bimbel masuk ui karantina ui terbaik
Peradaban Kuno

Peradaban Kuno: Soshum SIMAK UI

Peradaban Kuno tidak dapat kita abaikan dari sejarah. Bagaimana fakta-faktanya?

A. Peradaban Kuno: Mesir

Secara etimologis, kata “Mesir” berasal dari bahasa Arab yang berarti “negara.” Peradaban yang hidup di sepanjang sungai Nil tersebut berlangsung semenjak 3150 SM hingga 30 SM (beberapa menyebutkan hingga 641 M).

Bangsa Mesir memiliki banyak kontribusi terhadap sejarah peradaban manusia modern. Salah satu kontribusi paling nyata adalah tulisan Hieroglif yang secara tidak langsung menginspirasi penciptaan sistem tulisan alfabet hingga bahasa Latin yang digunakan mayoritas manusia modern. Selama perjalanannya, peradaban Mesir kuno senantiasa diserang hingga dipimpin oleh bangsa asing seperti Bangsa Hyksos, Bangsa Nubia, Bangsa Libya, Bangsa Assyria, Bangsa Achaemenid Persia, hingga Bangsa Yunani (Makedonia) beserta Bangsa Romawi.

B. Peradaban Amerika

Peradaban ini berisi banyak bangsa-bangsa kecil dan besar. Tiga diantaranya yang menjadi fokus pembahasan dari peradaban ini adalah Bangsa Aztec, Bangsa Maya, dan Bangsa Inca. Bangsa Aztec dan Bangsa Maya hidup di wilayah Amerika Tengah (atau yang disebut sebagai Mesoamerika), sementara Bangsa Inca hidup di wilayah Amerika Selatan. Tercatat bahwa Peradaban Amerika Kuno telah ada semenjak lama sekitar 2000 SM. Namun setiap bangsa utama tersebut memiliki titik mulanya sendiri-sendiri. Titik akhir para bangsa tersebut disebut dengan “periode kontak”, yaitu saat Bangsa Spanyol mendatangi, menjelajahi, dan menaklukan para bangsa tersebut. Periode ini berlangsungs di sekitar tahun 1500 hingga 1600.

Peradaban Amerika Kuno memberikan banyak varietas pangan terbaru bagi peradaban manusia modern. Contohnya tanaman cabe, kentang, dan maizena yang awalnya hanya ada di kawasan tersebut serta coklat.

C. Peradaban Romawi

Secara etimologis, kata “Romawi” yang dapat dipenggal suku katanya menjadi “Roma-” saja adalah nama sebuah kota di semenanjung Italia. Kota ini berdiri atas mitos dua kakak-beradik bernama Remus dan Romulus yang berseteru dalam memilih lokasi pendirian kota baru mereka. Peradaban ini berlangsung di tepi sungai Tiber yang dikelilingi oleh 7 bukit semenjak tahun 753 SM hingga 476 M dengan keruntuhan Kekaisaran Romawi Barat. Beberapa sumber menganggap bahwa Romawi Kuno runtuh pada tahun 1453 M, yaitu pada saat runtuhnya Kekaisaran Romawi Timur atau yang dikenal sebagai Bizantium.

Baca juga :  Informasi Cara Pendaftaran SIMAK UI

Berbagai hasil peradaban Romawi seperti sistem hukum, infrastruktur, militer, pemerintahan, alfabet Latin, dan lainnya adalah bentuk warisan peradaban yang masih digunakan oleh banyak bangsa modern. Selain itu, agama Kristen juga berkembang menjadi agama besar peradaban manusia berkat peradaban Romawi kuno tepatnya pada masa Kaisar Konstantin I Agung.

