bimbel masuk ui karantina ui terbaik
UI sepi peminat

Sejarah Berdirinya Universitas Indonesia

Ingin masuk Universitas Indonesia, Yuk cari tau dulu sejarah berdirinya kampus yang memiliki almamater kuning tersebut.

dekat Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus tertua yang ada di indonesia, kampus ini adalah kampus peninggalan masa penjajahan kolonial Belanda yang di warisi untuk cikal Institusi Pendidikan di Indonesia.

Nah karena menjadi cikal bakal Institusi pendidikan di Indonesia, Universitas Indonesia memang memiliki sejarah panjang, bahkan sebelumnya Universitas Indonesia adalah sekolah kedokteran yang ada di Jawa.

Dengan berdirinya kedokteran kedokteran inilah yang nantinya akan menjadi Perguruan tinggi pertama yang akan memunculkan sekolah tinggi lainnya.

Nah untuk itu mari kita simak sejarah berdirinya Universitas Indonesia.

Zaman Pendudukan Belanda (1849-1946)

 

Sejarah Universitas Indonesia
Wikipedia

Cikal bakal Universitas Indonesia dimulai sejak tahun 1849, yang menjadikan Universitas Indonesia sebagai Institusi Pendidikan paling tua di Asia dan cukup berperan penting untuk peradaban secara nasional dan dunia.

Nama Universitas Indonesia dulunya adalah Dokter-Djawa School dan berubah menjadi School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA.

Setelah sempat mengalami perubahan nama di akhir abad 19, tepatnya di tahun 1898, nama Dokter-Djawa School berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA.

Baca juga : 5 Persiapan penting Sebelum UTBK-SBMPTN 2022

awalnya status STOVIA tidak lebih dari sekolah menengah untuk mendidik menjadi medisch vaccinateur (juru cacar) dengan masa pendidikan hanya dua tahun.

STOVIA perlahan berubah menjadi setara dengan Perguruan Tinggi pada tahun 1902, setiap lulusannya akan memperoleh gelar Inlandsche Arts (Dokter Bumiputera).

dikenal juga sebagai STOVIA. Selama 75 tahun STOVIA bekerja sebagai tempat pendidikan terbaik untuk calon dokter di Indonesia, sebelum ditutup pada 1927.

Baca juga :  Informasi Penting SIMAK UI: Cara Daftar Sampai Cara Cek Hasil Simak UI

Namun demikian, sebuah Sekolah Kedokteran kemudian dibangun bersama dengan empat sekolah tinggi lain di beberapa kota di Jawa.

Baca juga : Kisi-kisi UTBK-SBMPTN 2022 Saintek

Sekolah tinggi tersebut adalah Technische Hoogeschool te Bandoeng (Fakultas Teknik) yang berdiri di Bandung pada 1920, Recht Hoogeschool (Fakultas Hukum) di Batavia pada 1924, Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte (Fakultas Sastra dan Kemanusiaan) di Batavia pada 1940, dan setahun kemudian dibangunlah Faculteit van Landbouwweteschap (Fakultas Pertanian) di Bogor.

Lima sekolah tinggi tersebut merupakan pilar dalam menciptakan the Nood-universiteit (Universitas Darurat), yang dibangun pada tahun 1946.

Zaman Modern (1970an-sekarang)

Sementara itu, UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertama kali Ir. RM Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universiteit Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, tepatnya di jalan Salemba.

Para pendiri bangsa menilai pendidikan tinggi bisa menjadi salah satu perekat bangsa, antara tahun 1950-an sampai tahun 1980-an pemerintah Indonesia menggenjot pendirian universitas-universitas di hampir semua provinsi di Indonesia.

Di beberapa kota besar yang merupakan simpul ke-Indonesiaan, diusahakan pula berdiri satu perguruan tinggi negeri.

Pada tahun 1954-1963 Fakultas Universitas Indonesia berdasarkan di tempat yang terpisah.

Sebelum kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok dibangun pada 1987, sebelumnya ada tiga lokasi kampus di Jakarta, yakni Salemba, Pengangsaan Timur, dan Rawamangun.

Sementara itu, kampus di Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Program Pascasarjana hingga saat ini.

Nah, itu dia   Sejarah Berdirinya Universitas Indonesia Jika ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah ya.

Hubungi kami di 082126002509  atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin sd jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. https://simakui.id/  melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  5 Fasilitas Terbaik di Kampus Universitas Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim SIMAK UI.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les Privat SIMAK UI/SBMPTN kepada tim kami.