bimbel masuk ui karantina ui terbaik
ilmu sosiologi dan pengetahuan sosial

Ilmu Sosiologi dan Penelitian Sosial: Soshum Simak UI

Ilmu Sosiologi dan Penelitian Sosial melibatkan pendapat dari beberapa ahli. Apa saja itu?

Pengertian Ilmu Sosiologi dan Penelitian Sosial

Berasal dari kata “sosial” yang memiliki arti “teman”, serta “logos” yang berarti “pengetahuan”. Sehingga, Sosiologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kemasyarakatan.

Objek utama dalam Sosiologi adalah masyarakat. Kajian pada masyarakat yang dimaksudkan adalah:

  • Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya;
  • Hubungan antara individu dan kelompok;
  • Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain;
  • Sifat-sifat dari kelompok-kelompok sosial yang bermacam-macam coraknya.

a. Soejono Soekamto, seorang sosiolog Indonesia mendefinisikan penelitian sosial sebagai penelitian yang bertujuan mempelajari satu atau beberapa gejala dengan jalan analisis dan pemeriksaan yang mendalam terhadap fakta masalah yang disoroti dan kemudian diusahakan pemecahannya.

b. Pauline v. Young mendefinisikan penelitian sebagai usaha ilmiah dengan metode logis dengan tujuan menemukan fakta dan menganalisis urutan, kaitan, penjelasan, dan hukum alam yang mengaturnya.

c. Hill Way mendefinisikan penelitian sebagai metode studi yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dan mendalam untuk menyingkap fakta agar dapat menyelesaikan suatu masalah yang diteliti.

d. Sutrisno Hadi mendefinisikan penelitian sebagai sebuah rangkaian usaha dalam memperoleh informasi, menggali lebih dalam, mengembangkan, memperluas dan menguji kebenaran dari sesuatu yang sudah ada, tetapi masih diragukan kesahihannya.

Ciri Penelitian Sosial

a. Memiliki Tujuan Penelitian

Dengan adanya tujuan penelitian, seorang peneliti dapat fokus saat melaksanakan kegiatan penelitian dan tercegah dari pemikiran bercabang saat menemukan fenomena baru.

b. Mencakup Kegiatan Terencana dan Sistematis

Penelitian harus disusun berdasarkan metode ilmiah yang terencana, sistematis, dan tepat sasaran. Hal ini penting dilakukan agar penelitian yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga :  Interaksi Sosial: Soshum Simak UI

c. Bersifat Ilmiah atau Empiris

Objek penelitian harus dapat diteliti dengan metode ilmiah tertentu dan harus benar-benar terjadi dan terdapat dan terjadi di masyarakat, sehingga penelitian tersebut bersifat ilmiah dan empiris. Proses penelitian juga wajib dilaksanakan dengan rasional dan objektif, sesuai dengan standar ilmu pengetahuan, sehingga hasil penelitian tersebut dapat diterima dengan akal sehat.

d. Menggunakan Analisis Logis

Seluruh data dalam sebuah penelitian wajib dianalisis berdasarkan teori yang sudah dipilih sebagai landasan penelitian tersebut. Dengan demikian, analisis yang dilakukan oleh peneliti bersifat logis.

e. Objek Penelitian Merupakan Gejala dan Fakta Sosial

Sebuah penelitian pasti memiliki tema spesifik sesuai dengan ilmu pengetahuan yang melandasinya. Penelitian sosial tentu saja akan meneliti mengenai fenomena sosial lengkap dengan gejala dan fakta sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

f. Proses Pencarian Data dilakukan Secara Objektif

Dalam melaksanakan penelitian sosial, setiap peneliti wajib memiliki sikap objektif dan bersikap netral dalam melakukan pencarian data. Hal ini penting dilakukan oleh setiap peneliti agar data yang dikumpulkan sesuai dengan fakta yang ada.

g. Proses Penelitian Dilakukan Secara Berkelanjutan

Sebagaimana pada umumnya sebuah penelitian, penelitian sosial juga membutuhkan proses yang dilakukan berdasarkan penyusunan rancangan penelitian atau proposal penelitian yang sudah dibuat sebelumnya. Hal ini penting untuk dilakukan oleh setiap peneliti, agar penelitian yang dilakukannya dapat berjalan secara berkelanjutan.

h. Disertai Instrumen Penelitian

Dalam penelitian sosial, ada beberapa instrumen penelitian yang dapat digunakan untuk membantu peneliti mengumpulkan data. Misalnya, kuesioner, handycamtape recorder, dan pedoman wawancara. Semua instrumen tersebut berperan penting dalam membantu peneliti memperoleh data yang sesuai dengan topik penelitian yang dilakukannya.

Baca juga :  Nasionalisme Asia Afrika, Peristiwa Mutakhir, Kerja Sama Internasional: Soshum SIMAK UI

i. Melakukan Kontrol

Sebuah penelitian sosial yang baik, khususnya dalam kegiatan penelitian eksperimen, akan melakukan kontrol dalam bentuk pembatasan variabel penelitian, agar variabel lain yang terkadang muncul tidak akan mempengaruhi hasil penelitian.

j. Menghasilkan Kesimpulan atau Generalisasi

Setelah sebuah penelitian dilakukan melalui serangkaian proses, penelitian tersebut harus menghasilkan kesimpulan atau generalisasi. Namun, hal ini tidak berlaku dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, setiap peneliti harus dapat menghindari generalisasi karena penelitian jenis ini dilakukan dalam lingkup yang lebih kecil dan kontekstual.

Tujuan

Yogyakarta, Indonesia, August 9 2019: Group of people Ceremony to celebrate Indonesia independence day in Bale Rante Village

a. Mendefinisikan Fenomena yang Ada di Masyarakat

Bertujuan untuk meneliti dan mendefinisikan fenomena sosial yang biasa terjadi dalam masyarakat. Fenomena ini biasanya muncul karena adanya perubahan bentuk sosial dalam suatu masyarakat baik karena perkembangan teknologi, adat istiadat, kebudayaan, dan lain sebagainya.

Fenomena sosial yang diteliti tidak hanya fenomena yang menuai kontroversi, melainkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat, sehingga membutuhkan pemecahan masalah. Contoh fenomena sosial yang ada di masyarakat adalah fenomena kepadatan penduduk, fenomena kenalakan remaja, fenomena mudik menjelang Lebaran, dan lain sebagainya.

b. Memperkirakan Fenomena Baru yang Dapat Terjadi

Penelitian sosial juga dilakukan agar kita dapat memperkirakan fenomena-fenomena baru yang dapat terjadi di masa depan. Apabila fenomena tersebut berpotensi membahayakan kesejahteraan masyarakat suatu negara, maka fenomena ini harus dapat dicegah sedini mungkin.

Auguste Comte merupakan sosok penting dalam ilmu Sosiologi dunia. Ia mendeskripsikan bahwa Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama. Sosiologi merupakan ilmu sosial yang mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, ataupun peradaban.

Nah, itu dia penjelasan mengenai ilmu sosiologi dan pengetahuan sosial. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Baca juga :  Total Passing Grade di Kampus Universitas Indonesia

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Simakui.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.