privat simak ui, bimbel simak ui terbaik, Les simak ui, Bimbel simak ui, Persiapan simak ui, les privat simak ui, bimbel kki ui, bimbel simak kki, bimbel simak kki ui, bimbel jaminan masuk ui, supercamp ui, karantina ui, bimbel alumni ui, bimbel ui
PTN

Pilihan PTN yang Menerima SMK Ternyata Ada Banyak Loh!

Banyak yang tahu bahwa jenjang pendidikan lanjut yaitu kuliah hanya ditujukan pada siswa siswi lulusan SMA. Ucapan yang menyebutkan bahwa setelah lulus SMK, seorang siswa langsung bisa terjun ke dunia kerja sudah menjadi kenyataan. Tetapi, tidak ada batasan secara khusus bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikannya. Ada baiknya untuk memahami pilihan PTN yang menerima SMK saat ini.

Kebanyakan lulusan SMK merasa tidak membutuhkan kuliah lagi, karena hanya membuang-buang waktu saja. Tapi, jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga tidak menjadi masalah. Bahkan ini akan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Persiapan yang matang melalui pelajaran-pelajaran sangat penting untuk bisa lolos di seleksinya.

Baca juga : Urutan PTN Terbaik di Indonesia 2022, Persiapkan Dirimu!

Jenjang Pendidikan Lanjut (PTN) untuk Anak SMK

PTN

Sumber gambar : Freepik – Campus

Peluang untuk lulusan SMK masuk ke kampus negeri mungkin akan lebih sempit dan kecil dibandingkan lulusan SMA. Ini tidak bisa dipungkiri, karena anak-anak SMA lebih unggul dalam pelajaran yang membantunya lebih siap menghadapi tes seleksi ujian masuknya. Sementara untuk anak SMK lebih banyak berkutat dengan praktik-praktik mata kuliah secara lebih produktif.

Jangan pesimis terlebih dahulu! Ternyata ada banyak PTN yang menerima lulusan SMK menjadi mahasiswanya. Bahkan ada jalur yang bisa diikuti tanpa ujian oleh masing-masing kampus. Untuk ukuran atau jumlah penerimaan, sampai saat ini belum ada angka pastinya. Karena itu, miliki kapasitas yang lebih besar agar bisa lolos ke kampus dan jurusan tujuan.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri untuk Tamatan SMK

PTN

Sumber gambar : Freepik – Campus

Jumlah kampus negeri yang Pemerintah Indonesia siapkan terbilang sangat banyak. Hampir di setiap wilayah terdapat kampus negeri yang bisa dijadikan tempat belajar dan menimba ilmu. Sebagian besar kampus juga akan membuka peluang yang sama untuk lulusan SMK. Mungkin selama ini hanya rasa tidak percaya diri yang akhirnya membuat lulusan SMK jadi terlihat lebih sedikit masuk kampus negeri.

Baca juga :  Biaya SIMAK UI dan Ilustrasi Pemilihan Daftar Program Studi

Beberapa kampus yang menyediakan kapasitas untuk para tamatan SMK yaitu, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, ISI Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijay, dan UPN Veteran Jatim. Terlihat jelas bahwa Universitas Negeri populer dan favorit sekalipun siap menerima calon mahasiswa lulusan SMK.

Karena tetap ada banyak sekali kampus yang membuka pendaftaran bagi anak SMK, setiap calon mahasiswa harus mengetahui secara tepat pilihan jurusannya. Sudah terdoktrin bahwa SMK adalah sekolah kejuruan yang tidak mempelajari ilmu-ilmu luas seperti SMA. Oleh karena itu, agar lebih mantap berkuliah, sebaiknya memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan di SMK.

Lihat juga Bimbel Masuk FKUI

Jurusan Kuliah PTN Anak SMK

PTN

Sumber gambar : Freepik – University

Bijak dalam memilih jurusan tidak hanya berlaku bagi anak SMK, tetapi semua calon mahasiswa. Ini disebabkan oleh persaingan ketat di antara para lulusan baru. Kuotanya yang terbatas dengan daya saing di setiap jurusan pilihan menjadi alasan utama kesulitan mencapai PTN impian. Karena itu, lulusan SMK bisa mencoba memilih beberapa jurusan di bawah ini.

1.      Teknologi Informasi

Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan SMK terdaftar di Indonesia memiliki kejuruan untuk teknik, khususnya teknik komputer. Selain itu, saat ini juga jurusan satu ini tengah banyak dicari-cari oleh perusahaan besar maupun yang baru memulai. Karena dunianya yang sangat luas, ada banyak PTN membuka peluang daya tampung lebih banyak pula untuk anak SMK.

Bagi siapapun yang sebelumnya SMK jurusan rekayasa perangkat lunak atau teknik komputer jaringan, ini bisa menjadi peluang besar untuk masuk. Apalagi diketahui bahwa pelajarannya sudah lumayan dibahas saat sekolah.

