
  3. Mobilitas daerah atau wilayah, semakin tinggi mobilitas suatu daerah atau wilayah, maka akan semakin lambat integrasinya.
  4. Komunikasi, apakah komunikasinya sudah efektif atau belum, sehingga pesan yang disampaikan dapat sampai dengan baik, dan tidak terjadi kesalahpahaman. Semakin efektif komunikasi nya maka semakin tinggi integritasnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai konflik dan integrasi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  Kolonialisme dan Imperialisme: Soshum SIMAK UI

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.