bimbel masuk ui karantina ui terbaik

Mengenal Jalur Masuk UI Melalui PPKB

Universitas Indonesia (UI) masih merupakan perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Universitas ini sering sekali menjadi idaman bagi para calon mahasiswa yang berasal dari seluruh wilayah NKRI.

Ada berbagai jalur masuk yang bisa ditembus oleh para calon mahasiswa, yaitu diantaranya adalah PPKB. Apa sih PPKB itu? PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) adalah jalur masuk yang disediakan oleh UI untuk anak bangsa yang berprestasi dan tidak mampu melanjutkan studinya.

Salah satu jalur masuk ini mengutamakan calon mahasiswa yang berasal dari tingkat ekonomi menengah kebawah. PPKB UI bisa dianalogikan sebagai jalur masuk prestasi dan mempermudah calon mahasiswa penerima undangan dari pihak UI.

Kuota yang disediakan oleh UI untuk jalur ini adalah 70% untuk vokasi D3 dan 30% untuk program kuliah S1. Setelah mendapatkan undangan, Kepala Sekolah dari institusi yang bersangkutan juga bertugas untuk mengisi data sekolah serta identitas siswa yang bersangkutan.

Cara yang harus kamu lakukan untuk bisa masuk ke UI dengan jalur PPKB adalah sebagai berikut :

1) Siswa memilih program studi yang diminati.

2) Siswa mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

3) Siswa mengunggah foto digital terbaru berukuran 400 x 600 pixel.

4) Melakukan upload dokumen berupa scan rapor yang telah dilegalisasi dari semester 1 hingga 5, scan surat pernyataan pemilihan prodi, dan scan bukti prestasi akademik jika tersedia.

5) Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 750.000,00 per siswa dengan menggunakan nomor pendaftaran PPKB.

6) Proses seleksi pada jalur masuk PPKB UI hanya akan diproses jika siswa yang bersangkutan sudah mengisi data pendaftaran secara lengkap dan membayar lunas biaya pendaftaran.

7) Proses seleksi PPKB dilakukan berdasarkan performance sekolah siswa tersebut serta kuota dari masing-masing program studi.

Baca juga :  3 Hal Penting Diperhatikan Dalam SIMAK UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.