bimbel masuk ui karantina ui terbaik

Pemikiran Barat, Revolusi Amerika, Prancis, dan Inggris: Soshum SIMAK UI

Pemikiran Barat, Revolusi Amerika, Prancis, dan Inggris akan kita bahas satu persatu dalam artikel ini. Siapkan catatan kalian. 

Pemikiran Barat: Revolusi Amerika

Terjadi mulai dari tahun 1765 hingga 1783. Tiga belas koloni di Amerika memerdekakan dirinya dari Inggris Raya dan membentuk Negara Amerika Serikat setelah berhasil mengalahkan Inggris Raya pada Perang Revolusi Amerika (1775-1783). Ini menjadi salah satu titik penting dalam perkembangan demokrasi, republikanisme, dan liberalisme. Amerika Serikat menjadi salah satu republik yang menganut nilai-nilai demokrasi liberal pada sejarah modern.

Adapun gerakan kemerdekaan koloni-koloni Britania di Amerika berasal dari tuntutan bagi mereka di Parlemen Inggris dan penolakan terhadap upaya pemerintah Inggris untuk menarik pajak. Caranya dengan diberlakukannya Stamp Act pada tahun 1765. Protes terhadap Inggris terus-menerus terjadi dan berpuncak pada peristiwa Boston Tea Party pada tahun 1773.

Revolusi Prancis

Merupakan serangkaian peristiwa sosial dan politik radikal yang terjadi mulai sejak tahun 1789. Revolusi ini berhasil menggulingkan monarki Perancis di bawah Raja Louis XVI, mendirikan Republik Perancis yang menganut nilai liberte (kebebasan), egalite (kesetaraan), dan fraternite (persaudaraan), dan berujung pada naiknya Napoleon Bonaparte sebagai Kaisar Perancis.

Pada kepemimpinan Napoleon, Perancis menyebarluaskan ketiga nilai-nilai revolusioner tersebut dan pada saat itu dianggap radikal dan liberal dengan menyerbu negara-negara tetangganya. Revolusi Perancis berperan penting dalam perjalanan sejarah modern. Berkatnya monarki absolut menjadi lemah pengaruhnya di dunia dan digantikan dengan republik yang menganut demokrasi liberal.

Revolusi Inggris = Revolusi Industri

Pemikiran barat

Peristiwa ini tidak lepas dari peristiwa Aufklarung atau masa pencerahan di Eropa. Kemudian terjadilah perubahan besar-besaran, khususnya dalam ilmu pengetahuan.

Istilah revolusi industri pertama kali diperkenalkan oleh Friedrich Engels dan Louis Auguste Blanqui pada pertengahan abad ke XIX.

Baca juga :  Informasi Cara Pendaftaran SIMAK UI

Menurut T.S. Ashton, sejarawan ekonomi asal Inggris, Revolusi Industri diperkirakan terjadi sekitar tahun 1750 hingga 1830. Revolusi industri dibagi ke dalam dua fase.

Revolusi industri fase pertama

Perubahan berfokus pada bidang tekstil lewat penemuan alat pemintal benang. Alat ini pertama dibuat oleh James Hargreaves (1767) dan diberi nama Spinning Jenny.

Alat itu lantas disempurnakan oleh Richard Arkwright dengan membuat alat pemintal yang bertenaga air serta mampu menghasilkan benang lebih halus dibanding hasil benang “spinning jenny”.

Selain itu produksi benda-benda industri juga berubah karena munculnya mesin uap. Hal ini terinspirasi dari mesin pemompa air ciptaan Thomas Newcomen.

Mesin yang menggunakan tenaga uap tersebut, dimodifikasi menjadi lebih efisien oleh James Watt. Akhirnya memicu munculnya kereta api penumpang yang ditemukan George Stephenson dan kapal uap yang ditemukan Robert Fulton. Tentunya revolusi tersebut benar-benar mengubah kehidupan menjadi lebih praktis.

Revolusi industri fase kedua

Inilah sejarah besar dunia karena revolusi industri yang awalnya hanya terjadi di Inggris, bisa menyebar cepat ke Jerman, Amerika Serikat, Perancis, Italia, Jepang, dan berbagai negara lainnya.

Sebagaimana pengertian dari kata Revolusi yaitu perubahan atau perpindahan, berbagai macam revolusi di dunia telah menciptakan peradaban yang lebih baik.

Contoh soal:

1. Tahun berapakah dimulainya Revolusi Prancis?

Jawab: 1789

2. Berapa fase yang terjadi pada revolusi Inggris?

Jawab: dua fase

3. Kapan penemuan kereta api uap terjadi?

Jawab: saat revolusi Inggris berlangsung.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Pemikiran Barat, Revolusi Amerika, Prancis, dan Inggris. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  Perlawanan Daerah dan Pergerakan Nasional: Soshum SIMAK UI

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.