Baca juga :  Mengenal Cara Masuk Perguruan Tinggi Melalui SBMPTN

2.      Akuntansi

Meski tampaknya tidak ada banyak sekolah kejuruan secara khusus untuk akuntansi, tetapi lulusan SMK bisa memilih jurusan satu ini di PTN yang terdaftar. Sama seperti TI, jurusan akuntansi banyak dicari oleh perusahaan dan perpajakan negara. Ada peluang kerja yang juga tinggi dan cocok untuk penyuka hitung-hitungan dan pengelolaan keuangan.

3.      Tata Busana

Pasti pernah mendengar sekolah kejuruan tata busana? Yap! Lulusan SMK sudah ada yang terjun langsung mempelajari pembuatan busana. Tetapi masih merasa kurang untuk lebih terjun dalam industri pengelolaan busana. Pilihlah jurusan tata busana yang menerima para lulusan SMK untuk melanjutkan kuliah lebih jauh lagi kedepannya.

4.      Tata Boga

Hampir sama dengan tata busana, sekolah kejuruan tata boga juga banyak diminati dan ingin melanjutkan pendidikan khusus jurusan ini. Meski sering diremehkan, jurusan yang mengharuskan kemampuan memasak ini terbilang cukup banyak terbuka untuk PTN. Tenang saja, disini juga akan diajarkan bagaimana perkembangan bisnis dan pengelolaan khusus makanan yang akan dipasarkan.

5.      Desain Komunikasi Visual

Mencintai dunia animasi bisa memilih jurusan DKV yang disediakan pada kampus negeri. Jika sudah memiliki pemahaman lebih mengenai desain visual sejak dini, maka materi perkuliahan akan lebih mudah lagi diterima dan diterapkan secara langsung.

Baca juga : Bingung Kuliah Dimana? Ini Perbedaan PTN dan PTS di Indonesia!

Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk Lulusan SMK

Melihat bahwa peluangnya semakin besar dengan jurusan-jurusan terbaik yang ada di banyak PTN, maka semakin penasaran untuk bisa masuknya bukan? Untuk itu, informasi di bawah ini bisa diterapkan saat ingin masuk kampus negeri pilihan Anda.

1.      Memilih Jurusan PTN yang Sesuai

Hal paling pertama tentu masih berkaitan dengan jurusan yang bisa dipilih untuk lulusan SMK. Jurusan yang sesuai akan memiliki peluang lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Baca juga :  Pengertian dan Biaya S2 Psikologi UI (Universitas Indonesia)

2.      Mengikuti Seleksi Via Jalur SBMPTN/Mandiri

Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi undangan saja, tetapi ikuti juga jalur SBMPTN atau Mandiri dari kampus negeri pilihan. Karena umumnya untuk undangan akan relative lebih mudah bagi lulusan SMA, karena sudah mendapatkan materi yang berhubungan sebelumnya. Persiapkan diri secara lebih matang melalui jalur ini, sebisa mungkin siapkan lebih awal jika benar-benar ingin masuk.

3.      Cek Kuota Penerimaan Khusus SMK di PTN dan Persebaran Alumni

Kuota penerimaan dari setiap kampus negeri berbeda-beda bahkan di setiap tahunnya. Bahkan ada PTN yang sama sekali tidak menerima lulusan SMK. Agar ini tidak menjadi kesalahan yang sangat fatal, cari tahu terlebih dahulu tujuan kampusnya. Bisa juga melihatnya melalui persebaran alumni dari sekolah Anda di kampus tersebut.

4.      Menjadi Siswa Siswi Berprestasi

Lihat juga Bimbel Kedokteran

Ada jalur khusus yang diberikan secara Cuma-Cuma bagi para siswa siswi berprestasi dalam akademis maupun non-akademis. Bisa menjadi nilai tambah yang sangat menguntungkan dan dipertimbangkan saat memilih PTN di jalur undangan. Mulai hari ini, rajin belajar dan menguasai materi-materi adalah kunci terbaik bagi para lulusan SMK.

Prestasi dan pemahaman materi terkait tes masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah dua kunci terbaik yang bisa dipegang. Agar semakin mantap dengan persiapan, SIMAK UI adalah teman terbaik untuk membimbing seluruh siswa SMK. Tidak lagi ada kebingungan saat memilih PTN yang menerima SMK, karena telah terjawab di www.simakui.id atau bertanya langsung mengenai programnya di 087781609961.

Referensi :

mamikos.com/info/universitas-negeri-yang-menerima-lulusan-smk

seriusan.com/perguruan-tinggi-yang-menerima-lulusan-smk-2022

banner simak ui

1 thought on “Pilihan PTN yang Menerima SMK Ternyata Ada Banyak Loh!”

  1. Pingback: Cermat Menjawab Soal Bahasa Inggris (SIMAK UI) yang Sering Muncul!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SNBT kepada tim kami.