D. Peradaban Yunani Kuno

Secara etimologis, kata “Yunani” berakar dari kata “Ionia”.  Nama sebuah kota paling timur dari wilayah bangsa-bangsa Yunani yang bertetanggaan dengan bangsa seperti Arab, Turki, dan Persia. Atas itulah, dunia luar pertama kali menyebut bangsa tersebut sebagai bangsa “Yunani.” Para masyarakat asli Yunani sendiri menyebut diri mereka sebagai banga “Hellenes”.  Peradaban ini berlangsung di sekitar Laut Aegea, yang terdiri dari negara-kota yang berdiri sendiri. Kurun waktu peradaban ini adalah sekitar 700 SM hingga 146 SM.

Peradaban Yunani kuno disebut sebagai nenek moyang peradaban bangsa-bangsa Eropa dan juga sebagai bapak demokrasi dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya kontribusi peradaban Yunani kuno bagi perkembangan bangsa-bangsa Eropa. Contohnya dalam perkembangan dasar-dasar ilmu pengetahuan, filsafat dan pemerintahan, hingga sains dan teknologi. Peradaban ini berakhir saat Bangsa Romawi dari barat menduduki wilayah mereka dan masyarakat Yunani baru akan berdiri dan merdeka sebagai bangsa sendiri pada tahun 1821.

E.  Peradaban India Kuno

Secara etimologis, kata “India” merujuk kepada kata “Indus” yang berarti nama sebuah sungai yang bernama demikian di barat laut Semenanjung India. Bersamaan dengan Sungai Gangga, Sungai Indus tersebut menjadi titik penting dalam peradaban India kuno. Peradaban yang paling terkenal dan yang termasuk dalam kategori peradaban India kuno ini adalah peradaban Kota Mohenjo-Daro (sekitar 3000 SM – 1900 SM) dan peradaban kota Harappa (sekitar 6000 SM – 1900 SM). Nama lain dari peradaban ini adalah “peradaban Lembah Indus.”

Baca juga :  Informasi Penting SIMAK UI: Cara Daftar Sampai Cara Cek Hasil Simak UI

Peradaban ini memiliki beberapa pencapaian ternama seperti tata kota yang terstruktur dan sistematis, beserta sistem sanitasi yang canggih menurut zamannya. Peradaban ini mengalami kemunduran akibat banjir dari kedua sungai yang terus menggerus kehidupan pertanian hingga perkotaan baik di Mohenjo-Daro ataupun di Harappa. Dengan tibanya migrasi Bangsa Arya dari kawasan Asia Tengah, peradaban India kuno berubah menjadi peradaban India “modern” yang ditandai dengan kemunculan agama Hindu di India.

F. China Kuno

Secara etimologis, kata “Cina” berasal dari bahasa Persia yaitu “Chini” yang berarti segala hal tentang negara Cina. Istilah ini diperkenalkan oleh Marco Polo, seorang penjelajah dari Italia. Para masyarakat asli Cina sendiri menyebut diri mereka sebagai bangsa “Han”, yaitu sebuah nama dinasti dalam sejarah peradaban Cina kuno membangun rasa kebangsaan etnik pertama di sejarah peradaban Cina. Peradaban ini berlangsung di sekitar sungai Yangtze dan sungai Huang He Kurun waktu peradaban ini adalah semenjak 2070 SM hingga 1911 M.

Peradaban ini menjadi peradaban kuno yang paling lama berlangsung di antara peradaban-peradaban dunia kuno, yaitu selama -+4000 tahun. Ini dikarenakan pergantian dinasti-dinasti yang berlangsung semenjak dinasti pertama yang bernama dinasti Xia hingga dinasti terakhir yang bernama Qing. Beberapa kontribusi besar Peradaban Cina Kuno bagi sejarah peradaban manusia adalah penemuan kertas, bubuk mesiu, sistem uang kertas, dan lainnya. Selepas itu, peradaban Cina masuk ke periode modern yang ditandai dengan berdirinya Negara Republik Cina Pimpinan Sun Yat Sen.

Nah, itu dia penjelasan mengenai peradaban Kuno. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  Tata Cara Melakukan Pendaftaran untuk SIMAK UI

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.